Home » Cara Pasang Kapasitor Pompa Air Listrik

Cara Pasang Kapasitor Pompa Air Listrik

cara+pasang+kapasitor+pompa+air+listrik
Cara Pasang Kapasitor Pompa Air

Cara Pasang Kapasitor Pompa Air Listrik – Salah satu komponen penting yang terdapat pada pompa air listrik adalah kapasitor. Mesin pompa air tidak bisa hidup tanpa adanya kapasitor. Oleh sebab itu, jika kapasitor rusak, maka harus diganti. Lalu, bagaimana cara pasang kapasitor pada pompa air listrik?

Kapasitor pada pompa air berfungsi sebagai penyimpan energi listrik yang digunakan untuk membantu putaran awal elektromotor ketika menghidupkan mesin pompa air. Setelah pompa air hidup, maka kapasitor akan terputus secara otomatis dengan energi listrik.

Kerusakan kapasitor merupakan hal umum yang sering terjadi pada pompa air. Salah satu tanda kapasitor rusak adalah elektromotor tidak berputar, biasanya hanya bunyi mendengung ketika menghidupkan pompa air. Jika terjadi gejala seperti ini, sebaiknya langsung mencabut kabel pompa air dari sumber listrik. Karena jika dibiarkan dapat mengakibatkan kerusakan elektromotor.

Secara umum, terdapat dua jenis kerusakan pada kapasitor pompa air. yaitu kapasitor lemah dan kapasitor terbakar. jika kapasitor lemah, maka mesin pompa air hanya mendengung ketika dihidupkan. Sedangkan jika kapasitor terbakar, maka mesin pompa air tidak bisa hidup sama sekali.

Cek Apakah Kapasitor Masih Bagus Atau Tidak?

Untuk mengetahui apakah kapasitor pompa air masih bagus atau tidak, kita dapat menggunakan multitester untuk mengeceknya. Caranya yaitu melepaskan kapasitor dari pompa air. Setelah itu, setting multitester pada posisi ohm, kemudian tempelkan kedua ujung probe multitester secara bersamaan pada kedua terminal kapasitor.

Baca Lainnya :   Cara Memasang Saklar Bor Bolak-Balik

Jika jarum multitester bergerak ke kanan dan langsung kembali ke kiri, maka kapasitor masih dalam keadaaan bagus. Namun, jika jarum multitester tidak bergerak sama sekali atau bergerak ke kanan tetapi tidak kembali lagi, maka tandanya kapasitor telah rusak.

Pompa air yang mengalami kerusakan pada kapasitor harus segera diganti dengan yang baru. Sebelum menggantinya, perhatikan dengan benar ukuran kapasitornya. Gantilah sesuai dengan ukuran yang sama tertera. Penggantian kapasitor dengan ukuran berbeda, dapat mengakibatkan kerusakan pada elektromotor.

Dalam melakukan penggantian kapasitor, kita jug harus memperhatikan penyambungan jalur kabelnya. Janganlah berpatokan dengan warna kabelnya, karena setiap kapasitor memiliki warna jalur kabel yang berbeda-beda. Nah, berikut merupakan langkah-langkah pemasangan jalur kabel kapasitor pada pompa air.

Cara Pasang Kapasitor Pompa Air Listrik

Pada umumnya, elektromotor mesin pompa air memiliki jenis gulungan 1 phase. Oleh karena itu, kabel yang keluar dari elektromotor memiliki tiga jalur. Untuk itu, ketika memasang kapasitor pada pompa air harus benar-benar diperhatikan. Nah, berikut merupakan langkah-langkah cara memasang kapasitor pompa air yang benar.

1. Sebelum melepaskan kapasitor pada pompa air, perhatikan jalur kabelnya dengan baik. Untuk menghindari lupa, sebaiknya di ambil gambarnya terlebih dahulu (di foto).

2. Lepaskan kapasitor dari tempatnya. Kemudian lepaskan jalur kabel yang terhubung dengan kapasitor dengan cara membuka pelindung kabel yang membungkusnya.

Baca Lainnya :   Cara Memperbaiki Suara Pompa Air Kasar

3. Pasang kapasitor yang baru dengan melihat rangkaian jalur kabel yang telah di foto tadi. Setelah itu, bungkus kembali dengan pelindungnya atau dengan isolatip. Untuk menyambung kabel dengan terminal kapasitor bisa bolak-balik (bebas).

4. Setelah semua terpasang dengan benar, cobalah hidupkan mesin pompa air apakah hidup atau tidak. Jika mesin pompa air hidup, maka pemasangan berhasil.

Demikianlah pembahasan mengenai cara pasang kapasitor pada pompa air listrik. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top