Home » Tehnik » Komponen Genset 2 Tak Dan Fungsinya

Komponen Genset 2 Tak Dan Fungsinya

komponen+genset+2+tak
Komponen Genset 2 Tak

Komponen Genset 2 Tak Dan Fungsinya – Genset 2 tak merupakan mesin genset bensin yang menggunakan mesin 2 tak. Jika dibandingkan dengan genset 4 tak, genset 2 tak memiliki komponen yang lebih sederhana. Pada artikel ini akan dibahas tentang apa saja komponen yang terdapat pada genset 2 tak dan fungsinya.

Genset itu sendiri adalah mesin penghasil energi listrik. Secara umum, genset terdiri dari dua komponen utama, yaitu mesin penggerak dan generator. Genset 2 tak memiliki mesin penggerak mesin 2 tak dengan bahan bakar bensin campur. Sedangkan genset 4 tak yang menggunakan bahan bakar bensin atau solar.

Cara kerja genset mengubah bahan bakar menjadi energi mekanik. Energi mekanik kemudian digunakan untuk memutar generator. Generator yang berputar akan menghasilkan energi listrik. Melihat sistem kerjanya, mesin genset memiliki beberapa komponen penting di dalamnya.

Komponen Genset 2 Tak Dan Fungsinya

Genset 2 tak merupakan mesin genset yang umumnya berukuran relatif kecil. Kapasitas daya listriknya kurang dari 1000 Watt. Berikut merupakan nama-nama komponen yang terdapat pada genset 2 tak dan fungsinya masing-masing.

1. Mesin Penggerak

Genset 2 tak mengusung jenis mesin 2 tak. Oleh sebab itulah suara genset 2 tak terdengar agak keras. Berbeda dengan genset 4 tak yang lebih ramah lingkungan.

Sebagai mesin 2 tak, tentu saja bahan bakar yang digunakan bukanlah bensin murni, tetapi berupa bensin campur, yakni perpaduan bensin murni dengan oli 2 tak.

Baca Lainnya :  Apa Kegunaan Mesin Genset Listrik?

Untuk itu, jika memiliki genset 2 tak, jangan sampai salah mengisi bahan bakarnya. Jika genset 2 tak diisi dengan bensin murni, maka akan menyebabkan kerusakan pada genset.

2. Tangki Bensin

Tangki bensin merupakan komponen yang berfungsi sebagai penampung bahan bakar. Tangki bensin pada genset 2 tak berukuran relatif kecil. Umumnya hanya dapat menampung bensin sekitar 4 liter.

Oleh sebab itu, jika ingin menggunakan genset 2 tak secara terus menerus, maka siapkan bahan bakar cadangan. Sehingga ketika bahan bakar habis, masih ada persediaan bahan bakar.

3. Karburator

Komponen selanjutnya yaitu karburator. Karburator merupakan komponen yang berfungsi sebagai pencampur bahan bakar dengan udara yang kemudian disuplai ke dalam ruang pembakaran.

Pada genset 2 tak, karbutor harus sering dibersihkan. Karena penggunaan bensin campur dapat menyebabkan pengendapan pada karburator. Apalagi jika akan disimpan cukup lama, sebaiknya kosongkan bahan bakar yang terdapat karburator.

4. Sistem Pengapian

Sistem pengapian pada genset 2 tak menggunakan busi. Nyala api pada busi didukung oleh beberapa komponen yang saling bekerja sama dalam menjalankan fungsinya.

Komponen pendukung pada sistem pengapian genset 2 tak terdiri dari roda magnet, CDI magneto, ignition coil, dan busi. Nah, ketika nyala busi pada genset 2 tak hilang, periksalah semua bagian tersebut secara berurutan satu per satu.

Baca Lainnya :  Cara Memasang Kapasitor Genset

5. Generator

Generator merupakan komponen penghasil energi listrik. Generator akan berputar setelah energi kinetik yang dihasilkan oleh mesin penggerak didistiribusikan ke bagian rotor. Rotor yang berputar di dalam stator akan menghasilkan energi listrik.

6. Kapasitor

Kapasitor pada genset 2 tak memiliki ukuran berkisar antara 12 sampai 24 microfarad. Fungsi kapasitor pada umumnya adalah sebagai penyimpan muatan listrik.

Kerusakan kapasitor pada genset 2 tak dapat mengakibatkan genset tidak keluar arus listrik. Ketika genset 2 tak tidak ada arus listrik, cobalah lakukan penggantian pada kapasitor sebelum melakukan pengecekan pada bagian kelistrikan lainnya.

7. Stop Kontak Dan Switch Breaker

Stop kontak merupakan komponen genset yang berfungsi sebagai lubang output. Pada sekitar stop kontak, biasanya terdapat komponen yang bernama switch breaker. Fungsi switch breaker pada genset 2 tak yaitu sebagai auto cut atau pemutus arus otomatis (pengaman) ketika penggunaan daya listrik melebihi kapasitas genset.

Demikianlah informasi mengenai komponen yang terdapat pada genset 2 tak dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top