Home » Tehnik » Panduan Perawatan Power Tools

Panduan Perawatan Power Tools

perawatan+power+tools
Perawatan Power Tools

Panduan Perawatan Power Tools – Power tools merupakan peralatan yang tidak menggunakan tenaga manusia secara langsung, melainkan menggunakan energi listrik atau pneumetic. Kegunaan power tools ini sangat membatu pekerjaan, sehingga sangat penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara perawatan alat-alat power tools.

Tujuan dari service atau perawatan pada power tools adalah agar alat-alat tersebut memiliki performa yang maksimal dan juga menjaga dari kerusakan yang mungkin terjadi pada power tools. Power tools memiliki beberapa jenis, seperti mesin gerinda, mesin bor, dan pneumetic screw driver. Meskipun begitu, untuk melakukan perawatannya hampir sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Nah, jika ingin power tools yang kita miliki lebih awet dan memiliki performa yang opetimal, maka kita harus melakukan perawatan rutin maupun berkala pada alat-alat power tools yang kita miliki. Berikut merupakan panduan cara perawatan pada power tools yang benar.

Panduan Perawatan Power Tools

Perawatan power tools sebaiknya dilakukan secara rutin dan juga dalam jangka waktu tertentu, seperti 1 atau 2 bulan sekali. Karena pemeliharaan dan perbaikan pada alat-alat power tools merupaka hal penting untuk dilakukan.

A. Perawatan Rutin

Diantara perawatan yang harus dilakukan secara rutin pada alat-alat power tools yaitu sebagai berikut:

  • Membersihkan power tools dari kotoran sisa penggunaan. Sebagai contoh, mesin gerinda atau mesin bor, jika selesai menggunakan, maka segeralah untuk membersihkan dari serbuk-serbuk sisa penggerindaan atau pengeboran.
  • Bersihkan bagian dalam alat-alat power tools dengan menggunakan angin kompresor agar kotoran tidak menumpuk atau menggumpal yang dapat menyebabkan kerusakan pada power tools.
  • Gulunglah kabel atau selang dengan benar. Jangan sampai ada yang terjepit atau terlipat yang dapat menyebabkan kabel korsleting atau selang bocor.
  • Simpan di tempat yang kering dan terhindar dari kelembaban untuk mencegah timbulnya korosi.
  • Lumasi bagian bearing dan gear pada alat-alat power tools dengan oli atau grace jika akan disimpan dalam waktu yang lama.
Baca Lainnya :  Bagian-Bagian Spray Gun Dan Fungsinya

B. Perawatan Berkala

Untuk perawatan alat-alat power tools secara berkala, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

1. Pemeriksaan Bearing

Pada peralatan power tools, umumya terdapat beberapa bearing yang harus diperiksa satu per satu. Jika kondisinya masih layak pakai, kita cukup melunasi bearing tersebut dengan oli atau grace. Namun jika kondisinya sudah tidak layak pakai, maka sebaiknya ganti dengan yang baru.

2. Pengecekan Carbon Brush

Pada alat-alat power tools yang menggunakan energi listrik, umumnya terdapat komponen yang bernama carbon brush pada bagian motoran. Oleh sebab itu, lakukanlah pengecekan pada carbon brush, apakah kondisinya masih bagus atau hampir habis. Jika sudah tipis atau hampir habis, segeralah untuk mengganti dengan yang baru.

3. Pemeriksaan Komponen Gear

Gear merupakan komponen pada alat-alat power tools berupa rigi-rigi penghubung. Pada penggunaan power tools yang sudah lama, biasanya rigi-rigi gear semakin tipis yang mengakibatkan bunyi kasar atau putaran mesin lemah. Untuk itu, periksalah gear secara berkala untuk memastikan kondisi kelayakannya dan jangan lupa untuk memberi grace pada permukaannya.

Baca Lainnya :  Perbedaan Spray Gun F75 Dan F100

4. Periksa Bagian Kolektor

Kolektor merupakan komponen pada peralatan power tools bertenaga listrik yang bergesekan langsung dengan carbon brush. Jika kondisinya sudah menipis, maka akan mengakibatkan adanya percikan bunga api ketika power tools dihidupkan. Untuk itu, lakukanlah pengecekan secara berkala pada kolektor. Jika tingkat kecengungannya tidak begitu dalam, kita bisa meratakannya kembali dengan menggunakan amplas. Namun, jika tingkat kecekungannya sudah dalam, sebaiknya ganti dengan yang baru.

5. Lumasi Grace Secukupnya

Power tools yang digunakan terus menerus, biasanya grace pada komponen-komponen seperti bearing dan gear akan mengering atau habis. Oleh sebab itu, berikan grace secukupnya secara teratur dan berkala.

6. Periksa Bagian Seal

Pada power tools yang menggunakan tenaga angin (pneumatic), umunyanya terdapat beberapa seal yang berfungsi untuk mencegah kebocoran angin. Untuk itu, periksalah seal-seal tersebut apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika sudah rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Demikianlah pembahasan mengenai panduan perawatan power tools yang benar agar performa tetap optimal dan menghindari kerusakan power tools. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top