Home » Perbedaan Spray Gun HVLP Dan LVLP

Perbedaan Spray Gun HVLP Dan LVLP

perbedaan+spray+gun+hvlp+dan+lvlp
Spray Gun HVLP Dan LVLP

Perbedaan Spray Gun HVLP Dan LVLP – Spray gun merupakan alat yang sering digunakan dalam pekerjaan pengecatan. Alat ini berfungsi untuk mengantomisasi bahan cat menjadi butiran-butiran halus yang dibantu oleh angin bertekanan.

Dengan berkembangnya tehnologi yang semakin pesat, kini tersedia spray gun dengan teknologi HVLP dan LVLP. Kedua jenis spray gun tersebut mampu menghasilkan semprotan cat yang lembut dengan tekanan angin yang kecil.

Meskipun sama-sama jenis spray gun yang membutuhkan tekanan udara bertekanan rendah, namun spray gun HVLP dan LVLP memiliki perbedaan pada penggunaan tingkat viskositas material catnya. Untuk mengetahui seperti apa perbedaannya, simak penjelasan berikut ini.

Perbedaan Spray Gun HVLP Dan LVLP

Spray Gun HVLP (High Volume Low Pressure)

Spray gun HVLP merupakan jenis spray gun yang didesain khusus untuk meningkatkan efisiensi material cat. Desain yangterdapat pada spray gun HVLP telah dirancang untuk dapat menghasilkan atomisasi yang baik dengan tekanan udara yang rendah.

Tekanan angin yang digunakan pada spray gun HVLP hanya sekitar 2.0 bar. Berbeda dengan jenis spray gun jenis konvensional yang membutuhkan tekanan angin minimal sekitar 3.0 bar. Namun, untuk melakukan atomisasi memerlukan aliran udara tekan yang lebih banyak.

Tingkat kerekatan material dengan menggunakan spray gun HLVP lebih baik pada permukaan benda. Namun, salah satu kelemahan yang dimiliki oleh spray gun yaitu kecepatan pekerjaan yang relatif rendah dan tidak dapat digunakan untuk material dengan viskositas tinggi.

Baca Lainnya :   Jenis-Jenis Spray Gun Untuk Finishing

Oleh sebab itu, spray gun HVLP biasanya hanya dipakai untuk aplikasi stain dan glazewood pada pekerjaan wood finishing. Selain itu, spray gun ini juga bisa digunakan untuk aplikasi sealer, top coat, base coat atau primer dengan batasan viskositas yang tidak terlalu tinggi.

Spray Gun LVLP (Low Volume Low Pressure)

Spray gun LVLP merupakan jenis spray gun pengembangan dari spray gun HVLP. Unutk melakukan atomisasi, spray gun ini juga hanya membutuhkan tekanan udara yang rendah. Sedangkan untuk kecepatan kerjanya juga tidak jauh berbeda dengan HVLP.

Namun, spray gun LVLP ini mampu bekerja dengan viskositas material yang tinggi dibanding spray gun HVLP. Oleh sebab itu, spray gun ini dapat dipakai pada semua bahan auto refinish sealer, top coat, base coat serta epoxy.

Demikianlah pembahasan mengenai spray gun HVLP dan LVLP. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top