Home » Cara Merawat Mesin Gerinda Tangan Yang Benar

Cara Merawat Mesin Gerinda Tangan Yang Benar

cara+merawat+mesin+gerinda
Cara Merawat Mesin Gerinda

Cara Merawat Mesin Gerinda Tangan Yang Benar – Mesin gerinda tangan merupakan perkakas yang sering digunakan dalam berbagai jenis pekerjaan. Oleh sebab itu, perawatan mesin gerinda harus benar-benar diperhatikan. Pada artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana cara merawat mesin gerinda tangan yang benar agar mesin awet dan tetap optimal pada saat digunakan.

Tujuan dari perawatan mesin gerinda itu sendiri yaitu untuk menghindari kerusakan-kerusakan yang terjadi pada mesin, serta menghindari dari kecelakaan pada saat menggeirnda. Sehingga, pemeliharaan serta perbaikan mesin gerinda menjadi hal penting yang harus dilakukan.

Selain itu, pengoperasian mesin gerinda juga harus mengikuti prosedur yang benar sesuai petunjuknya. Karena hal ini juga merupakan salah satu langkah dalam melakukan perawatan pada mesin gerinda. Nah, berikut merupakan beberapa tips yang perlu dilakukan dalam melakukan perawatan pada mesin gerinda tangan yang benar.

Cara Merawat Mesin Gerinda Tangan Yang Benar

1. Melakukan Pelumasan Secara Berkala

Pelumasan pada mesin gerinda tangan merupakan hal penting yang harus dilakukan agar komponen-komponen yang ada di dalamnya awet dan tidak cepat rusak. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberi grace atau stempet pada gigi-gigi penghubung secara teratur.

Penggunaan mesin gerinda dalam jangka panjang, maka ketersediaan stempet akan semakin berkurang dan habis. Hal ini tentu saja dapat mengakibatkan mesin gerinda menjadi cepat panas. Oleh sebab itu, periksalah ketersediaan stempet secara berkala dan berikan stempet secukupnya ketika habis.

Baca Lainnya :   Jenis-Jenis Baut Dan Fungsinya

2. Mengganti Carbon Brush Tepat Waktu

Carbon brush adalah bagian mesin gerinda tangan yang berfungsi sebagai penghantar yang selalu bergesekan dengan rotor. Gesekan dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan carbon brush menipis dan habis. Jika carbon brush habis, maka mesin gerinda tidak dapat dihidupkan. Nah, untuk menghindari hal seperti itu, maka lakukan pengecekan carbon brush setiap saat dan lakukan penggantian carbon brush sebelum habis.

3. Membersihkan Mesin Setelah Menggunakan

Percikan sisa penggerindaan terkadang dapat masuk ke dalam mesin. Hal ini dapat menyebabkan mesin gerinda seret dan tidak bisa digunakan. Sisa penggerindaan tersebut biasanya melekat pada bagian bearing dan ruang gerak armature. Oleh sebab itu, bersihkanlah mesin gerinda setelah menggunakannya, terutama pada celah-celah udara yang terdapat pada body mesin

4. Simpan Di Tempat Yang Aman

Setelah selesai menggunakan mesin gerinda dan membersihkannya, simpanlah mesin pada tempat yang aman. Lepaskan mata gerinda terlebih dahulu dan gulunglah kabel power dengan benar dan rapih. Janganlah menyimpan mesin gerinda pada tempat yang tinggi atau mudah jatuh. Sebaiknya simpanlah pada tempat yang tertutup untuk menghidari gigitan tikus dan jangkauan anak-anak.

Demikianlah beberapa tips mengenai cara merawat mesin gerinda tangan yang benar agar awet dan optimal. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top