Home » Tehnik » Ukuran Carbon Brush Mesin Gerinda Tangan

Ukuran Carbon Brush Mesin Gerinda Tangan

ukuran+carbon+brush+mesin+gerinda+tangan
Carbon Brush Mesin Gerinda Tangan

Ukuran Carbon Brush Mesin Gerinda Tangan – Carbon brush atau spul adalah karbon padat yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik pada peralatan elektrik yang memiliki rotor dan stator. Peralatan seperi mesin gerinda tangan menggunakan carbon brush dengan ukuran yang berbeda-beda.

Mesin gerinda tangan yang digunakan secara terus-menerus, pasti bagain carbon brush akan menjadi tipis dan habis. Jika carbon brush habis, maka mesin gerinda tidak bisa dihidupkan. Hal penting yang perlu diperhatikan ketika mengganti carbon brush adalah mengetahui jenis dan ukurannya.

Pada umumnya, carbon brush mesin gerinda tangan berbentuk kotak memanjang dengan pengait terbuat dari pir. Sedangkan untuk ukurannya sangat bervariasi, mulai dari yang kecil hingga besar. Agar tidak salah menentukan ukuran carbon brush untuk mesin gerinda tangan, silahkan simak pembahasan berikut:

Ukuran Carbon Brush Mesin Gerinda Tangan

Berikut merupakan ukuran carbon brush mesin gerinda tangan hitachi, bosch, maktek, makita dan moder.

1. Carbon Brush Gerinda Hitachi (CB 021)

Mesin gerinda tangan dengan merk hitachi memiliki tipe carbon brush CB 021. Biasanya carbon brush tersebut dipakai pada mesin gerinda tangan tangan merk hitachi yang memiliki tipe G 10 SS, G 10 SB1 dan PDA 100.

2. Carbon Brush Gerinda Bosch (GWS 6-100 dan GWS 7-100)

Mesin gerinda tangan dengan merk bosch menggunakan carbon brush seperti yang tertera pada tipe mesinnya, yaitu GWS 6-100 dan GWS 7-100. Biasanya, jenis carbon brush mesin gerinda tangan merk bosch memiliki jenis konekan yang digunakan sebagai penghubung ke carbon brush holder.

Baca Lainnya :  Panduan Perawatan Power Tools

3. Carbon Brush Gerinda Makita Dan Maktec (CB 411 dan CB 459)

Untuk merk mesin gerinda makita dan maktec memiliki kemiripan dalam penggunaan ukuran carbon brush. Karena kedua merk ini memang diproduksi oleh satu satu pabrik (Makita), dimana merk maktec dirakit di China.

Untuk ukuran carbon brush gerinda tangan maktec dan makita adalah CB 411 dan CB 459. Carbon brush CB 411 dipakai pada mesin gerinda tipe MT 954, N 9500 N, dan 9523 NB. Sedangkan carbon berush CB 459 dipakai pada tipe MT 90, GA 4030, dan GA 5030.

4. Carbon Brush Gerinda Modern (CB 51)

Pada umumnya mesin gerinda tangan dengan merk modern memiliki carbon brush dengan tipe CB 51. Namun ada juga yang menggunakan carbon brush CB 411 seperti yang digunakan pada mesin gerinda tangan merk maktec dan makita.

Kapan Carbon Brush Harus Diganti?

Penggunaan mesin gerinda secara terus-menerus, akan mengakibatkan carbon brush menjadi tipis dan habis. Selain itu, beberapa permasalahan juga sering muncul setelah melakukan penggantian carbon brush, seperti carbon brush cepat habis karena kesalahan dalam menentukan jenis dan ukuran carbon brush mesin gerinda.

Baca Lainnya :  Cara Memasang Pipa Pompa Air Yang Benar

Untuk itu penting bagi kita untuk melakukan pengecekan berkala pada carbon brush. Jika kita melihat ukuran carbon brush mulai menipis sekitar 60%, maka sebaiknya segeralah ganti dengan yang baru. Jangan sampai menunggu sampai habis total, karena dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan komutator pada armature rusak akibat gesekan dengan per.

Selain itu, dalam penggantian carbon brush disarankan agar satu merk dengan merk mesin gerinda tangan yang digunakan agar performa mesin tetap optimal. Hal ini didasar oleh jenis carbon brus yang terlalu keras atau terlalu lunak dapat mengakibatkan performa mesin menjadi kurang maksimal.

Demikianlah informasi mengenai daftar ukuran carbon brush pada berbagai merk mesin gerinda tangan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top