Home » Tehnik » Cara Service Mesin Genset Bensin

Cara Service Mesin Genset Bensin

cara+service+mesin+genset+bensin
Cara Service Mesin Genset Bensin

Cara Service Mesin Genset Bensin – Mesin genset bensin adalah genset yang menggunakan bahan bakar bensin. Perawatan pada mesin genset bensin tergolong simple. Agar performa genset tetap maksimal, berikut akan dibahas tentang bagaimana cara melakukan service pada mesin genset bensin.

Mesin bensin memang lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan genset diesel. Meskipun begitu, bukan berarti mesin genset ini tidak memerlukan perawatan. Karena setiap mesin sangat penting untuk diservice agar lebih awet.

Tujuan dari melakukan service pada mesin genset bensin adalah untuk menghindari dari terjadinya permasalahan genset yang mungkin terjadi. Oleh sebab itu, melakukan service pada mesin genset perlu dilakukan secara rutin.

Cara Service Mesin Genset Bensin

Untuk melakukan service pada mesin genset bensin, sebenarnya tidak harus dibawa ke bengkel. Karena kita hanya perlu melakukan pengecekan dan pergantian spart part yang memiliki batasan umur. Berikut merupakan tips melakukan service pada mesin genset bensin.

1. Membersihkan Filter Udara

filter udara merupakan komponen pada mesin bensin yang umumnya terletak di bagian depan karburator. komponen ini berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke karburator.

Baca Lainnya :  Penyebab Genset ET-950 Tidak Keluar Listrik

Udara yang masuk ke karburator harusnya terbebas dari kotoran. Kebersihan filter udara sangat penting guna menjaga kualitas udara yang masuk ke karburator. Oleh sebab itu, bersihkanlah filter udara secara rutin.

2. Mengganti Oli Pelumas Secara Teratur

Oli pelumas memiliki peranan penting pada performa mesin genset. Oleh sebab itu, periksalah kondisi serta kapasitas batas ketinggian oli pelumas secara rutin. Misalnya sebulan sekali atau ketika sering digunakan.

Jika oli pelumas sudah di batas level atau berwarna hitam pekat dan mengental, sebaiknya lakukan penggantian sesegera mungkin agar tidak menimbulkan permasalan pada mesin genset. Untuk waktu ideal penggantian oli pelumas pada mesin genset yaitu 100 jam pemakaian.

3. Service Karburator Secara Berkala

Karburator merupakan komponen penting pada mesin bensin. Fungsi karburator pada mesin bensin adalah sebagai pencampuran bahan bakar dan udara yang kemudian mengirimnya ke ruang pembakaran. Oleh sebab itulah kebersihan karburator harus benar-benar diperhatikan.

Baca Lainnya :  Mesin Gerinda Tangan: Fungsi, Bagian, Dan Penggunaan

Jika kondisi karburator kotor, maka performa mesin genset pasti akan mengalami permasalah, seperti genset susah hidup atau berbunyi tersendat-sendat ketika dalam keadaan dihidupkan. Oleh karena itu, lakukanlah service karburator secara berkala agar performa genset stabil.

4. Mengganti Busi Secara Berkala

Busi merupakan komponen mesin bensin yang memiliki batasan umur. Fungsi busi secara umum yaitu sebagai pemicu api untuk proses pembakaran pada mesin bensin. Oleh sebab itu, peranan busi sangat penting pada mesin bensin.

Kondisi busi yang sudah tidak bagus pada mesin genset dapat ditandai dari suara mesin yang meletup-letup ketika mesin dihidupkan. Selain itu, mesin genset juga susah dihidupkan. Oleh karena itu, periksalah kondisi busi secara berkala dan lakukan penggantian sekitar 6 bulan sekali.

Demikianlah informasi mengenai panduan service pada mesin genset bensin. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top