Home » Matematika » Hubungan Antar Himpunan Dan Contohnya

Hubungan Antar Himpunan Dan Contohnya

hubungan+antar+himpunan
Hubungan Antar Himpunan

Hubungan Antar Himpunan – Himpunan merupakan kumpulan dari beberapa objek yang dapat didefinisikan dengan jelas. Terdapat beberapa jenis himpunan. Setiap jenis himpunan memiliki suatu hubungan. Pada artikel ini akan dibahas tentang hubungan antar himpunan dan contohnya.

Suatu himpunan dapat dinyatakan dengan kurung kurawal { } dan dinotasikan dengan huruf kapital. Jika anggota suatu himpunan berupa huruf, maka anggotanya dituliskan menggunakan huruf kecil. Contohnya, A adalah himpunan huruf vokal, maka himpunan A dinyatakan A = {a, i, u, e, o}.

Dalam pelajaran matematika kelas 7, terdapat 4 jenis hubungan antar himpunan yang dapat digambarkan dengan diagram venn. Berikut merupakan jenis-jenis hubungan antar himpunan beserta contoh dan gambar diagram vennya.

Hubungan Antar Himpunan Dan Contohnya

1. Himpunan Saling Berpotongan

Himpunan berpotongan atau tidak saling lepas merupakan dua himpunan dimana terdapat beberapa anggota yang sama pada kedua himpunan tersebut. Himpunan yang saling berpotongan dituliskan dengan lambang ∩.

Contoh:
A = {1, 2, 3, 4, 5}
B = {3, 4, 5, 6, 7}

Perhatikan anggota himpunan A dan B, dimana terdapat anggota yang sama, yakni {3, 4, 5} dan ada juga anggota yang tidak sama. Dengan begitu, kedua himpunan tersebut dinamakan himpunan saling berpotongan, atau dituliskan A ∩ B. Berikut merupakan gambar diagram venn untuk himpunan saling berpotongan.

himpunan+saling+berpotongan
Himpunan Saling Berpotongan

2. Himpunan Saling Lepas

Himpunan saling lepas atau saling asing merupakan dua himpunan yang tidak memiliki anggota persekutuan yang sama. Himpunan yang saling lepas dituliskan dengan lambang //.

Baca Lainnya :   Rumus Luas Dan Keliling Layang-Layang Dan Contoh Soal

Contoh:
A = {1, 2, 3, 4}
B = {5, 6, 7, 8}

Perhatikan anggota himpunan A dan B tidak ada yang sama atau tidak ada persekutuan yang sama. Sehingga kedua himpunan tersebut dinamakan himpunan saling lepas, atau dituliskan A // B. Berikut merupakan gambar diagram venn untuk himpunan saling lepas.

himpunan+saling+lepas
Himpunan Saling Lepas

3. Himpunan Sama

Himpunan sama merupakan dua himpunan yang memiliki anggota persekutuan sama. Dimana anggota himpunan yang satu juga merupakan anggota himpunan lainnya. Himpunan yang sama dituliskan dengan lambang =.

Contoh:
A = {k, a, s, u, r}
B = {r, u, s, a, k}

Perhatikan anggota himpunan A dan B, kedua himpunan tersebut memiliki anggota yang sama. Sehingga, kedua himpunan tersebut dinamakan himpunan sama, atau dituliskan A = B. Berikut merupakan gambar diagram venn untuk himpunan sama.

himpunan+sama
Himpunan Sama

4. Himpunan Ekuivalen

Himpunan ekuivalen merupakan dua himpunan yang memiliki jumlah anggota yang sama. Himpunan ekuivalen dituliskan dengan lambang n(A) = n(B).

Contoh:
A = {1, 2, 3, 4, 5}
B = {a, b, c, d, e}

Perhatikan jumlah anggota himpunan A dan B, kedua himpunan tersebut memiliki jumlah anggota yang sama. Dimana anggota himpunan A ada 5 dan anggota himpunan B juga ada 5. Sehingga, kedua himpunan tersebut dinamakan himpunan ekuivalen, atau dituliskan n(A) = n(B). Berikut merupakan gambar diagram venn untuk himpunan ekuivalen.

himpunan+ekuivalen
Himpunan Ekuivalen

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis hubungan antar himpunan beserta gambar dan contohnya. Semoga bermanfaat.

Baca Lainnya :   Jajar Genjang: Sifat, Rumus Luas Dan Keliling, Contoh Soal

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top