Home » Tehnik » Cara Memperbaiki Suara Pompa Air Kasar

Cara Memperbaiki Suara Pompa Air Kasar

cara+memperbaiki+suara+pompa+air+berisik
Cara Memperbaiki Suara Pompa Air Berisik

Cara Memperbaiki Suara Pompa Air Kasar – Ketika menghidupkan mesin pompa air dan terdengar suara kasar atau berisik, artinya terdapat masalah pada pompa air tersebut. Pompa air yang berbunyi kasar merupakan masalah ringan yang dapat diperbaiki. Namun dapat menjadi fatal jika dibiarkan saja. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang bagaimana cara memperbaiki suara pompa air yang kasar.

Untuk memperbaiki pompa air yang bersuara kasar, kita harus cermat dalam menngamati dari mana suara berasal. Karena masalah seperti ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kipas pendingin terlepas, bearing yang sudah rusak, atau hal lainnya.

Untuk itu, jika pompa air yang kita miliki memiliki suara kasar, sebaiknya segera diperbaiki agar tidak menjalar ke masalah yang lebih serius. Lalu apa saja penyebab pompa air mengeluarkan kasar? Silahkan simak penjelasan berikut ini mengenai hal apa saja yang menjadi penyebab mesin pompa air mengeluarkan suara kasar dan cara memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Suara Pompa Air Kasar

Pompa yang kondisinya masih baru, umumnya akan mengeluarkan suara kasar karena daya kevakuman masih rendah. Namun, hal seperti itu umumnya berlangsung tidak lama. Karena ketika volume air menempati ruang pompa, tekanan air akan meningkat dan suara kasar akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika suara kasar yang terdengar tak kunjung hilang, maka kita harus mengecek beberapa bagian yang kemungkinan menjadi penyebabnya.

Baca Lainnya :   Pencegahan Kecelakaan Kerja Alat-Alat Listrik

1. Kipas Pendingin Lepas

Kipas pendingin merupakan komponen mesin pompa air yang terletak pada elektromotor. Pompa air yang sudah lama digunakan, biasanya lubang kipas pendingin mulai longgar, sehingga mengakibatkan kipas pendingin terlepas dari porosnya. Ketika pompa air dihidupkan, maka kipas akan terpental kesana kemari dan menghasilkan bunyi berisik.

Untuk itu, jika pompa air mulai bersuara kasar, periksalah bagian kipas pendingin dengan cara membuka cover pelindungnya. Jika menjumpai kondisi kipas goyang atau terlepas, segeralah diperbaiki agar dapat berputar secara normal. Namun, jika kondisi kipas pendingin rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru.

2. Impeller Menyentuh Dinding Ruang Pompa

Pompa air yang mengeluarkan suara kasar juga dapat disebabkan oleh impeller yang bersentuhan dengan dinding ruang pompa. Hal ini biasanya disebabkan oleh ring penahan mekanikal seal rusak atau o-ring cover impeller menipis. Jika kedua hal tersebut terjadi, maka ruang pompa akan menyempit. Akibatnya, impeller akan bergesekan dengan dinding ruang pompa dan menghasilkan suara kasar.

Untuk memperbaiki pompa air bersuara kasar yang diakibatkan oleh masalah seperti ini, kita harus membuka ruang pompa dan mencari tahu penyebabnya. Jika ring penahan mekanikal seal atau o-ring cover impeller telah rusak, gantilah dengan yang baru.

3. Bearing Rusak

Pada umumnya, pomap air memiliki dua buah bearing yang terletak pada tiap-tiap ujung poros elektromotor. Bearing ini berfungsi sebagai tumpuan berputarnya rotor. Jika bearing rusak, maka putaran rotor tidak stabil dan akan bergesekan dengan stator. Jika rotor bersentuhan dengan stator, maka akan menghasilkan bunyi kasar karena adanya gesekan. Jika bearing rusak dibiarkan begitu saja, maka dapat mengakibatkan elektromotor terbakar.

Baca Lainnya :   Macam-Macam Power Tools Beserta Fungsinya

Untuk itu, jika pompa air mengeluarkan suara berisik, periksa juga kondisi bearing. Untuk melakukan pengecekan bearing, kita harus membongkar seluruh komponen pompa air. Untuk melakukan pembongkaran pompa air, sebenarnya tidak begitu sulit. Namun, jika ragu untuk melakukannya, silahkan bawa ke jasa servis pompa air terdekat.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memperbaiki suara pompa air kasar atau berisik. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top