Home » Tehnik » Cara Mengatasi Genset Bensin Susah Hidup

Cara Mengatasi Genset Bensin Susah Hidup

cara+mengatasi+genset+bensin+susah+hidup
Cara Mengatasi Genset Bensin Susah Hidup

Cara Mengatasi Genset Bensin Susah Hidup – Genset bensin merupakan mesin yang menggunakan bahan bakar bensin. Genset bensin banyak diminati karena lebih ramah lingkungan. Meskipun begitu, tak sedikit yang mengalami masalah dalam penggunaannya. Salah satu masalah yang sering terjadi pada genset bensin yaitu susah dihidupkan.

Mengatasi genset bensin yang tidak mau hidup sebenarnya tidak begitu sulit. Karena penyebab masalah tersebut biasanya karena tidak pernah dipanaskan ketika disimpan dalam waktu yang lama. Selain itu, penggunaan yang salah juga dapat menyebabkan genset bensin susah dihidupkan.

Bagi yang mengalami masalah pada genset bensin dan tidak tahu cara memperbaikinya, silahkah simak pembahasan berikut ini mengenai penyebab dan cara mengatasi genset bensin susah hidup.

Cara Mengatasi Genset Bensin Susah Hidup

Berikut merupakan beberapa penyebab mesin genset bensin tidak mau hidup dan cara mengatasinya.

1. Periksa Ketersediaan Bahan Bakar

Ketika genset bensin susah hidup, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa ketersediaan bahan bakar. Penyebab yang satu ini sangat sering diabaikan, sehingga jarang yang menyadarinya kalau bahan bakar telah habis ketika mesin genset tidak mau hidup.

Nah, sebelum menghidupkan mesin genset, periksalah kapasitas bahan bakar (bensin) pada tangki. Jika bahan bakar mencukupi, periksa juga apakah kran bensin dalam terbuka atau tertutup. Pastikan bahan bakar mencukupi dan mampu mengalir ke karburator secara normal.

Baca Lainnya :  Cara Mengganti Saklar Mesin Bor Listrik

2. Periksa Kondisi Busi

Penyebab kedua dari genset bensin susah hidup adalah busi menjadi hitam dan berkerak karena salah dalam penggunaannya. Bahkan, dalam beberapa kasus yang terjadi busi menjadi mati (tidak keluar percikan api).

Untuk mengatasi masalah seperti ini, bersihkanlah bagian busi yang hitam dan berkerak. Cara yaitu dengan melepas busi dari lubangnya, kemudian bersihkan dengan sikat kawat sampai bersih.

Sebelum memasang busi, pastikan dilakukan pengecekan terlebih dahulu apakah busi nyala atau tidak. Jika busi tidak nyala, maka gantilah dengan busi baru.

3. Periksa Saklar Dan Kabel Massa

Penyebab selanjutnya dari genset bensin susah hidup adalah saklar tidak berfungsi atau kabel massa terkelupas dan menempel pada bodi mesin. Saklar yang tidak berfungsi biasanya karena terjadi korosi pada terminalnya. Sedangkan kabel massa yang terkelupas biasanya digigit oleh tikus.

Jika mengalami masalah genset tidak mau hidup, periksalah kondisi kabel massa mulai dari CDI sampai tombol saklar. Jika menemukan kabel yang terkelupas, sambunglah kembali dan bungkus dengan isolatip. Jika menemukan terminal saklar korosi, gantilah dengan tombol saklar yang baru.

Baca Lainnya :  Perbedaan Merk Maktec Dan Makita Power Tools

4. Bersihkan Karburator

Mesin genset yang jarang dipanasi akan mengakibatkan bahan bakar mengendap pada karburator. Endapan bahan bakar pada karburator dapat menyebabkan kinerja karburator tidak optimal. Akhirnya genset susah dihidupkan.

Untuk mengatasi karburator yang kotor akibat endapan bahan bakar, bersihkanlah karburator dengan membongkar seluruh bagiannya. Kemudian cuci dengan bensin sampai bersih. Pastikan seluruh celah-celah lubang terbebas dari kotoran. Setelah selesai, pasang kembali karburator pada tempatnya dan cobalah untuk menghidupkan genset.

5. Periksa Kompresi Mesin

Kompresi mesin sangat berpengaruh terhadap hidup dan tidaknya mesin genset. ketika genset susah dihidupkan, tidak ada salahnya untuk memeriksa kompresi mesin.

Cara melakukan pengecekan kompresi mesin yaitu dengan memutar mesin secara perlahan. Ketika putaran berhenti dan terdapat tekanan, maka tandanya kompresi masih bagus. Tetapi jika setelah putaran mesin berhenti dan tidak ada tekanan, maka dapat dipastikan kompresi bocor.

Untuk mengatasi kompresi mesin yang bocor, periksalah komponen-komponen seperti valve in-ex, piston ring, dan kondisi boring.

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi genset bensin susah hidup. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top