Home » Tehnik » Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung

Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung

cara+memperbaiki+kipas+angin+berdengung
Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung

Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung – Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada kipas angin adalah bunyi berdengung. Jika kipas angin hanya mendengung ketika dihidupkan, sebaiknya hentikan pemakaian dan segera diperbaiki. Nah, pada artikel ini akan dibahas tentang bagaimana cara memperbaiki kipas angin berdengung.

Permasalahan kipas angin yang mendengung dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya yaitu kerusakan pada bagian kapasitor. Namun bisa juga disebabkan oleh faktor lainnya, seperti as motoran kotor atau kerusakan bearing. Untuk itu, jika ingin memperbaiki kipas angin berdengung, langkah pertama adalah mencari tahu titik permasalahannya.

Pada umumnya, kipas angin yang berbunyi mendengung masih biasa berputar jika dibantu dengan tangan. Namun ada juga yang tidak bisa berputar sama sekali. Jika masih bisa berputar, berarti penyebabnya adalah kapasitor lemah. Tetapi jika tidak berputar sama sekali berarti disebakan oleh yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung

Masalah kipas angin yang hanya mendengung, sebenarnya masih bisa diperbaiki selama bukan dinamo kipas angin yang terbakar. Nah, berikut merupakan beberapa penyebab kerusakan kipas angin hanya berdengung dan cara mengatasinya.

1. Kapasitor Rusak

Salah satu penyebab paling umum jika kipas angin hanya mendengung adalah kapasitor rusak atau resistansinya menurun. Hal ini biasanya karena penggunaan kipas angin yang sudah lama. Sehingga kapasitor tidak dapat menyimpan muatan listrik dengan baik.

Baca Lainnya :   Bagian-Bagian Mata Bor Dan Fungsinya

Kapasitor yang telah rusak bisa dilihat dari bentuknya yang menggembung atau meleleh. Namun ada juga yang masih utuh, tetapi nilai resistansinya menurun. Untuk melakukan pengecekan nilai resistansi kapasitor, yaitu dengan menggunakan multitester.

Caranya yaitu dengan mengatur knop multitester pada hambatan (ohm) skala X10K. Kemudian tempelkan kedua kabel probe pada kedua terminal kapasitor. Jika jarum multitester bergerak kekanan dan kembali lagi, maka kapasitor masih bagus. Tetapi jika jarum multitester bergerak kekanan dan tidak kembali atau tidak bergerak sama sekali, maka tandanya kapasitor sudah rusak.

Untuk mengganti kapasitor yang rusak, carilah yang nilai resistansi yang sama. Nilai resistansi kapasitor kipas angin umumnya diantara 1 μF sampai 2,5 μF. Janganlah mengganti kapasitor dengan nilai resistansi yang berbeda, karena dapat menimbulkan permasalahan baru seperti dinamo cepat panas atau putaran kipas angin pelan.

2. Bearing Rusak

Kipas angin yang mendengung juga dapat disebabkan oleh bearing yang kering atau rusak. Kondisi bearing kipas angin rusak dapat ditandai oleh putaran baling-baling seret atau tidak dapat berputar sama sekali.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, lakukanlah pelumasan pada bearing dengan oli atau stempet. Jika setelah diberi pelumas masih macet, maka sebaiknya ganti dengan yang baru.

3. As Motoran Kotor

Debu yang terhisap ke dalam dinamo dapat menyebabkan as motoran kotor. Sehingga mengakibatkan putaran as motoran menjadi seret. Jika as motoran seret, maka kipas angin tidak dapat berputar dan hanya bunyi mendengung ketika dinyalakan.

Baca Lainnya :   Jenis-Jenis Sekrup Dan Fungsinya

Untuk itu, bersihkanlah kipas angin secara rutin agar komponen-komponennya dapat bekerja secara maksimal. Selain menjaga dari berbagai kerusakan yang mungkin terjadi, kipas angin yang bersih juga menghasilkan angin yang lebih sejuk.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab dan cara memperbaiki kipas angin berdengung. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top