Home » Tehnik » Cara Menggunakan Spray Gun Elektrik

Cara Menggunakan Spray Gun Elektrik

cara+menggunakan+spray+gun+elektrik
Cara Menggunakan Spray Gun Elektrik

Cara Menggunakan Spray Gun Elektrik – Spray gun elektrik merupakan salah satu jenis spray gun yang menggunakan energi listrik. Penggunaan spray gun ini sangat praktis, karena cukup menghubungkan ke sumber listrik dan sudah siap untuk digunakan.

Secara umum, spray gun berfungsi sebagai alat pengecatan. Banyak yang menggunakan spray gun untuk mengecat body motor dan mobil. Pada jenis spray gun konvensional, membutuhkan angin bertekanan untuk mengoperasikannya.

Namun, kini telah hadir jenis spray gun yang jauh lebih praktis, yakni spray gun elektrik. Spray gun ini dilengkapi dengan mesin penghasil tekanan angin yang langsung menyatu di dalamnya.

Kelebihan Menggunakan Spray Gun Elektrik

Selain penggunaanya yang praktis, spray gun elektrik juga dapat dikatakan hemat listrik, karena hanya menggunakan daya listrik sekitar 400 watt. Nah, sebelum mencoba menggunakan spray gun elektrik, sebaiknya kita ketahui dulu keunggulannya. Diantara kelebihan dari spray gun elektrik yaitu:

Hemat Daya Listrik

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa spray gun elektrik menggunakan daya listrik yang relatif kecil. Jadi tidak perlu khawatir akan tagihan listrik yang membengkak ketika menggunakannya. Meskipun begitu, tekanan angin yang dihasilkan cukup besar untuk melakukan penyemprotan cat.

Hasil Pengecatan Halus

Semburan cat yang dihasilkan sprayer gun elektrik sangat halus. Sehingga dapat memperoleh hasil pengecatan yang maksimal. Selain itu, sprayer listrik ini juga dilengkapi dengan adanya filter udara yang dapat mencegah kotoran masuk ke dalam spray gun.

Baca Lainnya :   Cara Memasang Saklar Mesin Gerinda

Suara Mesin Tidak Bising

Suara yang keluar dari mesin spray elektrik tidak membuat kebisingan. Hal itu dikarenakan spray gun ini terbuat dari bahan berkualitas yang dapat meredam kebisingan.

Memiliki Pengatur Volume Cat

Sama halnya sprayer gun cat lainnya, spray gun ini juga dilengkapi dengan adanya pengatur volume cat. Sehingga tidak perlu khawatir jika hasil pengecatan akan terlalu tebal atau tipis. Kita dapat mengatur volume cat sesuai kebutuhan.

Hasil Rekatan Cat Sempurna

Hasil pengecatan menggunakan spray gun elektrik ini sangat bagus. Kita tidak perlu khawatir jika hasil pengecatan kasar atau cat tidak bisa merekat dengan sempurna. Karena hasil pengecatan menggunakan spray gun elektrik sangat halus dan merekat dengan sempurna.

Cara Menggunakan Spray Gun Elektrik

Spray gun elektrik dapat digunakan untuk pekerjaan pengecatan apa saja. Seperti pengecatan furniture, body mobil, teralis pagar, hingga tembok.

Namun, sebelum menggunakan spray gun elektrik ini, pastikan terdapat sumber listrik yang mudah dijangkau. Adapun cara menggunakan spray gun elektrik adalah sebagai berikut:

  • Pastikan spray gun dalam kondisi normal, tidak rusak
  • Sediakan cat yang akan digunakan, kemudian aduk secara merata, lalu masukan ke dalam tabung cat secukupnya
  • Pasang tabung ke spray gun dan kencangkan mur penguncinya
  • Tancapkan kabel power spray gun ke sumber listrik yang tersedia
  • Arahkan spray gun ke benda kerja, kemudian tekan tuas spray gun untuk memulai percobaan pengecatan
  • Jika hasil semprotan kurang pas, sesuaikan knop pengaturan yang tersedia
  • Setelah settingan pas, lakukan pengecatan dengan benar
  • Setelah selesai, segera bersihkan spray gun dan simpan ditempat yang aman
Baca Lainnya :   Cara Mengatasi Genset Bensin Susah Hidup

Demikianlah informasi mengenai bagaimana cara menggunakan spray gun elektrik yang benar. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top