Home » Tehnik » Fungsi AVR Pada Mesin Genset

Fungsi AVR Pada Mesin Genset

fungsi+avr+genset
Fungsi AVR Genset

Fungsi AVR Pada Mesin Genset – Salah satu bagian mesin genset yang memiliki peranan penting pada jalur kelistrikan yaitu AVR. AVR adalah singkatan dari Automatic Voltage Regulator, merupakan bagian mesin genset yang berfungsi sebagai pengatur voltase listrik secara otomatis.

Mesin genset itu sendiri merupakan mesin pembangkit listrik. Mesin ini memiliki dua bagian utama, yakni mesin penggerak dan generator. Pada bagian generator inilah terdapat komponen yang bernama AVR.

Lalu, sebenarnya apa fungsi AVR yang terdapat pada mesin genset? Apa pengaruhnya jika AVR mengalami kerusakan?

Fungsi AVR Pada Mesin Genset

Fungsi utama AVR adalah mengatur keseimbangan listrik yang keluar dari generator. Dengan adanya AVR, maka listrik yang keluar dari genset akan selalu stabil. Selain itu, AVR juga berfungsi sebagai pengaman genset dari kerusakan ketika terjadi peningkatan maupun penurunan secara mendadak.

Umumnya, AVR hanya dimiliki oleh mesin genset dengan kapasitas di atas 2,5 (2.500 watt) Kva. Sementara itu, untuk genset yang memiliki kapasitas di bawah 2,5 Kva, menggunakan kapasitor sebagai penyetabil arus listriknya.

Pada mesin genset berkapasitas di atas 2,5 Kva, umumnya AVR ini terletak di dekat gulungan generator. AVR memiliki sebuah pengatur yang berfungsi untuk menyetel seberapa besar tegangan listrik yang akan dikeluarkan oleh generator. Untuk setelan normal AVR adalah 220 volt.

Baca Lainnya :   Bagian-Bagian Mesin Planer Dan Fungsinya

Apa yang akan terjadi jika AVR mesin genset rusak? Salah satu dampat yang ditimbulkan ketika AVR genset mengalami kerusakan adalah genset tidak akan mengeluarkan arus listrik. AVR yang rusak umumnyanya disebabkan oleh pemakaian daya listrik yang berlebihan melebihi kapasitas yang tertera pada mesin genset.

Hal lain yang dapat terjadi akibat dari AVR genset rusak yaitu voltase akan naik turun tidak beraturan. Jika AVR pada mesin genset telah rusak, maka langkah yang harus diambil adalah dengan mengganti AVR baru.

Dalam penggantian AVR, kita harus menggantinya sesuai dengan bentuk dan ukuran AVR yang akan diganti. Karena AVR pada mesin genset memiliki bentuk dan kapasitas yang berbeda-beda.

Demikianlah pembahasan mengenai apa fungsi AVR pada mesin genset. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top