Home » Tehnik » Cara Service Mesin Bor Listrik

Cara Service Mesin Bor Listrik

service+mesin+bor+listrik
Service Mesin Bor Listrik

Cara Service Mesin Bor Listrik – Dalam penggunaan mesin bor listrik, terkadang muncul berbagai kerusakan yang tiba-tiba terjadi. Misalnya mesin tiba-tiba mati atau mesin menjadi cepat panas. Permasalan seperti itu tentu saja harus segera diperbaiki agar mesin bor dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Melakukan service pada mesin bor listrik dapat dikatakan tidak gampang dan juga tidak susah. Karena perlu kecermatan dalam menemukan titik permasalahannya. Selain itu, kita juga harus dapat menentukan komponen mana yang mengalami kerusakan dan spart part mana yang perlu diganti.

Salah satu peralatan listrik yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan ketika melakukan service mesin bor listrik adalah multitester. Alat ini mampu melakukan pengecekan komponen mesin bor mana yang rusak. Nah, berikut merupakan panduan cara melakukan service pada mesin bor listrik dari berbagai jenis kerusakan.

Cara Service Mesin Bor Listrik

1. Mesin Bor Tiba-Tiba Mati

Permasalahan ini sering terjadi pada saat melakukan pengeboran. Dimana mesin bor tiba-tiba mati pada saat digunakan. Permasalahan seperti ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu kabel power putus, saklar bor rusak, dan carbon brush habis.

Jika mesin bor tiba-tiba mati, maka periksalah bagian-bagian tersebut menggunakan multitester. Periksalah dengan cermat bagian mana yang mengalami kerusakan dan harus dilalukan perbaikan.

Jika kabel power putus, potong bagian yang putus dan sambung kembali. Jika saklar bor rusak, gantilah dengan saklar yang baru. Sedangkan jika carbon brush yang habis, segeralah pasang carbon brush baru dengan ukuran yang sesuai dengan carbon brush yang lama.

Baca Lainnya:   Jenis-Jenis Mesin Gerinda Datar Dan Pengoperasiannya

2. Mesin Kadang Hidup Kadang Mati

Permasalah berikutnya yang sering terjadi pada mesin bor listrik adalah mesin kadang hidup kadang mati. Jika mengalami permasalahan seperti ini, periksalah bagian kabel power dan saklar.

Kabel power yang hampir putus dapat mengakibatkan mesin terkadang hidup dan terkadang mati sendiri. Nah, jika menemukan permasalahan seperti ini, sebaiknya ganti kabel power dengan yang baru.

Saklar yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat mengakibatkan aliran listrik kadang tersambung dan kadang terputus. Jika kondisi saklar yang sudah tidak normal, maka sebaiknya gantilah dengan yang baru.

3. Suara Mesin Brisik

Suara mesin bor listrik yang brisik dapat disebabkan oleh kondisi bearing yang sudah rusak atau gerigi helical gear ada yang rontok. Untuk melakukan service pada mesin bor listrik yang keluar suara brisik, periksalah kedua komponen tersebut. Jika ada yang harus diganti, maka segeralah ganti dengan yang baru.

4. Mesin Bor Cepat Panas

Mesin bor listrik yang cepat panas dapat disebabkan oleh bearing yang seret/rusak. Kondisi bearing yang seret dapat menyebabkan putaran mesin lemah dan mesin menjadi panas. Untuk itu, jika mengalami permasalahan seperti ini, periksalah kondisi bearing mesin bor. Jika ada yang seret, gantilah dengan bearing yang baru.

Demikianlah pembahasan mengenai cara service mesin bor listrik dari berbagai jenis keruskaannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.