Home » Matematika » Pecahan Sederhana: Gambar Dan Contohnya

Pecahan Sederhana: Gambar Dan Contohnya

gambar+pecahan+sederhana
Gambar Pecahan Sederhana

Pecahan Sederhana: Gambar Dan Contohnya – Materi matematika tak hanya membahas bilangan bulat, tetapi juga pembahasan bilangan pecahan. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai materi matematika kelas 3 SD tentang pecahan sederhana, lengkap beserta gambar dan contoh soalnya.

Pecahan Sederhana

Pecahan sederhana adalah bentuk paling kecil dari suatu pecahan. Pecahan itu sendiri merupakan suatu bagian dari satu kesatuan utuh. Bentuk pecahan ditulis dalam bentuk a/b. Dimana a disebut pembilang dan b dinamakan penyebut.

Pengertian pecahan juga dapat didefinisikan sebagai bagian dari kesatuan atau keseluruhan. Bilangan pecahan dapat digunakan untuk menyatakan suatu bagian dari benda utuh atau suatu bagian dari sekelompok benda.

Sebagai contoh, sebuah kue pizza dibagi menjadi dua bagian sama besar, maka kue pizza tersebut menjadi dua bagian dengan besar yang sama. Masing-masing bagian kue pizza tersebut disebut dengan pecahan setengah (1/2 : dibaca satu per dua atau seperdua atau setengah).

contoh+pecahan+sederhana
Contoh Pecahan Sederhana

Pada umumnya, bilangan pecahan terbagi menjadi pecahan biasa, pecahan campuran, desimal, dan persen. Pecahan dengan nilai besar dapat disederhanakan menjadi bentuk paling kecil.

Dalam pembahasan luasnya, untuk menyederhanakan pecahan dapat diperoleh dengan cara membagi secara terus menerus pada pembilang dan penyebut dengan angka yang sama atau diperoleh dengan menggunakan metode FPB.

Contoh Pecahan Sederhana

Untuk memudahkan dalam memahami bentuk-bentuk pecahan, silahkan simak beberapa contoh gambar dari bentuk pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat, seperlima, seperenam, dan seperdelapan berikut ini.

Baca Lainnya :   Rumus Kecepatan, Jarak, Dan Waktu Beserta Contoh Soal

Pecahan Setengah

Pecahan Setengah

Jika sebuah benda utuh dibagi menjadi dua bagian sama besar, maka tiap-tiap bagian tersebut dinamakan 1/2 (setengah atau satu per dua atau seperdua).

Pecahan Sepertiga

Pecahan Sepertiga

Jika sebuah benda utuh dibagi menjadi tiga bagian sama besar, maka tiap-tiap bagian tersebut dinamakan 1/3 (satu per tiga atau sepertiga).

Pecahan Seperempat

pecahan+seperempat
Pecahan Seperempat

Jika sebuah benda utuh dibagi menjadi empat bagian sama besar, maka tiap-tiap bagian tersebut dinamakan 1/4 (satu per empat atau seperempat).

Pecahan Seperlima

pecahan+seperlima
Pecahan Seperlima

Jika sebuah benda utuh dibagi menjadi lima bagian sama besar, maka tiap-tiap bagian tersebut dinamakan 1/5 (satu per lima atau seperlima).

Pecahan Seperenam

pecahan+seperenam
Pecahan Seperenam

Jika sebuah benda utuh dibagi menjadi enan bagian sama besar, maka tiap-tiap bagian tersebut dinamakan 1/6 (satu per enam atau seperenam).

Pecahan Seperdelapan

pecahan+seperdelapan
Pecahan Seperdelapan

Jika sebuah benda utuh dibagi menjadi delapan bagian sama besar, maka tiap-tiap bagian tersebut dinamakan 1/8 (satu per delapan atau seperdelapan).

Demikianlah pembahasan mengenai pecahan sederhana, lengkap beserta gambar dan contohnya. Semoga bermanfaat dalam mengawalai pembelajaran matematika tentang pecahan.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top