Home » Tehnik » Cara Membersihkan Kipas Angin Yang Benar

Cara Membersihkan Kipas Angin Yang Benar

cara+membersihkan+kipas+angin
Cara Membersihkan Kipas Angin

Cara Membersihkan Kipas Angin – Untuk menjaga kesegaran angin yang dihasilkan, maka kipas angin harus sering dibersihkan. Lalu, bagaimana cara membersihkan kipas angin yang benar? Apakah dibongkar dan dicuci? Atau apakah biasa membesihkan kipas angin tanpa dibongkar?

Penggunaan kipas angin yang sudah lama, biasanya akan berdebu. Jika debu yang menempel dibiarkan saja, hal ini dapat mengganggu kesehatan atau dapat mengakibatkan kerusakan pada kipas angin. Untuk itu, membersihkan kipas angin secara rutin merupakan hal yang wajib dilakukan.

Untuk membersihkan kipas angin, kita bisa melakukannya melalui dua metode, yakni dengan dibongkar lalu dicuci, atau tanpa dibongkar sama sekali. Untuk mengetahui langkah-langkahnya, silahkan simak pembahasan berikut ini mengenai bagaimana cara membersihkan kipas angin yang benar dengan kedua metode tersebut.

Cara Membersihkan Kipas Angin Yang Benar

Berikut merupakan langkah-langkah cara membersihkan kipas angin dengan cara dibongkar, dicuci, dan tanpa dibongkar sama sekali.

A. Cara Membersihkan Kipas Angin Dengan Dibongkar

Sebelum memulai membersihkan kipas angin dengan metode dibongkar, pastikan mesin dalam keadaan dingin (tidak baru digunakan) dan tidak terhubung ke sumber listrik. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan obeng, kain lap, sabun cuci piring, dan air secukupknya
  • Bukalah pelindung baling-baling (tralis), yaitu dengan membuka baut pengunci dengan obeng
  • Setelah itu, lepaskan tralis bagian depanterlebih dahulu
  • Kemudian lepaskan baling-baling dengan cara memutar mur penguncinya ke arah kanan
  • Setelah itu, lepaskan tralis pelindung bagian belakang dengan membuka baut penguncinya
  • Siapkan air dan sabun cuci piring, kemudian cucilah sampai bersih semua bagian-bagian yang telah dilepas
  • Setelah dicuci, jemurlah atau biarkan sampai benar-benar kering
  • Sambil menunggu kering, bersihkan cover mesin, batang penyangga, kontrol panel, dan bagian lainnya menggunakan kain lap. Agar lebih besih, kain lap bisa dibasahin sedikit
  • Setelah seluruh bagian yang dicuci mengering, pasang kembali sesuai urutannya
  • Mulailah dengan memasang tralis belakang, baling-baling, kemudian tralis depan. Pastikan semua bagian terpasang dengan benar dan tidak terbalik
  • Setelah semua terpasang, cobalah hidupkan kipas angin dan rasakan kesejukannya
Baca Lainnya :  Cara Menggunakan Spray Gun Elektrik

B. Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Dibongkar

Jika tidak banyak waktu untuk melakukan perawatan, kita juga bisa membersihkan kipas angin tanpa dibongkar. Ada beberapa alat yang bisa digunakan, seperti blower, hair dryer, vacum cleaner, botol semprot, atau kompresor angin. Adapun caranya yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan Blower

Blower bisa digunakan untuk membersihkan kipas angin. Caranya yaitu membawa kipas angin ke luar ruangan, lalu nyalakan blower untuk meniup dan merontokan debu pada kipas angin.

Meskipun bisa digunakan, namun cara ini kurang efektif jika kondisi debu sudah terlalu tebal. Untuk itu, jika ingin membersihkan kipas angin menggunakan blower, sebaiknya jangan tunggu sampai debu menumpuk tebal pada kipas.

2. Menggunakan Hair Dryer

Medode berikutnya adalah menggunakan hair dryer. Kita bisa menggunakan hair dryer pada suhu udara yang paling dingin untuk membersihkan kipas angin tanpa harus dibongkar.

Caranya yaitu nyalakan hair dryer pada jarak sekitar 15 cm dari kipas angin. Arahkan tiupan hair dryer pada bagian-bagian kipas angin yang berdebu. Sama halnya dengan blower, alat ini tidak bisa menghilangkan debu yang sudah menumpuk terlalu tebal.

Baca Lainnya :  Cara Menggunakan Mesin Cuci 1 Tabung

3. Menggunakan Vacuum Cleaner

Selain blower dan hair dryer, kita juga bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan kipas angin yang berdebu tanpa harus membongkarnya. Langkah-langkah masih sama, yaitu dengan membawa kipas angin keluar ruangan.

Kemudian nyalakan vacuum cleaner untuk menyedot debu-debu yang menempel pada kipas angin. Arahkan pada bagian-bagian kipas angin yang berpotensi sebagai tempat menumpuknya debu.

4. Menggunakan Cairan Cuka, Baking Soda, dan Sunlight

Metode membersihkan kipas angin selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan khusus yang terbuat dari campuran cuka, baking soda, dan sunlight.

Untuk membuat cairannya, masukan kira-kira setengah gelas cuka, 3 sendok makan baking soda, dan 2 sendok makan sunlight ke dalam botol semprot, kemudian kocok sampai merata.

Setelah itu, semprotkan cairan ke bagian-bagian kipasangin yang berdebu. Setelah itu, bungkus kipas angin dengan kantong plastik besar dan nyalakan dengan kecepatan tertinggi selama kurang lebih 5 menit.

5. Menggunakan Kompresor Angin

Jika memiliki kompresor angin, kita bisa menggunakannya untuk membersihkan kipas angin dengan mudah. Dibandingkan dengan metode-metode sebelumnya, cara ini paling efektif karena semprotan angin kompresor sangat kuat.

Bawalah kipas angin ke luar ruangan, kemudian sambungkan selang kompresor dengan air duster. Setelah itu, arahkan air duster dan semprotkan pada bagian-bagian kipas angin yang banyak debunya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membersihkan kipas angin yang benar. Pilihlah metode yang dianggap paling mudah dilakukan. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top