Home » Tehnik » Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

cara+menyambung+kabel+pompa+air+shimizu
Kabel Pompa Air Shimizu

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu – Salah satu merk pompa air yang populer di masyarakat yaitu shimizu. Ketika membeli pompa air merk ini, umunya belum ada sambungan kabel yang menuju stop kontak. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas bagaimana cara menyambung kabel pada pemasangan pompa shimizu.

Pompa air itu sendiri merupakan mesin pemasok kebutuhan air di rumah maupun industri. Dalam pemasangannya, sebaiknya pompa air ditaruh sedekat mungkin dengan sumber air. Hal ini bertujuan agar daya hisap pompa air dapat bekerja secara maksimal.

Untuk penyambungan kabel pada pompa air merk shimizu atau lainnya (sanyo, panasonic, national), kita harus dapat melakukanya dengan benar. Karena kesalahan dalam penyambungan kabel dapat menyebabkan beberapa masalah yang serius, seperti mesin pompa air tidak menyala atau terjadi hubungan arus pendek.

Nah, pada pompa air merk shimizu, umumnya terdapat 3 kabel yang keluar dari mesin, yaitu kabel warna biru, coklat, dan kuning strip hijau. Sedangkan pada stecker hanya memiliki 2 jalur kabel. Lalu bagaimana cara memasangnya? Dan kabel warna apa saja yang disambungkan? Simak pembahasannya berikut ini.

Baca Lainnya :  Mesin Gerinda Tangan: Fungsi, Bagian, Dan Penggunaan

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Sebenarnya, cara menyambung kabel pada pompa air bukanlah hal yang sulit. Namun, bagi orang awam pasti akan merasa bingung. Apalagi pada pompa air yang belum ada kabel powernya seperti pada merk shimizu.

Pompa air shimizu memiliki dua jenis, yakni otomatis dan non-otomatis. Untuk cara pemasangannya sebenarnya sama saja. Yang penting kita dapat menyambungnya ke stecker dengan benar. Sedangkan untuk pemasangan stop kontak dan saklar akan beda cerita lagi.

Sebelum memulai melakukan penyambungan kabel, perlu diketahui bawah pompa air shimizu memiliki 3 jalur kabel, yaitu sebagai berikut:

  • Kabel coklat adalah kabel phase (+)
  • Kabel biru adalah kabel netral (-)
  • Kabel kuning strip hijau adalah ground. Kabel ground fungsinya adalah sebagai penetral arus ketika terjadi korsleting

Dengan melihat fungsi masing-masing kabel yang ada, maka jalur kabel pada pompa air shimizu yang disambungkan dengan stecker adalah kabel warna coklat dan biru. Untuk penyambungannya bebas atau bisa secara bolak-balik. Karena aliran listrik pada elektromotor pompa air merupakan arus AC (bolak-balik).

Baca Lainnya :  Cara Melepas Dan Mengganti Bearing Pompa Air

Lalu bagaimana dengan kabel ground? Untuk kabel ground pompa air diabaikan saja atau dibungkus dengan isolatip. Atau bisa juga ditanam di dasar (lantai/tanah). Karena fungsinya hanya sebagai penetral arus listrik ketika terjadi hubungan singkat arus listrik pada mesin pompa air.

Agar lebih mudah memahami bagaimana cara menyambung kabel pompa air shimizu dengan stecker, silahkan perhaitkan langkah-langkah berikut itu:

  • Siapkan peralatan yang diperlukan, seperti kabel (yang bagus), stecker, pemotong kabel, isolatip, serta obeng
  • Kupas tiap-tiap ujung kabel yang akan disambungkan, kemudian, sambungkan kabel warna coklat dengan salah satu jalur kabel stecker, untuk jalur satunya lagi disambungkan dengankabel warna biru. Setelah masing-masing kabel tersambung, bungkus dengan isolatip
  • Buka sekrup pada stecker, kemudian sambungkan kabel yang telah terhubung dengan mesin pada stecker dengan benar.
  • Setelah pompa air dan stecker terpasang, cobalah untuk mencolokan ke stop kontak untuk memulai menghidupkan pompa air.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menyambung kabel pompa air shimizu. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top