Home » Matematika » Pengertian Garis Sejajar, Berpotongan, Berimpit, dan Bersilangan

Pengertian Garis Sejajar, Berpotongan, Berimpit, dan Bersilangan

pengertian+garis+sejajar+berpotongan+berimpit+bersilangan
Garis Sejajar, Berpotongan, Berimpit, dan Bersilangan

Pengertian Garis Sejajar, Berpotongan, Berimpit, dan Bersilangan – Kedudukan garis pada bidang geometri dapat berupa garis sejajar, garis berpotongan, garis berimpit, dan garis bersilangan. Berikut akan dibahas tentang pengertian dari kedudukan garis-garis tersebut beserta contohnya.

Garis itu sendiri merupakan himpunan titik-titik beraturan dengan jumlah tak terhingga yang hanya memiliki satu dimensi, yaitu panjang. Garis memiliki arah memanjang tak terbatas pada kedua ujungnya.

Jika terdapat dua buah garis atau lebih, maka garis tersebut kemungkinan memiliki kedududukan saling sejajar, saling berpotongan, saling berimpit, atau saling bersilangan. Berikut akan dijelaskan apa itu garis sejajar, garis berpotongan, garis berimpit, dan garis bersilangan.

A. Garis Sejajar

pengertian+garis+sejajar
Garis Sejajar

Garis sejajar adalah kedudukan dua garis yang terletak pada bidang datar dan tidak berpotongan satu sama lainnya. Jika dua garis berkedudukan sejajar, maka kedua garis tersebut tidak akan pernah bertemu meskipun diperpanjang tak terhingga.

Diantara sifat-sifat garis sejajar yaitu:

  • Jika terdapat suatu garis memotong salah satu dari dua garis sejajar, maka garis tersebut juga akan memotong garis sejajar lainnya
  • Jika terdapat sebuah garis yang sejajar dengan dua buah garis, maka ketiga garis tersebut akan saling sejajar

Contoh garis sejajar dalam kehidupan sehari-hari yaitu rel kereta api. Dua besi pada rel kereta api tidak akan pernah bertemu meskipun diperpanjang secara terus menerus.

Baca Lainnya :   Rumus Luas Dan Keliling Persegi Beserta Contoh Soal

B. Garis Berpotongan

pengertian+garis+berpotongan
Garis Berpotongan

Garis berpotongan adalah kedudukan dua yang terletak pada satu bidang datar dan berpotongan pada salah satu titiknya. Garis yang saling berpotongan hanya memiliki satu titik potong (titik persekutuan).

Dua garis yang saling berpotongan secara tegak lurus dan membentuk sudut 90°, maka garis tersebut dinamakan garis tegak lurus. Garis yang berpotongan tegak lurus dinotasikan dengan simbol 丄. Contoh garis berpotongan yaitu garis sumbu x dan y pada bidang kartesius.

C. Garis Berimpit

pengertian+garis+berimpit
Garis Berimpit

Garis berimpit adalah kedudukan dua buah garis yang saling menempel. Garis yang saling berimpit memiliki titik potong (titik persekutuan) tak terhingga. Garis yang berimpitan akan saling menutupi, sehingga akan terlihat seperti satu garis lurus.

Contoh garis berimpit terlihat pada jarum jam dinding yang menunjukan pukul 12.00 tepat. Dimana kedudukan jarum panjang dan jarum pendek akan terlihat seperti satu garis lurus.

D. Garis Bersilangan

pengertian+garis+bersilangan
Garis Bersilangan

Garis bersilangan adalah kedudukan dua garis yang tidak terletak pada satu bidang datar, tidak sejajar, dan tidak akan berpotongan apabila diperpanjang.

Contoh garis bersilangan yaitu garis-garis diagonal pada sisi kubus yang saling berhadapan, yang kedudukannya tidak sejajar.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian garis sejajar, berpotongan, berimpit, dan bersilangan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top