Home » Blog » Cara Membuat Artikel Di Blog WordPress

Cara Membuat Artikel Di Blog WordPress

Cara Membuat Artikel Di Blog WordPress – Bagi yang baru saja migrasi dari blogger ke wordPress, biasanya akan sedikit mengalami kesulitan untuk memulai menulis artikel di wordPress. Untuk itu, pada postingan ini akan dibahas mengenai bagaimana cara membuat artikel di wordPress untuk pemula.

Sebelum memulai membuat artikel, sangat disarankan untuk mengistall plusin yoast SEO. Mengapa begitu? Karena plugin tersebut sangat memudahkan dalam menulis dan membantu melakukan optimasi SEO on page di wordPress.

Nah, jika pengaturan blog wordPress dan plugin yoast SEO telah selesai, silahkan simak langkah-langkah membuat artikel blog menggunakan wordPress berikut ini.

Cara Membuat Artikel Di Blog WordPress

Untuk memulai membuat artikel blog di wordPress, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, silahkan login ke WordPress.
  • Setelah berhasil masuk ke dashboard WordPress, pilih menu Posts yang ada di sisi kiri, kemudian klik Add New. Atau arahkan kursor ke tanda + New yang ada di menu atas, lalu pilih Post.
  • Setelah itu, akan muncul dashboard post editor seperti gambar di bawah ini.
cara+membuat+artikel+di+blog+wordpress
Cara Membuat Artikel Di Blog WordPress

Keterangan gambar:
Add title, untuk menulis judul artikel
Type / to choose a block, sebagai tempat membuat artikel. Pembuatan artikel di wordPress menggunakan block. Block tidak hanya untuk tulisan, tetapi dapat digunakan untuk masukan image, video, membuat tabel, dan lainya.
Menu atas, untuk menambahkan block, undo/redo, melihat jumlah kata, headings, paragraphs, save draft, preview, publish artikel, dan lain-lain.
Menu kanan, untuk mengatur tanggal penerbitan, permalink, categories, tags, featured image, excerpt, dan semua hal yang memuat settingan artikel

  • Tulis judul artikel pada kotak yang ada tulisan Add title.
  • Ketik artikel pada kotak yang ada di bawah judul (Type / to choose a block). Jika ingin menambahkan heading, gambar, video, tabel, atau lainnya, silahkan klik tombol + (plus) yang ada di sebelah kanan kotak, lalu ketik jenis block yang diinginkan pada kolom search.
  • Setelah selesai menulis artikel, lakukan beberapa settingan pada menu kanan.
  • Pilih categories untuk memasukan artilel ke dalam list kategori yang sesuai.
  • Pilih tags untuk menambahkan artikel ke tags.
  • Tambahkan gambar feature dengan mengklik kotak Set featured image. Pilih image yang ada di media library atau upload image baru. Feature image akan muncul di halaman yang memuat indeks artikel.
  • Jika artikel telah selesai, bisa di preview terlebih dahulu dengan mengklik tombol Preview.
  • Silahkan pilih save draft untuk menyimpan artikel, atau langsung mempublish artikel dengan mengklik tombol Publish. Sebelum artikel di publish, pastikan indikator yoast SEO menyala hijau.
Baca Lainnya:   Cara Membuat Kategori Di Blog WordPress

Demikianlah informasi mengenai cara membuat artikel di blog wordpress untuk pemula. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published.