Home » Tehnik » Cara Mengatasi Genset 2 Tak Susah Hidup

Cara Mengatasi Genset 2 Tak Susah Hidup

cara+mengatasi+genset+2+tak+susah+hidup
Cara Mengatasi Genset 2 Tak Susah Hidup

Cara Mengatasi Genset 2 Tak Susah Hidup – Genset 2 tak merupakan genset bermesin 2 langkah yang menggunakan bahan bakar bensin campur. Dalam penggunaanya, mesin genset jenis ini sering mengalami masalah. Salah satunya adalah susah dihidupkan.

Pada umumnya, mesin genset 2 tak memiliki kapasitas daya listrik relatif kecil, yakni sekitar 650 watt. Oleh sebab itulah genset ini sering dinamakan genset mini. Perawatan genset ini tergolong mudah. Meskipun begitu, kita tidak boleh mengabaikan perawatannya. Karena dapat menyebabkan genset sudah dihidupkan.

Ketika terjadi masalah pada mesin genset 2 tak yang susah dihidupkan, maka perlu ketelitian untuk mencari solusinya. Karena terdapat beberapa faktor yang memungkinkan menjadi penyebabnya. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi genset 2 tak susah hidup.

Cara Mengatasi Genset 2 Tak Susah Hidup

Berikut merupakan beberapa penyebab mesin genset 2 tak susah hidup dan cara mengatasinya.

1. Sistem Pengapian Hilang

Penyebab pertama dari genset 2 tak susah hidup yaitu sistem pengapian hilang. Hilangnya sistem pengapian pada genset 2 tak dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu busi, coil, dan ignition magneto.

Untuk mengatasi hilangnya sistem pengapian pada genset 2 tak, perikasalah satu per satu komponen seperti yang disebutkan diatas, mulai dari busi, coil, hingga ignition magneto. Jika menemukan komponen yang tidak berfungsi, maka gantilah dengan yang baru.

2. Karburator Kotor

Penyebab kedua dari genset 2 tak susah dihidupkan yaitu kondisi karburator kotor. Hal ini biasanya disebabkan karena genset tidak digunakan dalam waktu lama dan tidak pernah dipanaskan. Sehingga bahan bakar mengendap di karburator dan mengakibatkan genset susah hidup.

Baca Lainnya :   Penyebab Genset ET-950 Tidak Keluar Listrik

Jika kondisi karburator kotor, maka mengakibatkan celah-celah udara dan bahan bakar tersumbat. Untuk mengatasi masalah seperti ini, caranya yaitu dengan membersihkan karburator dengan menggunakan bensin.

Setelah melakukan pembersihan pada karburator, pasang kembali pada tempatnya. Kemudian lakukan setting karburator agar genset dapat hidup dengan normal.

3. Knalpot Mampat

Seperti yang kita ketahui bahwa mesin 2 tak menghasilkan gas sisa pembakaran yang bercampur dengan oli. Jika knalpot tidak pernah dibersihkan, maka sisa pembakaran tersebut akan membuat knalpot mampat.

Knalpot yang mampat akan menjadikan genset 2 tak susah hidup. Oleh sebab itu, periksalah kondisi knalpot jika genset 2 tak susah dihidupkan. Jika mendapati knalpot mampat, bersihkan sampai bersih tanpa tersumbat.

4. Kompresi Mesin Bocor

Penyebab selanjutnya dari genset 2 tak susah hidup yaitu adanya kebocoran pada kompresi mesin. Kebocoran kompresi mesin pada genset 2 tak dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti seal crank shaft bocor, baut cylinder head head kendor, packing head rusak, ring piston aus, atau cylinder block rusak.

Untuk mengatasi hilangnya kompresi pada genset 2 tak, periksalah seluruh komponen yang bertugas menghasilkan kompresi. Ketika menemukan kerusakan pada salah satu atau beberapa komponen, segeralah perbaiki. Jika terdapat spare part yang perlu diganti, silahkan ganti dengan yang baru.

Demikianlah inforamsi mengenai penyebab dan cara mengatasi genset 2 tak yang susah dihidupkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top