Home » Tehnik » Cara Memasang Kapasitor Genset

Cara Memasang Kapasitor Genset

cara+memasang+kapasitor+genset
Cara Memasang Kapasitor Genset

Cara Memasang Kapasitor Genset – Mesin genset memiliki kapasitas listirk yang berbeda-beda. Pada mesin genset berkapasitas di bawah 2500 watt, terdapat sebuah komponen yang bernama kapasitor. Fungsi kapasitor pada genset yaitu sebagai pengontrol arus yang keluar pada generator.

Sebagai salah satu komponen kelistrikan, kapasitor genset terkadang mengalami kurusakan. Penyebab kerusakan kapsitor genset biasanya disebabkan oleh penggunaan daya listrik genset melebihi kapasitasnya.

Kerusakan kapasitor genset dapat ditandai oleh perubahan bentuk kapasitor yang mengembung atau meleleh. Jika kapasitor rusak, mesin genset tidak keluar listrik. Jika kapsitor genset rusak, maka harus diganti. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara mengganti dan memasang kapasitor mesin genset.

Cara Memasang Kapasitor Genset

Sebelum melakukan pemasangan kapasitor mesin genset, hal pertama yang harus dilakuan adalah menemukan letaknya. Pada mesin genset 2 tak (650 watt), umumnya kapasitor terletak di bawah tangki bensin. Sedangkan untuk genset yang memiliki kapasitas 1000 watt sampai 2000 watt, umumnya terletak di dalam kotak panel genset.

Setelah mengetahui letaknya, hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah ukuran kapasitor. Perlu diketahui bahwa kapasitor genset memiliki ukuran yang berbeda-beda. Jadi, untuk mengganti kapasitor genset ukurannya harus sama dengan yang akan diganti.

Pada mesin genset 2 tak, biasanya menggunakan ukuran kapasitor antara 12 μF sampai 16μF. Sedangkan pada mesin genset 1000 watt dan 2000 watt, ukuran kapasitornya antara 20μF sampai 24μF. Namun, untuk memastikannya, sebaiknya lihat secara langsung ukuran yang tertulis pada fisik kapasitor.

Baca Lainnya :   Penyebab Genset ET-950 Tidak Keluar Listrik

Jika sudah menemukan ukuran kapasitor yang tepat, maka langsung saja pasang pada tempatnya. Caranya yaitu dengan melepaskan kapasitor yang akan diganti dengan mencabut konektor kabelnya. Untuk pemasangannya bebas (bisa bolak-balik) antara kedua kabelnya. Karena kapasitor tidak memiliki polaritas.

Setelah kapasitor terpasang dengan benar, cobalah untuk menghidupkan mesin genset. Lihat hasilnya, maka arus listrik yang awalnya hilang akan muncul kembali terpapar pada panel indikator genset.

Demikianlah informasi mengenai pemasangan kapasitor pada mesin genset. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top