Home » Tehnik » Bagian-Bagian Mesin Gerinda Duduk Dan Fungsinya

Bagian-Bagian Mesin Gerinda Duduk Dan Fungsinya

bagian+bagian+mesin+gerinda+duduk
Mesin Gerinda Duduk

Bagian-Bagian Mesin Gerinda Duduk Dan Fungsinya – Mesin gerinda duduk adalah salah satu jenis power tools yang berfungsi untuk mengasah atau menajamkan alat potong. Diantara jenis alat potong yang dapat diasah oleh mesin gerinda duduk antara lain pahat bubut, pahat sekrap, mata bor, dan alat potong perkakas lainnya.

Fungsi mesin gerinda duduk antara lain untuk membentuk logam sesuai kebutuhan dan menghilangkan sisa cetakan logam (bram). Cara kerja mesin gerinda duduk sama seperti mesin gerinda tangan, yakni batu gerinda berputar, kemudian bersentuhan dengan benda dan terjadi pengikisan.

Dalam menggunakan mesin gerinda duduk, kita harus mengetahui bagian-bagian dan mengerti fungsi dari setiap bagiannya agar tidak terjadi kesalahan dalam pengoperasiannya. Berikut akan dijelaskan apa saja bagian-bagian yang terdapat pada mesin gerinda duduk dan fungsinya.

Bagian-Bagian Mesin Gerinda Duduk Dan Fungsinya

Berikut merupakan nama bagian-bagian mesin gerinda duduk dan fungsinya masing-masing.

1. Saklar

Saklar (switch) merupakan bagian mesin gerinda duduk yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan putaran mesin. Umumnya, posisi atau letak saklar pada mesin gerinda duduk berada di bagian depan. Hal ini bertujuan agar lebih mudah dalam mengoperasikan mesin gerinda.

2. Elektromotor

Elektromotor merupakan mesin penggerak utama pada mesin gerinda duduk. Di dalam elektromotor biasanya dilengkapi dengan adanya kapasitor starting yang berfungsi untuk membantu melakukan putaran awal ketika mesin dihidupkan.

Baca Lainnya :   Panduan Service Power Tools

3. Shaft Batu Gerinda

Shaft atau dudukan batu gerinda pada mesin gerinda duduk sebenarnya merupakan shaft dari elektromotor yang dipanjangkan atau melebar keluar. Pada kedua ujung shaft ini terdapat ulir/drat yang bertujuan untuk memudahkan dalam pemasangan batu gerinda yang dilengkapi dengan mur pengencang pada setiap ujung shaftnya.

4. Mika Pelindung

Mika pelindung merupakan bagian yang berfungsi untuk melindungi mata dari percikan sisa gesekan batu gerinda dengan benda kerja ketika mesin gerinda beroperasi. Mika pelindung ini terpasang pada area batu gerinda yang dapat dibuka dan ditutup dengan mudah.

5. Batu Gerinda

Batu gerinda merupakan bagian dari mesin gerinda duduk yang berfungsi untuk menggerinda. Batu gerinda ini dapat mengasah, menajamkan, membentuk, mengkilapkan, dan membersihkan sisa cetakan.

Umumnya, batu gerinda yang terpasang pada mesin gerinda duduk memiliki tingkat kehalusan yang berbeda. Hal ini bertujuan agar mesin dapat digunakan sekaligus sebagai pengasah dan penghalus. Contoh jenis batu gerinda sering digunakan pada mesin gerinda duduk antara lain batu gerinda asah, batu gerinda serat, dan batu gerinda kain.

Demikianlah informasi mengenai bagian-bagian mesin gerinda duduk dan fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top