Home » Tehnik » Bagian-Bagian Pompa Air Dan Fungsinya

Bagian-Bagian Pompa Air Dan Fungsinya

bagian+bagian+pompa+air
Bagian-Bagian Pompa Air

Bagian-Bagian Pompa Air Dan Fungsinya – Pompa air merupakan sebuah mesin yang berfungsi untuk menghisap dan mendorong air. Dalam menjalankan tugasnya, mesin ini didukung oleh komponen yang bekerja sebagai penunjang cara kerjanya. Nah, pada artikel ini akan dibahas tentang apa saja bagian-bagian pada pompa air dan fungsinya.

Dengan memahami bagian-bagian mesin pompa air dan fungsinya, kita dapat memahami bagaimana cara kerja pompa air. Pada dasarnya, cara kerja pompa air bermula dari putaran motor yang diteruskan melalui impeller. Impeller yang berputar akan menghasilkan tekanan yang akhirnya mampu menghisap dan mendorong air ke tempat yang dituju.

Dari rangkaian proses terjadinya penghisapan dan daya dorong pada pompa air, tentu saja didukung oleh kinerja dari komponennya. Lalu apa saja bagian-bagian yang ada di dalam pompa air? Untuk mengetahuinya, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Bagian-Bagian Pompa Air Dan Fungsinya

Secara umum, pompa air terdiri dari dua bagian utama, yakni mesin penggerak dan ruang pompa. Kedua bagian tersebut masih dapat diuraikan menjadi bagian-bagain lainnya. Berikut adalah bagian-bagian pada mesin pompa air dan fungisnya masing-masing.

1. Mesin Penggerak

Pada umumnya, untuk jenis pompa air kebutuhan rumah tangga menggunakan mesin penggerak berupa elektromotor yang digerakan oleh energi listrik. Namun, ada juga yang menggunakan peggerak berupa mesin bensin. Umumnya, mesin pompa air bensin digunakan untuk kebutuhan industri.

2. Kapasitor

Untuk jenis pompa air yang menggunakan mesin penggerak elektomotor, memiliki komponen yang dinamakan kapasitor. Kapasitor ini berfungsi untuk membantu memutar rotor pada elektromotor ketika pompa air dinyalakan.

3. Impeller

Impeller adalah bagian mesin pompa air berupa kipas. Impeller inilah yang berfungsi untuk membentuk tekanan yang menghasilkan daya hisap dan daya dorong. Dengan impeller yang berputar, maka siklus pemompaan air dapat terjadi sebagaimana mestinya.

4. Tabung Pompa

Tabung pompa air adalah berfungsi sebagai tempat dimana terjadinya siklus pemompaan air. Tabung pompa air ini merupakan ruangan yang didesain khusus sesuai dengan lebar impeller yang dilengkapi dengan lubang hisap dan lubang keluarnya air.

5. Mekanikal Seal

Mekanikal seal merupakan sebuah seal yang memiliki pegas. Pada pompa air, mekanikal seal berfungsi sebagai sekat antara poros pompa air dengan tabung pompa. Dengan adanya mekanikal seal, maka air tidak dapat keluar meskipun poros pompa berputar.

6. Check Valve

Check valve merupakan bagian pompa air yang berfungsi untuk menutup saluran hisap yang berada pada ujung pipa hisap. Dengan adanya check valve, maka air tidak akan keluar kembali menuju ke sumber air ketika pompa air dalam keadaan mati.

7. Otomatis

Pada mesin pompa air dengan penggerak elektromotor, ada yang memiliki otomatis. Otomatis pada pompa air merupakan saklar yang bekerja secara otomotis yang digerakan oleh tekanan air. Saklar otomatis ini akan memutuskan arus listrik ketika saluran keluar air ditutup, dan akan menghubungkan arus listrik kembali ketika saluaran keluar air dibuka.

Demikian pembahasan mengenai bagian-bagian pompa air dan fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *