Home » Tehnik » Fungsi Carbon Brush Pada Power Tools

Fungsi Carbon Brush Pada Power Tools

fungsi+carbon+brush
Fungsi Carbon Brush

Fungsi Carbon Brush Pada Power Tools – Carbon brush merupakan salah satu komponen penting yang terdapat pada power tools elektrik, seperti mesin gerinda, mesin bor (drill), serut kayu, dan lain-lain. Umumnya, pada setiap jenis power tools tersebut terdapat 2 buah carbon brush.

Fungsi carbon brush adalah untuk meneruskan arus listrik dari bagian motor statis (stator) menuju ke armature (komponen motor listrik yang berputar) melalui komutator, yang pada akhirnya arus listrik tersebut akan diteruskan kembali menuju ground.

Bahan Carbon Brush

Carbon brush terbuat dari bahan campuran tembaga lunak dengan carbon, terdiri dari bubuk carbon dengan komposisi campuran tertentu yang dipadatkan menggunakan tekanan tinggi, kemudian diproses dengan suhu tinggi sekitar 1200°C.

Dalam penggunaannya, carbon brush mampu menyalurkan energi listrik tanpa menyebabkan kerusakan pada penghantar itu sendiri. Hal ini dikarenakan sifat bahan carbon yang tidak mudah mencair terhadap percikan api yang terjadi akibat dari rotasi permukaan listrik yang bersentuhan.

Seperti yang kita tahu bahwa ketika arus listrik mengalir, biasanya akan muncul percikan api diantara kedua permukaan yang bergesek. Percikan api tersebut lambat laun dapat mengakibakan kedua permukaan rusak.

Penyebab Carbon Brush Cepat Habis

Dalam beberapa kasus, terdapat permasalahan yang menjadikan carbon brush menjadi cepat habis. Ada beberapa penyebab kenapa carbon brush cepat habis, diantaranya yaitu:

  • Kualitas bahan carbon brush yang kurang baik, sehingga mengakibatkan cepat panas dan mudah terbakar akibat pergesekan
  • Pemakaian mesin yang terlalu lama dan cara pakai yang salah
  • Menggunakan bearing yang sudah rusak, sehingga putaran armature tidak stabil dan mengakibatkan carbon brush habis tidak merata
Baca Lainnya :   Bagian-Bagian Mesin Genset Dan Fungsinya

Ciri- ciri carbon brush yang telah habis dapat diketahui dari tanda-tanda seperti putaran motor melemah atau malah sama sekali tidak dapat dinyalakan. Jika mengecek secara langsung, maka bentuk carbon brush terlihat menipis.

Kapan Carbon Brush Perlu Diganti?

Pemasangan carbon brush terhadap komutator haruslah selalu rapat. Oleh sebab itu, setiap carbon brush umumnya dilengkapi oleh pegas/per yang berfungsi untuk manahan carbon brush agar selalu menempel pada komutator.

Ketika kondisi carbon brush menipis (aus), maka secara otomatis tekanan pegas menjadi lemah, sehingga akan menyebabkan persinggungan yang kurang baik pada komutator. Akibatnya, timbul tahanan listrik yang terlalu tinggi pada titik persinggungan dan mengurangi arus ke motor, sehingga dapat menurunkan momen puntir yang dibangkitkan. Dengan kata lain, motor menjadi kurang bertenaga.

Seperti pada penggunaan power tools dalam waktu yang cukup lama, maka dapat mengakibatkan carbon brush habis karena pergesekan yang terjadi secara terus menerus. Hal itu dikarenakan carbon brush memiliki kontak langsung dengan armatur, maka gesekan yang terus menerus akan membuat carbon brush menjadi tipis dan habis.

Nah, jika carbon brush mulai menipis sekitar 60%, maka sebaiknya segeralah ganti dengan yang baru. Jangan sampai menunggu sampai habis total, karena dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan komutator akibar gesekan dengan pegas carbon brush.

Dalam penggantian carbon brush disarankan agar satu merk dengan merk power tools agar performa mesin tetap optimal. Hal ini didasar oleh jenis carbon brus yang terlalu keras atau terlalu lunak dapat mengakibatkan performa mesin kurang maksimal.

Baca Lainnya :   Cara Memperbaiki Suara Pompa Air Kasar

Demikianlah informasi mengenai fungsi carbon brush, bahan carbon brush, dan kapan carbon brush pada power tools harus diganti. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top