Home » Tehnik » Tips Memilih Pompa Air Untuk Rumah Tangga

Tips Memilih Pompa Air Untuk Rumah Tangga

tips+memilih+pompa+air
Tips Memilih Pompa Air

Tips Memilih Pompa Air Untuk Rumah Tangga – Sebelum memasang pompa air, sebaiknya kita pahami lokasi keberadaan rumah kita. Apakah sumber airnya bagus atau tidak. Jangan sampai salah dalam memilih pompa air, karena dapat mengakibatkan permasalahan seperti pancaran air lemah atau malah air tidak keluar sama sekali.

Jenis-jenis pompa air juga sangat penting untuk diketahui dalam memilih pompa air untuk rumah. Apakah akan menggunakan jenis pompa air sumur dangkal atau jet pump. Selain itu, kita juga harus mempertimbangkan hal-hal seperti daya hisap dan daya dorong maksimal pompa air, serta apakah daya listrik rumah mampu menjalankan pompa air dengan baik.

Jika lokasi rumah berada di dataran tinggi, maka sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan jenis mesin pompa air sumur dalam dengan daya listrik yang relatif tinggi. Namun, jika lokasi rumah dekat dengan sumber air, maka kita dapat memilih jenis pompa air sumur dangkal. Nah, Berikut merupakan beberapa tips yang dapat diterapkan dalam memilih pompa air yang cocok untuk kebutuhan rumah tangga.

Tips Memilih Pompa Air Untuk Rumah Tangga

1. Keberadaan Sumber Air

Tips pertama, pahamilah lokasi rumah dengan keberadaan sumber air. Jika lokasinya dekat dengan sumber air, kita dapat memilih jenis pompa air sumur dangkal yang relatif memiliki daya listrik rendah. Sebenarnya bisa saja menggunakan jenis pompa air sumur dalam, namun hanya akan menyebabkan pemborosan pada penggunaan listrik.

Jika lokasi rumah jauh dari sumber air, maka sebaiknya pilih jenis pompa air jet pump yang memiliki daya hisap maksimal hingga 20 meter. Jika tetap memaksakan menggunakan jenis pompa air sumur dangkal, maka hanya akan menjadikan hal yang sia-sia.

2. Perhatikan Daya Hisap Dan Daya Dorong Pompa Air

Hal penting kedua yang harus diperhatikan dalam memilih pompa air untuk kebutuhan rumah tangga adalah kekuatan daya hisap dan daya dorong mesin pompa air. Pilihlah sesuai dengan memperhatikan jarak permukaan tanah dengan keberadaan sumber air.

Jika kedalaman air kurang dari 7 meter, kita dapat menggunakan jenis mesin pompa air mini atau pompa air sumur dangkal. Sedangkan untuk kedalaman air lebih dari 7 meter, pastikan untuk memilih jenis mesin pompa air sumur dalam atau jet pump.

3. Kapasitas Daya Listrik

Pada saat memilih mesin pompa air, hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah kapasitas daya listrik rumah. Jangan sampai memilih pompa air dengan kapasitas daya listrik yang lebih tinggi dari daya listrik yang ada di rumah. Karena hal itu akan mengakibatkan daya listrik rumah jatuh ketika mesin pompa air dihidupkan.

4. Pompa Air Otomatis Dan Non-otomatis

Pada umumnya, mesin pompa air memiliki dua type, yaitu otomatis dan non-otomatis. Untuk keperluan rumah tangga, sebaiknya pilih jenis pompa air otomatis karena lebih mudah dalam penggunaannya. Namun, jika memiliki alasan lain, bisa juga memilih jenis pompa air non-otomatis.

5. Kualitas Pompa Air

Kualitas mesin pompa air sangat berpengaruh terhadap bagus dan tidaknya perolehan air yang dihasilkan. Diantara contoh merk pompa air yang memiliki kualitas bagus yaitu Sanyo, Shimizu, National, Panasonic, Wasser, DAP, dan Grundfos.

Jangan sampai terpengaruh dengan harga murah, namun kualitasnya kurang bagus. Sebaiknya pilihlah pompa air dengan harga yang sedikit lebih mahal, tetapi memiliki kualitas yang baik. Karena seperti yang kita tahu bahwa penggunaan mesin pompa air merupakan kebutuhan jangka panjang.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa tips memilih pompa air yang cocok untuk kebutuhan rumah tangga. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *