Home » Tehnik » Jenis-Jenis Kipas Angin Dan Fungsinya

Jenis-Jenis Kipas Angin Dan Fungsinya

jenis+jenis+kipas+angin
Jenis-Jenis Kipas Angin

Jenis-Jenis Kipas Angin – Kipas angin merupakan suatu alat yang dapat menghembuskan angin dengan menggunakan sumber energi listrik. Kipas angin memiliki beberapa jenis dengan berbagai macam fungsi. Pada artikel ini akan dibahas tentang apa saja nama jenis-jenis kipas angin dan fungsinya.

Jika dibandingkan dengan AC, kipas angin lebih hemat listrik. Selain itu, perawatannya juga lebih mudah. Nah, sebelum mengetahui jenis-jenisnya, sebaiknya kita ketahui dulu apa saja manfaat kipas angin. Daintara manfaat kipas angin yaitu:

  • Menghasilkan udara yang sejuk
  • Sebagai penyegar udara di sekitarnya
  • Menurunkan suhu ruangan
  • Sebagai media sirkulasi udara di dalam ruangan
  • Mengeringkan ruangan yang basah

Nah, bagi yang sedang mencari kipas angin untuk rumah, masjid, atau perkantoran, berikut akan disajikan informasi mengenai jenis-jenis kipas angin dan fungsinya masing-masing.

Jenis-Jenis Kipas Angin Dan Fungsinya

Terdapat berbagai jenis kipas angin dengan beragam model besar kecil yang telah disesuikan menurut kebutuhannya. Diantaranya jenis-jenis kipas angin antara lain kipas angin dinding, kipas angin gantung, kipas angin berdiri, kipas angin model AC, dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

1. Kipas Angin Meja (Desk And Table Fan)

Kipas angin meja merupakan jenis kipas angin yang penggunannya diletakan di atas meja. Kipas angin ini umumnya berbentuk kecil dan memiliki penyangga yang pendek, serta beberapa tombol panel kontrol. Kipas angin ini merupakan jenis kipas angin portable yang mudah dipindahkan ke mana saja.

Baca Lainnya :   Ukuran Carbon Brush Mesin Gerinda Tangan

2. Kipas Angin Duduk (Floor Fan)

Kipas angin duduk merupakan model kipas angin yang tidak memiliki penyangga. Biasanya berbentuk kotak dan sering diletakan di lantai. Sehingga, jenis kipas angin ini disebut juga dengan kipas angin lantai.

3. Kipas Angin Berdiri (Standing Fan)

Dinamakan kipas angin berdiri karena memiliki batang penyangga yang cukup tinggi. Batang penyangga tersebut dapat di atur tinggi rendahnya sesuai keperluan. Pada umumnya, kipas angin ini diletakan di ruangan yang tidak begitu luas, seperti kamar, ruang tv, dan lainnya.

4. Kipas Angin Dinding (Wall Fan)

Kipas angin dinding atau kipas angin gantung merupakan kipas angin yang pemasangannya di tempelkan di dinding. Meskipun begitu, kipas angin ini masih tergolong jenis portable. Karena masih dapat dipindahkan dengan memindah letak gantungannya pada dinding-dinding yang dinginkan.

5. Kipas Angin Langit-Langit (Ceilling Fan)

Sedikit berbeda dengan kipas angin lainnya, kipas angin langit-langit merupakan kipas angin permanen dan tidak mudah untuk dipindah-pindahkan. Karena umumnya ditempelkan di atas langin-langit rumah. Dengan baling-baling yang cukup besar, kipas ini mampu menghembuskan angin di dalam satu ruangan.

6. Kipas Angin Ventilasi (Exhouse Fan)

Exhouse dan merupakan kipas angin permanen yang tertanam di dinding. Fungsi kipas angin ini yaitu sebagia ventilasi atau tempat pertukaran udara dari dalam ke luar atau sebaliknya. Oleh sebab itulah kipas angin ventilasi ini memiliki dua putaran arah yang berbeda.

Baca Lainnya :   Cara Service Genset Agar Performa Tetap Optimal

7. Kipas Angin Mini Portable

Kipas angin mini adalah kipas angin yang memiliki bentuk kecil dan penggunaannya dipegang dengan tangan. Umumnya, kipas angin ini menggunakan batere yang bisa di charging (isi ulang). Karena bentuknya yang kecil, kipas angin ini biasanya hanya digunkan untuk satu orang saja. Kipas angin ini sangat praktis dan dapat dibawa bepergian kemana saja.

8. Kipas Angin Air Cooler

Seiring berkembangnya tehnologi, ada juga jenis kipas angin yang dapat menyemburkan percikan air ketika dihidupkan. Kipas angin ini dinamakan kipas angin air cooler (model AC). Kipas angin ini memiliki tabung yang dapat diisi dengan air dingin. Sehingga angin yang dihasilkan lebih sejuk seperti AC.

9. Kipas Angin Multifungsi

Kipas angin multifungsi merupakan perpaduan desain antara kipas angin duduk, kipas angin berdiri dan kipas angin gantung. Sehingga kilas angin jenis ini dapat difungsikan di meja, lantai atau pun digantung di dinding yang diinginkan.

Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis kipas angin dan fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top