Home » Tehnik » Cara Memperbaiki Pompa Air

Cara Memperbaiki Pompa Air

cara+memperbaiki+pompa+air
Cara Memperbaiki Pompa Air

Cara Memperbaiki Pompa Air – Dalam penggunaan jangka panjang, sebuah mesin umumnya akan mengalami masalah. Seperti halnya pada mesin pompa air, biasanya semakin lama digunakan, maka keluar airnya semakin kecil. Nah, berikut akan dibahas tentang cara memperbaiki pompa air yang bermasalah.

Sebagai pemasok air yang digunakan terus menerus, mesin pompa air biasanya akan mengalami berbagai kerusakan. Misalnya airnya kurang kencang, kipas tidak berputar, atau bahkan mati total. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki pompa air agar terhindar dari permasalahan tersebut.

Jika pompa air yang ada di rumah sedang bermasalah, maka harus segera diperbaiki agar kebutuhan air tetap berjalan lancar. Nah, berikut merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan dalam memperbaiki pompa air dari berbagai kerusakan yang mungkin terjadi.

Cara Memperbaiki Pompa Air

1. Pompa Air Keluar Airnya Kecil

Permasalahan seperti ini sering kali terjadi pada pompa air yang sudah lama digunakan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi mengapa air yang keluar menjadi kurang kencang. Diantaranya yaitu mekanikal seal rusak, impeller rusak, atau terdapat kebocoran pada instalasi pipa.

Untuk meperbaiki pompa air yang keluar airnya kecil, kita harus memeriksa satu per satu dari beberapa faktor yang telah disebutkan di atas. Kita dapat memulainya dengan pengecekan pada bagian mekanikal seal dan impeller. Jika salah satu atau kedua bagian tersebut ada yang rusak, maka segeralah untuk mengganti bagian yang rusak tersebut dengan yang baru.

Jika kedua bagian tersebut masih bagus, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan ada instalasi pipa. Periksalah seluruh sambungan pipa, jika menemukan adanya kebocoran, lakukanlah perbaikan dengan menginstalasi ulang saluran pipa yang bocor.

2. Pompa Air Tidak Mati Meski Kran Telah Ditutup

Pada umumnya, masalah ini hanya terjadi pada jenis pompa air otomatis. Penyebab dari pompa air yang tidak dapat mati meskipun kran telah tertutup adalah saklar otomatis lemah atau rusak.

Untuk memperbaiki masalah seperti ini, periksalah knop pengaturan tekanan pada otomatis, kemudian coba putar dengan obeng (-) ke arah tekanan yang lebih rendah. Jika dengan mengatur knop tekanan saklar pada otomatis tidak berhasil, maka sebaiknya ganti otomatis yang baru.

3. Pompa Air Terkadang Hidup Sendiri

Masalah ini juga hanya terjadi pada jenis pompa air otomatis. Penyebab dari pompa air yang terkadang hidup sendiri adalah adanya kebocoran pada saluran keluar, bisa pada pipa atau kran air.

Untuk memperbaiki masalah pompa air yang hidup sendiri, periksalah setiap sambungan pipa keluar dan juga kran air. Umumnya masalah ini disebabkan oleh kran air yang sudah rusak yang tidak dapat menutup air dengan sempurna. Untuk itu, jika terdapat tetesan air keluar disekitar kran, sebaiknya ganti kran yang baru.

4. Pompa Air Mendengung Tidak Berputar

Ada dua kemungkinan yang menjadi penyebab pompa air berbunyi mendengung dan tidak berputar. Yang pertama adalah kapasitor rusak dan kedua bearing mesin macet.

Jika mengalami masalah seperti ini, langkah pertama adalah mengganti kapasitor sesuai ukurannya. Jangan lebih besar atau lebih kecil, karena akan mempengaruhi performa mesin.

Jika dengan mengganti kapasitor masih belum berputar, maka langkah kedua adalah membongkar bagian mesin untuk memeriksa kondisi bearing. Jika terdapat bearing yang macet, gantilah dengan yang baru.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memperbaiki pompa air dari kerusakan-kerusakan yang sering terjadi. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *