Home » Matematika » Garis Dan Sudut: Pengertian, Jenis, Dan Hubungan

Garis Dan Sudut: Pengertian, Jenis, Dan Hubungan

garis+dan+sudut
Garis Dan Sudut

Garis Dan Sudut: Pengertian, Jenis, Dan Hubungan – Salah satu materi pelajaran matematika yang diajarkan di kelas 7 adalah garis dan sudut. Nah, untuk melengkapi materi tersebut, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang pengertian garis dan sudut, jenis-jenis garis dan sudut, serta hubungan antara garis dan sudut.

Pengertian Garis Dan Sudut

Garis adalah himpunan titik-titik yang beraturan dan saling berkesinambungan dengan jumlah tak terhingga serta memanjang ke dua arah.

Penamaan garis umumya mengambil dari simbol yang terdapat pada kedua titik ujung garis. Contohnya, garis dengan titik ujung A dan B, maka garis tersebut dinamakan garis AB.

Sedangkan sudut adalah suatu daerah yang dihasilkan oleh dua garis dengan arah yang menyebar dan berpangkal pada sebuah titik.

Satuan besaran sudut adalah derajat (°). Jumlah terbesar dari suatu sudut yaitu 360°. Garis dan sudut merupakan materi dasar dalam mempelajari berbagai bentuk geometri.

Jenis-Jenis Garis Dan Sudut

A. Jenis-Jenis Garis

Berikut merupakan gambar jenis-jenis garis dan penjelasannya.

jenis+jenis+garis
Jenis-Jenis Garis

1. Garis Sejajar
Garis sejajar adalah dua garis atau lebih yang terletak pada bidang yang sama, serta tidak akan berpotongan satu sama lainnya meskipun diperpanjang secara terus-menerus.

2. Garis Berpotongan
Dua buah garis dikatakan saling berpotongan jika kedua garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan berpotongan pada salah satu titiknya.

3. Garis Berhimpit
Dua buah garis dikatakan berimpit apabila jika garis tersebut saling menempel dan searah. Garis yang berimpitan akan saling menutupi satu sama lain dan terlihat seperti satu garis lurus.

4. Garis Bersilangan
Dua buah garis dikatakan bersilangan jika garis-garis tersebut tidak terletak pada satu bidang datar dan tidak akan berpotongan apabila diperpanjang.

Baca Lainnya :  1 Milenium Berapa Abad, Dekade, Windu, Lustrum, Tahun

5. Garis Tegak Lurus
Dua buah garis dikatakan tegak lurus jika memiliki kedudukan secara tegak dan mendatar dan bertemu pada salah satu titiknya.

B. Jenis-Jenis Sudut

Berikut merupakan gambar jenis-jenis sudut dan penjelasannya.

jenis+jenis+sudut
Jenis-Jenis Sudut

1. Sudut Lancip
Sudut lancip adalah sebuah sudut yang terbentuk oleh dua buah garis yang besarnya kurang dari 90°.

2. Sudut Siku-Siku
Sudut siku-siku adalah sudut yang dihasilkan dua buah garis yang posisinya tegak lurus dan besarnya tepat 90°.

3. Sudut Tumpul
Sudut tumpul adalah sebuah sudut yang terbentuk oleh dua buah garis yang besarnya sudutnya lebih dari 90°, tetapi kurang dari 180°.

4. Sudut Lurus
Sudut lurus merupakan sebuah sudut yang dibentuk oleh dua garis yang besar sudutnya tepat 180°.

5. Sudut refleks
Sudut refleks adalah sudut yang terbentuk oleh dua garis yang besar sudutnya lebih dari 180°, tetapi kurang dari 360°.

Hubungan Garis Dan Sudut

A. Hubungan Antar Sudut

Dua buah sudut yang saling berdekatan memiliki suatu hubungan. Diantara hubungan antar sudut yaitu sudut berpenyiku, sudut berpelurus, dan sudut bertolak belakang.

hubungan+antar+sudut
Hubungan Antar Sudut

1. Sudut Berpenyiku
Dua buah sudut atau lebih dikatakan berpenyiku jika semua besar sudutnya dijumlahkan, maka hasilnya 90°, atau semua sudutnya jika digabungkan akan membentuk sudut siku-siku.

2. Sudut Berpelurus
Dua buah sudut atau lebih dikatakan berpelurus jika semua besar sudutnya dijumlahkan, maka hasilnya 180°, atau semua sudutnya jika digabungkan akan membentuk sudut lurus.

3. Sudut Bertolak Belakang
Sudut bertolak belakang adalah dua buah sudut yang posisinya saling membelakangi antara yang satu dengan lainnya. Jika dua sudut saling bertolak belakang adalah sama besar.

B. Hubungan Sudut Pada Garis Sejajar

sudut+pada+garis+sejajar
Sudut Pada Garis Sejajar

1. Sudut Sehadap
Jika dua buah garis sejajar dipotong oleh garis lain, maka akan terbentuk sudut-sudut sehadap yang besarnya sama. Sudut-sudut sehadap pada gambar di atas yaitu:

Baca Lainnya :  Contoh Soal Volume dan Luas Kerucut Beserta Jawabannya

sudut A1 sehadap dengan B1
sudut A2 sehadap dengan B2
sudut A3 sehadap dengan B3
sudut A4 sehadap dengan B4

2. Sudut Dalam Berseberangan
Jika dua buah garis sejajar dipotong oleh garis lain, maka akan terbentuk sudut-sudut dalam berseberangan yang besarnya sama. Sudut-sudut dalam berseberangan pada gambar di atas yaitu:

sudut A2 dengan B3
sudut A4 dengan B1

3. Sudut Luar Berseberangan
Jika dua buah garis sejajar dipotong oleh garis lain, maka akan terbentuk sudut-sudut luar berseberangan yang sama besar. Sudut-sudut luar berseberangan pada gambar di atas yaitu:

sudut A1 dengan B4
sudut A3 dengan B2

4. Sudut Dalam Sepihak
Jika dua buah garis sejajar dipotong oleh garis lain, maka akan terbentuk sudut-sudut dalam sepihak yang jika dijumlahkan besarnya adalah 180°. Sudut-sudut dalam sepihak pada gambar di atas yaitu:

sudut A2 dengan B1
sudut A4 dengan B3

5. Sudut Luar Sepihak
Jika dua buah garis sejajar dipotong oleh garis lain, maka akan terbentuk sudut-sudut luar sepihak yang jika dijumlahkan besarnya adalah 180°. Sudut-sudut luar sepihak pada gambar di atas yaitu:

sudut A1 dengan B2
sudut A3 dengan B4

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian, jenis-jenis, serta hubungan antara garis dan sudut. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top