Home » Pendidikan » Cara Menggambar Sungai Dan Pegunungan

Cara Menggambar Sungai Dan Pegunungan

cara+menggambar+sungai+dan+pegunungan
Menggambar Sungai Dan Pegunungan

Cara Menggambar Sungai Dan Pegunungan – Sungai dan pegunungan merupakan dua objek gambar yang selalu berdampingan. Pegunungan biasanya digambar dengan cara merangkai bukit yang satu dengan yang lainnya. Sedangkan untuk menambah keindahan sebuah lukisan, banyak yang menggambar aliran sungai di bawah kaki pegunungan tersebut.

Menggambar sungai dan pegunungan juga sering dilakukan oleh anak TK dan SD. Selain cara menggambarnya mudah, untuk mencari imajinasi gambar sungai dan pegunungan juga tidak begitu sulit. Sebagi contoh, berikut akan merupakan langkah demi langkah cara menggambar dan mewarnai lukisan aliran sungai dan pegunungan.

Langkah – Langkah Menggambar Sungai Dan Pegunungan

Adapun peralatan yang akan digunakan untuk menggambar sungai dan pegunungan yaitu kertas gambar, pensil, pengahapus, dan pewarna. Dan berikut langkah-langkahnya.

1. Gamabarlah sebuah gundukan bukit berukuran besar di sebelah kiri kertas gambar.

cara+menggambar+sungai+dan+pegunungan

2. Kemudian gambar juga gundukan bukit di sebelah kanannya dengan ukuran yang lebih kecil.

cara+menggambar+sungai+dan+pegunungan

3. Di atas gundukan kecil, gambar lagi gundukan-gundukan bukit yang saling bertumpuk. Sehingga di antara bukit sebelah kiri dan kanan akan terbentuk sebuah sungai yang bergelombang.

cara+menggambar+sungai+dan+pegunungan

4. Buatlah gundukan gunung besar yang menghubungkan antara bukit sebelah kiri dan kanan. Kemudian hiasi dengan gambar matahari dan awan untuk menambah keindahan gambar.

cara+menggambar+sungai+dan+pegunungan

5. Langkah selanjutnya yaitu mewarnai gambar sungai dan pegunungan. Untuk sungai bisa diwarnai dengan warna biru muda. Pegunungan bisa diwarnai dengan coklat muda dan coklat tua. Untuk matahari diwarnai dengan kuning dan awan bisa diwarani dengan abu-abu. Maka akan tampak gambar sungai dan pegunungan seperti di bawah ini.

cara+menggambar+sungai+dan+pegunungan

Demikianlah tutorial cara menggambar sungai dan pegunungan dengan mudah. Silahkan mencoba untuk bahan belajar menggambar. Semoga bermanfaat.

Baca Lainnya:   Satuan Luas Tanah Hektare, Are, Dan Meter Persegi
Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top