Home » Cara Melepas Impeller (Kipas) Pompa Air

Cara Melepas Impeller (Kipas) Pompa Air

cara+melepas+impeller+pompa+air
Cara Melepas Impeller Pompa Air

Cara Melepas Impeller (Kipas) Pompa Air – Cara kerja pompa air didasari oleh putaran impeller. Jika impeller rusak, maka air tidak dapat naik ke permukaan. Ketika terjadi masalah seperti itu, maka kita harus membuka pompa air dan melepas impeller untuk diganti dengan yang baru. Berikut akan dibahas bagaimana cara melepas impeller pada pompa air.

Impeller adalah kipas yang terdapat di dalam ruang pompa air. Impeller berfungsi sebagai penghasil tekanan. Dengan adanya tekanan di dalam ruang pompa air, maka air dapat dihisap dan didorong sesuai jalurnya masing-masing.

Penggunaan pompa air yang sudah lama, biasanya akan muncul beberapa masalah, diantaranya yaitu pompa air yang tidak dapat menghisap air karena kerusakan pada impeller. Untuk memperbaiki masalah seperti ini yaitu dengan melakukan penggantian impeller. Lalu, bagaimana langkah-langkah melepas impeller pada pompa air?

Cara Melepas Impeller (Kipas) Pompa Air

Untuk mengganti impeller yang rusak, langkah pertama adalah melepas impeller dari tempatnya, barulah melakukan pemasangan impeller baru. Berikut merupakan langkah-langkah melepas impeller pompa air.

1. Siapkan perlatan yang digunakan untuk membongkar mesin pompa air, seperti kunci ring 10 mm, treker bearing, obeng, palu, serta impeller baru.

2. Mulailah dengan membuka cover penutup impeller, yaitu dengan melepas baut penguncinya menggunakan kunci ring 10 mm.

3. Setelah baut telepas, buka cover impeller dengan menggunakan obeng dan palu. Letakan ujung obeng pada sisi cover, kemudian ketuk secara perlahan menggunakan palu.

Baca Lainnya :   Apa Itu Mesin Gerinda: Pengertian, Jenis-Jenis Dan Fungisnya

4. Setelah itu, lepas o-ring (karet) yang terdapat pada permukaan cover impeller.

5. Langkah selanjutnya adalah melepas impeller. Untuk melepas impeller, sebaiknya gunakan treker bearing. Caranya yaitu dengan merapatkan rahang treker pada lekukan ujung impeller, kemudian putar treker secara perlahan.

6. Setelah impeller terlepas, pasang impeller yang baru. Caranya yaitu dengan mengetuk dengan palu secara perlahan hingga posisinya tepat dengan posisi semula. Pastikan juga posisi impeller tersebut tidak terbalik.

7. Pasang o-ring pada cover penutup impeller dan pasang kembali cover penutup impeller pada pompa air. Setelah terpasang dengan benar, kencangkan dengan baut penguncinya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara melepas impeller (kipas) pada mesin pompa air. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top