Home » Tehnik » Jenis-Jenis Obeng Dan Fungsinya

Jenis-Jenis Obeng Dan Fungsinya

jenis+jenis+obeng
Jenis-Jenis Obeng

Jenis-Jenis Obeng Dan Fungsinya – Obeng adalah sebuah alat yang digunakan untuk memutar sekrup. Dalam penggunaannya, terdapat berbagai macam jenis obeng yang telah disesuaikan dengan fungsinya. Berikut akan dibahas tentang apa saja jenis-jenis obeng dan fungsinya.

Baik di dunia otomotif maupun elektrik, fungsi obeng secara umum adalah untuk mengencangkan dan mengendurkan sekrup. Didasari oleh bentuk kepala sekrup yang beraneka ragam, terciptalah berbagai jenis obeng untuk memutarnya.

Meskipun memiliki berbagai jenis, namun seluruh jenis obeng umumnya terdiri atas tiga bagian utama, yakni mata (ujung obeng), pegangan, dan batangnya. Nah, berikut merupakan jenis-jenis obeng yagn perlu kita ketahui beserta fungsinya masing-masing.

Jenis-Jenis Obeng Dan Fungsinya

1. Obeng Plus

Obeng plus sering disebut juga obeng kembang, yakni jenis obeng yang memiliki mata berbentuk seperti tanda plus (+). Fungsi obeng plus adalah untuk mengencangkan dan mengendurkan sekrup yang kepalanya berbentuk plus.

Obeng plus memiliki banyak ukuran dari kecil sampai besar. Selain itu, ujung matanya ada yang runcing dan ada yang tumpul. Jadi, sesuaikanlah dalam penggunaannya.

2. Obeng Minus

Obeng minus atau yang sering disebut dengan obeng pipih merupakan jenis obeng yang memiliki mata berbentuk pipih mirip tanda minus (-). Fungsi obeng minus adalah untuk mengencangkan dan mengendurkan sekrup yang kepalanya berbentuk minus.

Selain itu, obeng pipih juga dapat digunakan untuk mengungkit atau mencongkel celah-celah bagian yang sempit. Obeng ini memiliki berbagai ukuran, mulai dari yang kecil hingga yang besar.

3. Obeng Ratchet

Obeng rachet merupakan jenis obeng yang bentuknya mirip pistol dengan mata sekrup yang dimilikinya cukup bervariasi, dari yang bentuknya silang, pipih, atau shock. Fungsinya obeng ratchet adalah untuk mengencangkan baut secara satu arah.

Baca Lainnya :  Panduan Service Power Tools

Salah satu kelebihan obeng ratchet yaitu memiliki pengaturan serta pemasangan mata sekrup dapat dilakukan dengan mudah meskipun bagian penyetelannya cepat aus.

4. Obeng Fleksibel

Obeng fleksibel merupakan jensi obeng yang bentuknya menyerupai pulpen dan memiliki mata sekrup berbentuk pipih dan silang yang dapat dipasang dibolak-balik. Sehingga obeng ini dapat memutar kepala sekrup dengan dua bentuk sekaligus.

Jenis obeng ini umumnya memiliki desain yang sederhana, sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Namun, kekurangan dari obeng fleksibel yaitu bagian penjepitnya yang mudah aus, sehingga mata obengnya sering terlepas saat digunakan.

5. Obeng Elektrik

Obeng elektrik memiliki bentuk mirip dengan obeng ratchet. Namun, jenis obeng ini ditenagai oleh baterai, sehingga tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk memakainya. Cukup dengan menekan tombol power, maka mata obeng akan berputar secara otomatis.

Sama halnya dengan obeng ratchet, obeng ini memiliki dua jenis mata sekrup (plus dan minus) yang dapat dipasang dan dilepas dengan mudah.

6. Obeng Magnet

Obeng magnet merupakan obeng yang memiliki magnet pada mata obengnya. Penggunaan obeng magnet sangat memudahkan dalam proses mengencangkan dan mengendurkan sekrup, karena sekrupnya langsung menempel pada mata obeng.

Obeng magnet memiliki dua ukuran, yakni panjang dan pendek. Ukuran yang panjang biasanya memiliki gagang karet, sehingga tidak mudah lepas. Sedangkan, obeng berbadan pendek digunakan untuk meraih objek yang susah dijangkau.

7. Obeng Tespen

Obeng tespen merupakan jenis obeng yang sering digunakan pada proses perbaikan listrik. Bentuk mata obeng ini memiliki ujung berbentuk pipih atau minus. Kelebihan dari obeng tespen adalah akan menyala jika disentuhkan pada benda yang memiliki aliran listrik.

Baca Lainnya :  Cara Memasang AVR Pada Mesin Genset

8. Obeng Ketok

Obeng ketok merupakan jenis obeng yang cara penggunaannya dengan cara diketok atau dipukul dengan palu. Jenis obeng ini umumnya digunakan untuk melepas atau mengencangkan sekrup yang memiliki torsi tinggi.

Cara menggunakan obeng ketok yaitu dengan memutar kearah pengencangan atau pengendoran sampai mentok, kemudian obeng tetap ditahan dan gagangnya dipukul dengan palu.

9. Obeng Gagang Stabil

Bentuk obeng gagang stabil merupakan jenis obeng berbentuk menyerupai huruf T. Obeng ini umumnya memiliki tiga jenis mata sekrup, yakni silang, pipih, dan sok. Gagang obeng ini terbuat dari bahan plastik, tetapi badannya dari besi yang telah dilapisi chrome vanadium.

Penggunaan obeng gagang stabil sangat memudahkan penggunanya karena memiliki pegangan yang kokoh. Selain itu, terdapat anti slip yang terbuat dari karet pada pegangannya. Dan umumnya terdapat lapisan insulasi yang berfungsi untuk meminimalisir adanya aliran listrik.

10. Obeng Aksesori

Obeng aksesori merupakan obeng set yang digunakan khusus untuk memutar sekrup pada peralatan aksesori, seperti handphone dan jam tangan. Obeng jenis ini memiliki berbagai macam mata obeng dengan bentuk yang bervariasi.

Gagang pada obeng aksesori umumnya terbuat dari plastik, sehingga mudah retak jika digunakan pada objek yang keras. Oleh sebab itu, berhati-hatilah saat menggunakan obeng ini.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis obeng dan fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top