Home » Matematika » Unsur-Unsur Lingkaran Dan Gambarnya

Unsur-Unsur Lingkaran Dan Gambarnya

unsur+unsur+lingkaran
Unsur-Unsur Lingkaran

Unsur-Unsur Lingkaran Dan Gambarnya – Lingkaran merupakan salah satu jenis bangun datar. Setiap bangun datar memiliki unsur-unsur pembentuknya. Pada artikel ini akan dibahas tentang apa saja unsur-unsur lingkaran dan gambarnya.

Pengertian Lingkaran

Lingkaran adalah bangun datar yang terbentuk oleh kumpulan titik-titik yang memiliki jarak sama terhadap satu titik pusat. Jarak titik pusat dengan sisi lingkaran dinamakan jari-jari. Sedangkan jarak antar sisi lingkaran yang melewati titik pusat disebut diameter lingkaran.

Setiap bangun datar memiliki ciri-ciri yang berbeda. Berikut merupakan ciri-ciri lingkaran, diantaranya yaitu:

  • Memiliki 1 sisi
  • Tidak memiliki titik sudut
  • Memiliki 1 titik pusat
  • Memiliki jari-jari tak terhingga
  • Memiliki diameter tak terhingga
  • Memiliki sumbu simetri tak terhingga
  • Memiliki simetri lipat tak terhingga
  • Memiliki simetri putar tak terhingga

Lingkaran memiliki unsur-unsur penting yang perlu diketahui. Seperti titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema, sudut pusat, dan sudut keliling lingkaran. Nah, berikut merupakan penjelasan mengenai unsur-unsur lingkaran dan masing-masing gambarnya.

Unsur-Unsur Lingkaran Dan Gambarnya

Berikut merupakan unsur-unsur lingkaran beserta gambar dan penjelasannya.

1. Titik Pusat Lingkaran

titik+pusat+lingkaran
Titik Pusat Lingkaran

Titik pusat adalah titik tengah yang terletak di tengah-tengah lingkaran. Titik pusat memiliki jarak yang sama terhadap titik-titik yang membentuk sisi lingkaran (lengkungan lingkaran).

Perhatikan gambar di atas, titik O merupakan titik pusat lingkaran. Titik pusat lingkaran juga sering digunakan sebagai penamaan lingkaran. Sehingga, gambar lingkaran di atas dinamakan dengan lingkaran O.

2. Jari-Jari Lingkaran

jari+jari+lingkaran
Jari-Jari Lingkaran

Jari-jari lingkaran atau sering disimbolkan dengan huruf r adalah jarak dari titik pusat lingkaran dengan sisi lingkaran mana saja. Panjang jari-jari pada lingkaran selalu sama antara yang satu dengan yang lainnya. Pada gambar di atas, jari-jari lingkaran ditunjukkan oleh garis OA.

Baca Lainnya :   Penjumlahan Dan Pengurangan Berbagai Bentuk Pecahan

3. Diameter Lingkaran

diameter+lingkaran
Diameter Lingkaran

Diameter lingkaran adalah jarak antara sisi lingkaran dengan sisi lingkaran lainnya yang melewati titik pusat. Pada gambar di atas, diameter lingkaran ditunjukan oleh garis AB.

Perhatikan juga bahwa diameter AB terbentuk oleh jari-jari OA dan jari-jari OB. Dengan begitu, panjang diameter lingkaran sama dengan dua kali jari-jari lingkaran.

4. Busur Lingkaran

busur+lingkaran
Busur Lingkaran

Busur lingkaran adalah potongan garis lengkung yang terletak pada sisi lingkaran dan menghubungkan dua titik pada sisi lingkaran tersebut. Pada gambar lingkaran di atas, busur lingkaran ditunjukan oleh garis lengkung AC.

5. Tali Busur Lingkaran

tali+busur+lingkaran
Tali Busur Lingkaran

Tali busur lingkaran adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran. Berbeda dengan diameter lingkaran, tali busur tidak melewati titik pusat lingkaran.

Pada gambar di atas, tali busur lingkaran ditunjukkan oleh garis AC dan tidak melewati titik pusat O.

6. Tembereng Lingkaran

tembereng+lingkaran
Tembereng Lingkaran

Tembereng lingkaran adalah unsur lingkaran yang berada di dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur. Pada gambar lingkaran di atas, tembereng lingkaran ditunjukkan oleh daerah yang berwarna merah yang dibatasi oleh busur AC dan tali busur AC.

7. Juring Lingkaran

juring+lingkaran
Juring Lingkaran

Juring lingkaran adalah unsur lingkaran yang terletak di dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jari-jari lingkaran dan sebuah busur yang dihimpit oleh kedua jari-jari lingkaran tersebut.

Baca Lainnya :   Contoh Soal Bilangan Romawi Dan Jawabannya

Perhatikan gambar lingkaran di atas, juring lingkaran ditunjukan oleh daerah yang berwarna merah yang dibatasi oleh jari-jari OA, jari-jari OD dan busur AD.

8. Apotema Lingkaran

apotema+lingkaran
Apotema Lingkaran

Apotema lingkaran adalah jarak antara titik pusat lingkaran dengan tali busur lingkaran. Apotema lingkaran memiliki sifat tegak lurus dengan tali busur. Pada gambar di atas, apotema lingkaran ditunjukan oleh garis garis OF.

9. Sudut Pusat Lingkaran

sudut+pusat+lingkaran
Sudut Pusat Lingkaran

Sudut pusat lingkaran adalah sudut yang terbentuk oleh perpotongan antara dua buah jari-jari lingkaran yang berpangkal di titik pusat. Pada gambar di atas, sudut pusat lingkaran ditunjukan oleh sudut AOC yang terbentuk oleh jari-jari OA dan jari-jari OC yang berpotongan di titik pusat O.

10. Sudut Keliling Lingkaran

sudut+keliling+lingkaran
Sudut Keliling Lingkaran

Sudut keliling lingkaran adalah sudut yang terbentuk oleh perpotongan antara dua buah tali busur di suatu titik pada sisi lingkaran. Pada gambar lingkaran di atas, sudut keliling lingkaran ditunjukan oleh sudut CDE yang terbentuk oleh tali busur CD dan tali busur DE yang berpotongan di titik D.

Demikianlah pembahasan mengenai unsur-unsur lingkaran beserta gambar dan penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top