Home » Tehnik » Jenis-Jenis Mata Bor Beserta Gambar Dan Fungsinya

Jenis-Jenis Mata Bor Beserta Gambar Dan Fungsinya

jenis+jenis+mata+bor
Jenis-Jenis Mata Bor

Jenis-Jenis Mata Bor Beserta Gambar Dan Fungsinya – Mata bor merupakan perlengkapan pada mesin bor yang berfungsi untuk membuat lubang pada berbagai jenis media, seperti kayu, besi, tembok, plastik, dan lain-lain. Terdapat berbagai jenis dan ukuran mata bor dengan fungsi yang berbeda-beda. Berikut akan diberikan informasi mengenai jenis-jenis mata bor, lengkap beserta gambar dan fungsinya masing-masing.

Jenis-Jenis Mata Bor Beserta Gambar Dan Fungsinya

1. Twist Bits

twist+bits
Twist Bits

Mata bor twist bits adalah mata bor yang dapat digunakan pada mesin bor tangan dan mesin bor duduk, baik digunakan pada posisi vertikal maupun horizontal. Mata bor jenis ini merupakan yang paling banyak digunakan. Ukuran yang tersedia yaitu antara 4 sampai 12 mm. Jenis material yang dapat dilubangi menggunakan twist bits antara lain kayu, plastik, dan logam.

2. Masonry Bits

masonry+bits
Masonry Bits

Mata bor masonry bits merupakan jenis mata bor yang digunakan untuk membuat lubang pada bahan-bahan seperti tembok, beton dan batu. Pada ujung mata bor ini terdapat sebuah mata pisau yang terbuat dari bahan yang memiliki karakteristik sangat keras. Selain berputar, fungsi mata bor masonry bits juga sebagai pemukul. Ukuran yang tersedia pada mata bor masonry bits ini yaitu antara 4 – 15 mm.

3. Spur Bits

spur+bits
Spur Bits

Mata bor spur bits atau mata bor kayu merupakan jenis mata bor yang memiliki bagian ujung runcing dan pada bagian kelilingnya terdapat pisau pengiris material. Bagian ujung runcing berfungsi untuk menjaga mata bor agar tepat lurus sehingga lubang yang dihasilkan presisi. Ukuran yang tersedia pada mata bor spur bits yaitu antara 6 – 15 mm.

4. Countersink Bits

countersink+bits
Countersink Bits

Mata bor countersink bits merupakan jenis mata bor yang digunakan untuk membuat lubang pada kayu sebagai tempat kepala sekrup atau baut agar permukaannya sama rata dengan medianya. Bagian ujung mata bor jenis ini memiliki sudut 90 derajat yang berfungsi sebagai pengatur posisi mata bor pada saat membuat lubang 45 derajat terhadap permukaan kayu.

Baca Lainnya:   Bagian-Bagian Mesin Milling Dan Fungsinya

5. Forster Bit

forster+bit
Forster Bit

Mata bor forster bit merupakan jenis mata bor yang digunakan untuk membuat lubang engsel sendok. Penggunaan jenis mata bor ini sangat disarankan menggunakan mesin bor duduk agar hasil yang diperoleh lebih stabil. Jika digunakan pada mesin bor tangan, maka akan kesulitan dalam mengendalikan kestabilan posisi mata bor, sehingga lubang yang dihasilkan kurang maksimal.

6. Hole Saw Bits

hole+saw+bits
Hole Saw Bits

Mata bor hole saw bits sering disebut juga dengan mata bor gergaji, karena memiliki bentuk seperti gergaji dengan berbagai macam ukuran diameter yang dapat disesuaikan menurut kebutuhannya. Ukuran diameter pada mata bor hole saw bits ini yaitu antara 25 – 60 mm.

7. Metal Standar

metal+standar
Metal Standar

Mata bor metal standar merupakan jenis mata bor yang digunakan untuk mengebor material seperti plat besi, kuningan, alumunium, dan akrilik. Berdasarkan kekuatannya, mata bor jenis ini memiliki dibedakan menjadi dua jenis, yaitu High Speed Steel (HSS) dan HSS-Co (Cobalt), dimana HSS-Co lebih keras dari HSS. Sehingga harganya pun lebih mahal dan penggunaannya pun lebih awet.

8. Auger Bit

auger+bit
Auger Bit

Mata bor auger bit merupakan mata bor yang berfungsi untuk mengebor material lunak, seperti aneka jenis kayu dan lainnya. Mata bor ini memiliki bentuk ulir tunggal atau single flute yang digunakan pada mesin bor dengan putaran rendah. Diameter jenis mata bor ini lebih besar dibandingkan dengan mata bor kayu standar.

9. Flat Bit

flat+bit
Flat Bit

Mata bor flat bit ini memiliki fungsi yang sama dengan mata bor auger bit, yaitu untuk membuat lubang pada aneka jenis kayu dan material lunak. Perbedaanya yaitu mata bor flat bit ini memiliki bentuk pipih rata (flat). Penggunaan mata bor flat bit biasa dioperasikan dengan bor tangan manual yang memiliki putaran mesin sangat rendah, dan tidak disarankan untuk dioperasikan dengan mesin bor listrik.

10. Hinge Borring Bit

hinge+borring+bit
Hinge Borring Bit

Mata bor hinge borring bit merupakan jenis mata bor yang digunakan untuk membuat lubang pada material yang lunak seperti kayu dan lainnya. Pada umumnya, mata bor ini digunakan untuk membuat lubang dengan diameter yang cukup besar, dimana sudah tidak ada lagi ukuran diameter yang dimiliki oleh mata bor kayu standar.

Baca Lainnya:   Mesin Gerinda Tangan: Fungsi, Bagian, Dan Penggunaan

11. Chisel Bit

chisel+bit
Chisel Bit

Mata bor chisel bit adalah mata bor yang digunakan untuk membuat lubang berbentuk kotak pada material kayu. Mata bor jenis ini dioperasikan dengan menggunakan mesin hollow chisel mortiser.

12. Mortiser Bit

mortiser+bit
Mortiser Bit

Mata bor mortiser bit adalah jenis mata bor yang digunakan untuk membuat lubang geser pada bahan kayu. Jenis mata bor ini dioperasikan dengan menggunakan mesin mortising. Mata bor chisel bit ini sering disebut dengan mata bor bobok.

13. Router Bit

router+bit
Router Bit

Mata bor router bit merupakan mata bor yang digunakan untuk membuat berbagai macam bentuk profile pada kayu. Mata bor ini memiliki bermacam-macam variasi bentuk dan ukuran sesuai kebutuhan. Mata bor router bit ini dioperasikan dengan menggunakan mesin router atau trimmer atau mesin profil.

14. Mata Bor Kaca

mata+bor+kaca
Mata Bor Kaca

Mata bor kaca merupakan mata bor yang berfungsi khusus untuk melubangi material kaca. Bentuk dari mata bor kaca ini mirip seperti sebuah tombak, oleh sebab itu mata bor ini sering disebut dengan nama mata bor tombak.

15. Hole Saw Metal

hole+saw+metal
Hole Saw Metal

Mata bor hole saw metal merupakan jenis mata bor yang digunakan untuk membuat lubang pada metal (logam) dengan diameter tertentu. Penggunaan hole saw metal ini biasanya untuk membuat diameter lubang yang cukup besar.

16. Core Drill Bit

core+drill+bit
Core Drill Bit

Mata bor core drill bit hampi mirip dengan mata bor hole saw metal, namun jenis mata bor ini digunakan untuk membuat lubang pada material beton, dinding, marmer, granit dan berbagai jenis batuan lainnya dengan diameter tertentu. Penggunaan mata bor ini biasanya digunakan untuk membuat lubang dengan diameter yang cukup besar pada pertambangan.

Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis mata bor lengkap beserta gambar dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.