Home » Tehnik » Perawatan Mesin Bor Listrik Yang Benar

Perawatan Mesin Bor Listrik Yang Benar

perawatan+mesin+bor+listrik
Perawatan Mesin Bor Listrik

Perawatan Mesin Bor Listrik Yang Benar – Mesin bor listrik merupakan alat yang di gunakan untuk membuat lubang pada permukaan kayu, tembok, besi, dan lain-lain. Dengan melihat fungsi mesin bor yang begitu penting dalam suatu pekerjaan, maka kita harus melakukan perawatan rutin pada mesin bor.

Melakukan perawatan pada mesin bor listrik secara rutin dan memperbaiki kerusakan ringan dengan benar, akan menjadikan kinerja mesin bor lebih optimal. Selain itu, mesin juga akan awet dan memiliki usia penggunaan lebih lama.

Nah, jika ingin mesin bor memiliki performa maksimal, maka harus sering melakukan perawatan yang benar. Berikut merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan mesin bor listrik agar performanya tetap maksimal.

Cara Perawatan Mesin Bor Listrik Yang Benar

1. Penggunaan Mesin Sesuai Jenisnya

Penggunaan mesin bor sesuai jenis dan kegunaannya dapat menghindari terjadinya kecelakaan saat bekerja. Selain itu, dengan menggunakan mesin bor yang benar dapat memperoleh hasil dan ukuran yang diinginkan.

2. Mengganti Spare Part Yang Sesuai

Ketika spart part mesin bor ada yang bermasalah, sebaiknya gantilah dengan spare part yang sesuai dengan merk mesin bor. Jangan pernah mengganti komponen yang tidak sesuai. Karena hal itu dapat mengurangi performa mesin dan merusak mesin tersebut.

3. Menggunakan Mata Bor Sesuai Fungsinya

Dalam penggunaanya, terdapat berbagai jenis mata bor sesuai dengan fungsinya masing-masing. Misalnya akan mengebor kayu, maka gunakan mata bor kayu. Jangan sampai menggunakan satu jenis mata bor untuk mengebor berbagai jensi media. Karena dapat mengakibatkan mata bor patah dan membahayakan keselamatan kerja.

Baca Lainnya:   Fungsi Carbon Brush Pada Power Tools

4. Pemasangan Mata Bor Menggunakan Kunci Mata Bor

Ketika melakukan penggantian mata bor, baik saat melepas maupun memasang, selalu gunakan kunci mata bor dengan benar. Jangan pernah mencoba menggunakan alat lain seperti menggunakan palu atau tang. Karena hal itu dapat menjadikan chuck bor menjadi rusak.

5. Membersihkan Setelah Digunakan

Setelah menggunakan mesin bor, bersihkan seluruh bagian luas mesin dengan cara mengelap dengan kain atau semburan angin kompresor agar seluruh kotoran hilang dan tidak melekat pada komponen mesin yang menjadikan performa mesin menjadi berkurang.

6. Beri Gemuk Secara Berkala

Penggunaan mesin bor dalam jangka waktu lama akan mengakibatkan pelumas mesin menjadi kering dan habis. Untuk itu, periksalah secara berkala pada bagian-bagain mesin yang melakukan gesekan. Berilah gemuk secukupnya jika pelumas mulai habis untuk menjaga agar mesin bor tetap optimal.

7. Simpan Di Tempat Aman

Setelah menggunakan dan membersihkan mesin bor, maka simpanlah ditempat yang kering dan tidak lembab, serta aman dari jangkauan anak-anak. Gulung kabel power dengan rapi agar tidak kusut dan melilit yng dapat mengakibatkan terjadinya korsleting ketika akan menggunakan kembali mesin bor.

8. Melakukan Service

Untuk menjaga performa mesin bor agar tetap maksimal, tidak ada salahnya untuk melakukan servis dan pengecekan pada jasa service mesin bor. Karena penggunaan mesin bor dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan beberapa komponenya mengalami kerusakan.

Baca Lainnya:   Cara Menggunakan Mesin Gerinda Duduk Yang Aman

Demikianlah informasi mengenai cara perawatan mesin bor listrik yang benar. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.