Home » Tehnik » Bagian-Bagian Spray Gun Dan Fungsinya

Bagian-Bagian Spray Gun Dan Fungsinya

bagian+bagian+spray+gun
Bagian-Bagian Sparay Gun

Bagian-Bagian Spray Gun Dan Fungsinya – Agar lapisan yang dihasilkan spray gun sempurna, kita harus memahami bagian-bagian spray gun. Karena alat ini memiliki beberapa komponen yang harus diatur terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Nah, pada artikel ini akan diberikan informasi mengenai bagian-bagain yang terdapat pada spray gun dan fungisnya.

Spray gun itu sendiri merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengatomisasi material cairan, terutama material cat. Alat ini ditenagai oleh angin bertekanan yang umumnya bersumber pada mesin kompresor. Dengan mengatur bagian-bagiannya yang dibantu oleh angin, alat ini mampu mengubah material cat menjadi serbuk-serbuk halus untuk disemprotkan.

Bagian-bagian pada spray gun memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dimulai dari bagian knop pengatur angin yang bertugas mengatur volume angin hingga trigger yang berfungsi sebagai handle penyemprot cat. Untuk mengetahui apa saja bagian-bagian yang terdapat pada spray gun, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Bagian-Bagian Spray Gun Dan Fungsinya

Berikut merupakan bagian-bagian yang terdapat pada spray gun dan masing-masing fungsinya.

1. Saluran Angin (Inlet)

Saluran angin atau bagian inlet pada spray gun biasanya terletak di ujung bawah. Bagian ini befungsi untuk menghubungkan spray gun dengan selang angin dari mesin kompresor. Pada bagian ini biasanya telah dilengkapi dengan adanya neple/coupler yang memudahkan saat melepas atau memasang spray gun dengan selang angin.

2. Knop Pengatur Angin

Knop pengatur angin biasanya terletak bersebelahan dengan salungan angin atau di bagian bawah spray gun. Knop pengatur angin ini berfungsi untuk mengatur tekanan angin yang akan masuk ke spray gun. Cara penggunaannya yaitu diputar berlawanan dengan jarum jam untuk membuka angin. Sedangkan untuk mengurangi tekanan angin dengan diputar searah jarum jam.

Baca Lainnya :   Macam-Macam Power Tools Beserta Fungsinya

3. Trigger

Trigeger atau batang tuas merupakan bagian spray gun yang berfungsi sebagai penyemprot. Jika batang tuas ditekan, maka semprotan cat akan keluar dari nozzle. Sebaliknya, jika batang tuas dilepaskan, maka semprotan cat dari spray gun akan berhenti.

4. Knop Pengatur Volume Cat

Knop pengatur volume cat merupakan bagian spray gun yang berfungsi untuk mengatur banyaknya volume cat yang akan keluar dari nozzle. Semakin knop ini dibuka, maka volume cat yang keluar dari nozzle akan semakin banyak. Pengaturan knop volume cat ini harus disesuaikan dengan tekanan angin yang tepat agar dapat menghasilkan semburan cat yang sempurna.

Untuk mengatur knop pengatur volume cat, caranya yaitu dengan memutar berlawanan dengan arah jarum jam jika akan membuka dan memperbanyak volume cat yang keluar. Sedangkan untuk mengurangi volume cat, putarlah searah dengan jarum jam.

5. Knop Pengatur Luas Semprotan

Knop pengatur luas semprotan merupakan bagian spray gun yang berfungsi untuk mengatur lebar kecilnya semprotan cat yang keluar. Semakin dibuka, maka semprotan cat yang keluar dari nozzle akan semakin lebar. Begitu sebaliknya, jika semakin ditutup, maka semprotan yang keluar akan semakin menyempit.

Cara melakukan pengaturan pada bagian ini yaitu dengan memutar searah jarum jam untuk menyempitkan semprotan. Sedangkan untuk melebarkan semprotan yaitu dengan memutar berlawanan dengan arah jarum jam. Aturlah luas semprotan sesuai luas permukaan benda yang dicat.

Baca Lainnya :   Cara Menggunakan Mesin Gerinda Potong

6. Tabung

Tabung pada spray gun merupakan bagain yang berfungsi untuk menampung material cat. Setiap spray gun memiliki kapasitas tabung yang berbeda, ada yang besar dan ada yang kecil. Begitu juga dengan posisinya, ada yang terletak di atas dan ada juga yang di bawah.

7. Cup Nozzle

Cup nozzle merupakan bagian spray gun yang berfungsi untuk mengatur arah keluarnya semprotan cat. Arah semprotan cat dapat diatur secara vertikal maupun horizontal. Aturlah cup nozzle sesuai arah permukaan bidang yang akan dicat.

Jika akan mengecat benda kerja secara horizontal, maka putarlah cup nozzle agar semprotan cat yang keluar memiliki arah vertikal. Begitu sebaliknya, jika akan mengecat secara vertikal, maka putarlah cup nozzle agar semprotan cat yang keluar memiliki arah horizontal.

Demikianlah informasi mengenai bagian-bagian spray gun dan fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top