Home » Informasi » Macam-Macam Alat Ukur Tanah Beserta Fungsinya

Macam-Macam Alat Ukur Tanah Beserta Fungsinya

macam+macam+alat+ukur+tanah
Macam-Macam Alat Ukur Tanah

Macam-Macam Alat Ukur Tanah – Dalam ilmu ukur tanah dipelajari bagaimana cara pengukuran untuk menentukan posisi relatif atau absolut pada permukaan tanah. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, diperlukan alat ukur tanah. Pada artikel ini akan diberikan informasi mengenai apa saja macam-macam alat ukur tanah dan fungsinya.

Alat ukur tanah adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur jarak, sudut, dan menilai karakteristik tanah. Pengukuran tanah merupakan aktivitas membandingkan suatu besaran dengan besaran standar. Untuk melakukan pengukuran tanah, kita dapat menggunakan berbagai jenis alat ukur tanah yang sesuai dengan kebutuhan.

Berdasarkan tehnologi yang digunakan, alat pengukur tanah dikelompokkan menjadi 3 macam, yakni alat ukur sederhana, alat ukur optik, dan alat ukur elektronik. Berikut penjelasannya.

Macam-Macam Alat Ukur Tanah Beserta Fungsinya

Berikut merupakan macam-macam nama alat ukur tanah yang sering digunakan, lengkap beserta gambar dan fungsinya masing-masing.

1. Alat Ukur Tanah Sederhana

Alat ukur sederhana dapat diartikan sebagai alat yang memiliki desain tidak begitu rumit dan mudah digunakan. Berikut merupakan beberapa contoh alat ukur tanah sederhana.

Meteran

alat+ukur+tanah+meteran
Meteran

Meteran atau pita ukur merupakan alat ukur panjang yang digunakan untuk mengukur panjang atau jarak permukaan tanah. Alat ini juga sering disebut dengan rol meter karena memiliki rol yang berfungsi untuk menggulung pita ukur setelah digunakan.

Kompas

alat+ukur+tanah+kompas
Kompas

Kompas adalah sebuah alat ukur yang digunakan untuk menentukan arah mata angin dengan komponen utama berupa jarum dan lingkaran berskala. Dengan menggunakan kompas, pengukuran tanah dapat dilakukan sesuai arah yang diinginkan. Cara menggunakan kompas sangat mudah, yaitu dengan meletakaknnya pada bidang datar, maka jarum kompas akan bergerak dan menunjukkan arah utara dan selatan dengan tepat.

Baca Lainnya :   Peringatan Hari Bumi Sedunia 22 April

Klinometer

alat+ukur+tanah+klinometer
Klinometer

Klinometer adalah alat ukur tanah yang berfungsi menentukan besar sudut elevasi dalam mengukur tinggi suatu obyek. Dengan menggunakan klinometer, kita dapat mengetahui tinggi atau pun panjang benda. Caranya yaitu dengan mengukur sudut elevasi antara suatu garis datar dan garis yang terhubung pada titik garis tersebut dengan titik puncak sebuah objek.

2. Alat Ukur Tanah Optik

Alat ukur tanah optik memiliki ketelitian lebih akurat dibandingkan dengan alat ukur tanah sederhana. Karena alat telah dilengkapi dengan perlengkapan optik sebagai media ukurnya. Berikut merupakan beberapa contoh alat pengukur tanah optik.

Teodolit

alat+ukur+tanah+theodolit
Theodolit

Teodolit adalah alat yang digunakan untuk mengetahui ketinggian tanah berdasarkan sudut tegak dan sudut datar. Secara umum alat ini digunakan untuk menentukan sudut siku-siku, ketinggian, pemetaan situasi, dan pengamatan matahari. Dalam penggunaannya, alat ini harus dibantu dengan statif atau alat berkaki tiga. Ada 3 jenis teodolit yang sering digunakan, yaitu teodolit reterasi, teodolit repetisi, dan teodolit elektro optis.

Waterpass

alat+ukur+tanah+waterpas
Waterpas

Waterpas adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur beda tinggi antara dua titik atau lebih. Dalam penggunaanya, sebaiknya menggunakan tripod yang telah berada pada posisi yang telah ditentukan. Tripod harus kuat dan stabil agar dudukan waterpas dalam keadaan selalu datar.

3. Alat Ukur Tanah Digital (Elektronik)

Alat ukur digital merupakan alat ukur tanah yang dilengkapi dengan sistem elektronik. Berikut merupakan beberapa contoh alat pengukur tanah elektronik.

Baca Lainnya :   Hotel Penginapan Dekat Wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap

Total Station

alat+ukur+tanah+total+station
Total Station

Total station merupakan pengembangan dari teodolit dengan sistem elektornik. Alat ini menggunakan gelombang elektromagnetik sinar infra merah sebagai gelombang pembawa sinyal pengukuran dan dibantu dengan sebuah reflektor berupa prisma sebagai target.

Alat ukur tanah elektronik ini dapat digunakan untuk mengukur jarak, arah, titik koordinat, dan perbedaan ketinggian. Dalam penggunaannya, total station juga memerlukan tripod sebagai penyangganya.

GPS (Global Positioning System)

alat+ukur+tanah+gps
GPS

GPS merupakan sistem navigasi berbasis satelit yang berfungsi untuk memberikan informasi posisi titik koordiant penggunanya yang berada di permukaan bumi. GPS dapat digunakan sebagai alat survei pemetaan maupun penelitian geofisika.

Demikianlah informasi mengenai macam-macam alat ukur tanah beserta gambar dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top