Home » Tehnik » Pencegahan Kecelakaan Kerja Alat-Alat Listrik

Pencegahan Kecelakaan Kerja Alat-Alat Listrik

pencegahan+kecelakaan+kerja
Pencegahan Kecelakaan Kerja

Pencegahan Kecelakaan Kerja Alat-Alat Listrik – Penggunaan alat-alat listrik memang sangat membantu pekerjaan. Meskipun begitu, kita harus dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja dari penggunaan alat-alat tersebut. Berikut akan dibahas tentang upaya pencegahan kecelakaan kerja dalam menggunakan alat-alat listrik.

Alat-alat listrik yang dimaksud adalah peralatan yang menggunakan energi listrik. Misalnya mesin gerinda, mesin bor, dan peralatan lainnya yang sering digunakan di dunia industri dan perbengkelan. Karena menggunakan tenaga listrik, maka tentu saja kita harus berhati-hari dalam menggunakannya.

Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan kerja alat-alat listrik adalah tidak memahami bagaimana cara penggunaan alat dengan benar. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kita dapat menerapkan beberapa tips seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Pencegahan Kecelakaan Kerja Alat-Alat Listrik

Seperti yang kita tahu bahwa terjadinya kecelakaan kerja tidak bisa diprediksi. Karena hal tersebut dapat terjadi oleh banyak faktor, seperti kelalaian dalam bekerja, kondisi alat yang tidak layak pakai, atau tidak mengenakan APD dengan benar. Nah, berikut merupakan beberapa tips untuk menghindari bahaya kecelakaan kerja.

1. Mematuhi Peraturan Yang Ada

Di manapun kita bekerja, pasti ada yang namanya peraturan. Peraturan merupakan ketentuan-ketentuan yang harus dipatuhi oleh anggotanya. Dengan mematuhi seluruh peraturan yang ada, maka dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

2. Penggunaan Power Tools Sesuai Prosedur

Sebelum menggunakan alat-alat listrik, sebaiknya pahami dulu cara penggunaanya. Prosedur penggunaan alat-alat listrik umumnya tertulis pada buku pedoman. Nah, jika tidak menemukan buku petunjuk yang ada, maka sebaiknya tanyakan dulu kepada ahlinya sampai benar-benar paham.

3. Menggunakan Alat Pelindung Diri Dengan Benar

a. Pelindung Mata

Ketika menggunakan alat-alat listrik, pakailah kaca mata pelindung. Kaca mata pelindung ini merupakan alat pelindung diri paling dasar. Dengan memakai pelindung mata ketika menggunakan alat-alat listrik, maka dapat mencegah dari debu, serpihan benda kerja, kotoran serbuk kayu, atau bahan lainnya agar tidak masuk ke mata.

Baca Lainnya :   Cara Kerja Mesin Pompa Air Listrik

b. Pelindung Telinga

Pelindung telinga juga sangat penting untuk menjaga kerusakan telinga dari bunyi mesin yang keras. Untuk itu, gunakanlah pelindung telinga saat menggunakan alat-alat listrik yang memiliki suara keras. Apalagi jika bekerja di tempat yang tertutup, tentu saja suara bising akan terdengat lebih keras di telinga. Sehingga sangat disarankan untuk selalu menggunakan pelindung telinga saat menggunakan alat-alat listrik.

c. Pelindung Kepala Dan Kaki

Pelindung kepala sangat disarankan untuk dipakai ketika menggunakan alat-alat listrik jenis apa pun. Tujuan dari hal ini adalah untuk melindungi kepala dari benturan ketika bekerja. Apalagi jika berada di lokasi yang sempit dan tertutup. Selain itu, kita juga perlu memakai sepatu kerja agar terhindar dari bahaya tergores atau tertusuk serpihan benda kerja

d. Sarung Tangan

Secara umum, alat-alat listrik memiliki getaran yang besar ketika digunakan. Untuk itu, agar tangan tidak cepat lelah, maka gunakanlah sarung tangan saat bekerja. Selain itu, sarung tangan juga berfungsi untuk melindungi tangan dari serpihan-serpihan sisa benda kerja dan bahaya tersengat listrik.

e. Pakaian Kerja

Menggunakan pakaian kerja dengan benar juga merupakan upaya pencegahan kecelakaan kerja. Pakailah pakaian kerja yang tidak longgar. Hal ini bertujuan agar pakaian tidak tersangkut dan tergulung ketika menggunakan alat-alat listrik yang berputar. Selain itu, rambut yang panjang juga harus diikat untuk mencegah kecelakaan kerja saat menggunakan alat-alat listrik. Pelindung lain seperti masker juga penting dipakai saat bekerja.

Baca Lainnya :   Cara Penggunaan Power Tools

6. Penggunaan Alat Bantu Yang Tepat

Untuk pengerjaan di lokasi kerja yang ekstrim, sebaiknya gunakan alat bantu yang tepat. Hal ini bertujuan untuk mencegah kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh terjatuh, terpeleset, atau penyebab lainnya.

4. Mengetahui Alat Yang Tepat Untuk Bekerja

Ketika akan mengerjakan suatu benda, sebaiknya gunakanlah alat-alat listrik yang sesuai dengan fungsinya. Janganlah menggunakan peralatan yang bukan fungsinya untuk mencegah terjadi kecelakaan kerja maupun kerusakan pada alat itu sendiri.

5. Kenali Area Kerja

Hindari penggunaan alat-alat listrik pada area yang basah atau pada ketinggian tertentu. Hal ini sangat penting agar tidak terjadi kecelakaan kerja seperti kesetrum atau alat terjatuh ketika digunakan di tempat yang tinggi.

6. Pencahayaan Yang Cukup

Faktor pencahayaan juga sangat penting ketika bekerja menggunakan alat-alat listrik di tempat tertutup atau malam hari. Sebaiknya aturlah pencahayaan yang cukup hingga lokasi kerja benar-benar terang.

7. Pengecekan Alat Secara Teratur

Pemeriksaan secara teratur pada alat-alat listrik merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Pastikan kondisi alat-alat tersebut sesuai standar kerja dan layak pakai sebelum menggunakannya untuk bekerja dalam upaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Simpan Pada Tempat Yang Aman

Penyimpanan alat-alat listrik sebaiknya diletakan di tempat yang aman, kering, tertutup, dan terhindar dari jalur tikus. Penempatan peralatan listrik pada tempat yang kering sangat disarankan untuk menghindari kelembaban yang dapat mengakibatkan korosi.

Demikianlah pembahasan mengenai pencegahan kecelakaan kerja dalam menggunakan alat-alat listrik. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top