Home » 10 Alat Perkakas Yang Perlu Ada Di Rumah

10 Alat Perkakas Yang Perlu Ada Di Rumah

alat+perkakas+yang+perlu+ada+di+rumah
Alat Perkakas Yang Perlu Ada Di Rumah

10 Alat Perkakas Yang Perlu Ada Di Rumah – Terkadang kerusakan kecil sering muncul secara tiba-tiba. Untuk itu, penting untuk memiliki beberapa alat perkakas. Kira-kira apa saja alat perkakas yang perlu ada di rumah?

Alat perkakas merupakan perlatan yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan suatu pekerjaan. Umumnya, perlatan ini banyak dijumpai di dunia kerja, seperti bengkel, jasa servis, pertukangan, dan industri.

Alat perkakas memiliki banyak jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Karena fungsinya terkadang sangat diperlukan, penting bagi kita untuk menyediakan beberapa alat perkakas di rumah.

10 Alat Perkakas Yang Perlu Ada Di Rumah

Berikut adalah 10 jenis alat perkakas yang sering digunakan dan perlu ada di rumah kita.

1. Obeng

Obeng merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memutar sekrup atau baut. Adanya berbegai macam perabot di dalam rumah, menjadikan alat ini wajib ada di rumah.

Umumnya, terdapat dua jenis obeng yang sering digunakan, yaitu obeng pipih atau min (-) dan obeng kembang atau plus (+). Mengingat pentingnya alat ini, sebaiknya sediakanlah untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil.

2. Tang

Tang merupakan alat perkakas yang umumnya digunakan untuk menjepit benda. Selain itu, alat ini juga dapat digunakan untuk membengkokan benda dan memotong kawat berukuran kecil.

Diantaranya fungsinya yang sering digunakan di dalam rumah yaitu untuk memotong kawat, mencabut paku, mengencangkan kawat, memegang benda panas, menjepit baut ketika diputar, dan lain sebagainya.

Baca Lainnya :  Bagian-Bagian Mesin Gerinda Duduk Dan Fungsinya

3. Palu

Palu merupakan alat yang digunakan memukul. Selain itu, palu juga dapat digunakan untuk mencabut paku, membongkar tembok, melepas barang rusak, dan lain-lain.

Palu memiliki berbagai jenis dan ukuran. Mulai dari yang kecil hingga yang besar, hingga yang bertanduk. Untuk keperluan di rumah, sebaiknya sediakan palu yang berukuran sedang.

4. Gergaji

Gergaji adalah alat perkakas yang digunakan untuk memotong. Alat ini dapat memotong berbagai material sesuai jenisnya. Beberapa material yang biasanya dipotong dengan gergaji antara lain kayu, besi, bahan plastik, dan lain-lain.

Gergaji pemotong kayu umumnya memiliki gerigi besar dan lebar, sedangkan gergaji pemotong besi bentuknya kecil dan memiliki gerigi yang kecil.

5. Golok

Golok merupakan alat perkakas yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti memotong kayu, membelah bambu, serta berbagai pekerjaan lainnya.

Selain itu, golok juga dapat digunakan untuk membersihkan rumput-rumput liar yang berada di sekitar rumah.

6. Alat Ukur

Alat ukur atau yang sering disebut dengan meteran merupakan alat yang digunakan untuk mengukur dimensi suatu benda. Alat ukur akan memudahkan ketika ingin mengetahui ukuran panjang, lebar, atau tinggi benda.

Baca Lainnya :  Tips Membeli Mesin Genset Bekas

7. Kunci-Kunci

Beberapa jenis kunci bengkel terkadang sangat diperlukan untuk membantu pekerjaan. Seperti kunci pas dan kunci ring yang sering digunakan untuk memperbaiki kerusakan kecil pada sepeda dan perabotan lainnya.

Jika ingin praktis, kita bisa menyediakan kunci inggris. Dengan rahang pengunci yang dapat diatur, sangat memudahkan untuk memilih ukuran rahang sesuai yang diinginkan.

8. Cangkul

Cangkul merupakan alat yang digunakan untuk menggali tanah. Cangkul memiliki berbagai varian dengan ukuran yang berbeda-beda. Mulai dari yang kecil, sedang, hingga yang besar.

Di rumah, cangkul sering digunakan untuk menanam bungan dan tanaman, membersihkan selokan, menyiangi rumput, dan menimbun sampah.

9. Linggis

Linggis merupakan sebuah tuas yang terbuat dari besi. Umumnya, alat perkakas ini digunakan untuk melubangi tanah ketika memasang pagar atau menancapkan benda lainnya.

Selain itu, linggis juga dapat digunakan untuk mencabut paku, membantu memukul benda, serta sebagai tuas pengungkit ketika memidahkan barang yang besar.

10. Gunting Dan Cutter

Sudah bukan rahasia lagi, gunting dan cutting merupakan alat potong serba guna yang sering sekali dibutuhkan di rumah. Oleh sebab itu, sebagian besar rumah pasti telah menyediakan gunting dan cutter.

Demikianlah informasi mengenai 10 alat perkakas yang perlu ada di rumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top