Home » Tehnik » Pompa Air Untuk Rumah 2 Lantai

Pompa Air Untuk Rumah 2 Lantai

pompa+air+rumah+2+lantai
Pompa Air Rumah 2 Lantai

Pompa Air Untuk Rumah 2 Lantai – Pompa air merupakan salah satu kebutuhan penting di dalam rumah tangga. Untuk itu, kita harus tepat dalam memilih jenis pompa air sesuai dengan kondisi rumah. Karena kebutuhan untuk rumah 1 lantai berbeda dengan rumah yang memiliki 2 lantai. Nah, berikut akan dijelaskan tentang jenis pompa air apa yang cocok untuk rumah 2 lantai?

Untuk rumah 1 lantai, kita dapat menggunakan pompa air jenis sumur dangkal yang umumnya memiliki kekuatan hisap 9 meter dengan daya listrik sekitar 125 watt. Lalu, bagaimana untuk rumah 2 lantai atau lebih? Apakah tetap menggunakan jenis pompa air sumur dangkal atau lainnya?

Jika kita tetap memaksakan menggunakan jenis pompa air sumur dangkal untuk rumah bertingkat dengan alasan hemat listrik, maka jawabannya adalah salah besar. Karena hal tersebut hanya akan menimbulkan berbagai permasalah, seperti air keluarnya kecil atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Pompa Air Untuk Rumah 2 Lantai

Jenis pompa air yang cocok untuk rumah dua lantai adalah jenis pompa air sumur dalam dengan daya listrik sekitar 200 watt, sedangkan untuk rumah lantai di atasnya, sebaiknya gunakan pompa air dengan daya listrik lebih besar, misalnya 300 atau 400 watt. Sedangkan untuk merknya bisa memakai shimizu atau sanyo.

Pompa air sumur dalam merupakan jenis pompa air yang mampu menghisap air dengan kedalaman mencapai 20 meter. Berdasarkan kekuatan daya hisapnya, pompa air sumur dalam terbagi menjadi dua, yaitu semi jet pump dan jet pump.

Pompa air semi jet pump dapat digunakan dengan kedalaman air hingga mencapai 11 meter dan mampu mendorong hingga ketinggian 9 meter. Sedangkan pompa air jet pump digunakan pada sumur dengan kedalaman maksimal 20 meter.

Selain menggunakan jenis pompa air sumur dalam, disarankan juga untuk menggunakan jenis mesin pompa air otomatis agar lebih memudahkan dalam penggunaannya. Karena seperti yang kita tahu bahwa penggunaan pompa air jenis non-otomatis akan merepotkan, apalagi pada rumah yang bertingkat.

Jika menggunakan pompa air dengan daya listrik 200 watt rumah tingkat 3 atau 4 dan airnya masih kecil, kita dapat memakai bantuan pompa air booster. Pompa air booster merupakan jenis pompa air yang fungsinya sebagai pendorong. Pompa air booster tidak memiliki daya hisap dan hanya digunakan untuk meningkatkan tekanan air.

Untuk pemasangannya, sebaiknya serahkan kepada ahlinya yang sudah biasa dalam memasang pompa air. Karena tukang pompa air biasanya lebih paham bagaimana tehnik pemasangan pompa air untuk rumah dua lantai dan juga letak pompa air yang baik seharusnya di mana.

Demikianlah informasi mengenai jenis pompa air yang cocok untuk rumah 2 lantai. Jangan sampai salah dalam memilih pompa air untuk kebutuhan rumah tangga, karena hanya akan menjadikan hal yang sia-sia, baik dalam biaya maupun pemasangannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *