Home » Bagian-Bagian Mesin Gerinda Tangan Beserta Fungsinya

Bagian-Bagian Mesin Gerinda Tangan Beserta Fungsinya

bagian+bagian+mesin+gerinda+tangan
Bagian-Bagian Mesin Gerinda Tangan

Mesin gerinda merupakan salah satu jenis perkakas yang sering digunakan. Salah satu jenisnya adalah mesin gerinda tangan. Untuk dapat menggunakannya, maka kita harus memahami bagian-bagian mesin gerinda tangan dengan benar.

Mesin gerinda tangan memiliki beberapa bagian penting di dalamnya. Bagian-bagian tersebut akan berkerja sesuai tugasnya masing-masing dalam mengoperasikan mesin gerinda.

Secara umum, mesin gerinda tangan terdiri dari dua bagian utama, yakni perangkat elektrik dan komponen mesin bergerak. Adapun penjelasannya yaitu sebagai berikut.

Bagian-Bagian Mesin Gerinda Tangan

Berikut merupakan bagian-bagian yang terdapat pada mesin gerinda tangan dan fungsinya masing-masing.

1. Armature

Armature adalah komponen berupa poros yang terbuat dari gulungan tembaga. Pada salah satu ujungnya terdapat kipas yang berfungsi sebagai pendingin dan penyeimbang putaran mesin. Di ujung lainnya terdapat kolektor yang berfungsi sebagai tempat pergesekan dengan carbon brush.

2. Stator

Stator adalah bagian mesin gerinda yang merupakan pasangan dari armature. Komponen ini berfungsi untuk menggerakan armature. Rangkanya berbentuk lingkaran memanjang yang terbuat dari gulungan tembaga yang tersusun secara teratur.

Pada kedua ujung gulungan tembaga, terdapat sepasang jalur kabel yang berbeda fungsi. Kabel pertama berfungsi sebagai penghubung ke rumah carbon brush. Sedangkan kabel satunya lagi merupakan jalur ke sumber listrik.

3. Carbon Brush

Carbon brush merupakan karbon padat yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik. Carbon brush sering disebut juga dengan spul atau brustel.

Pada ujung carbon brush umumnya terdapat spring yang berfungsi untuk memastikan carbon brush tersebut selalu menempel pada kolektor armature.

Baca Lainnya :  Jenis-Jenis Mesin Gerinda Dan Fungsinya

4. Saklar Gerinda

Saklar merupakan komponen yang berfungsi sebagai penyambung dan pemutus arus listrik. Sama halnya pada mesin gerinda, fungsi saklar digunakan untuk menghidupkan dan mematikan mesin.

Saklar pada mesin gerinda tangan ada yang dilengkapi dengan pengatur kecepatan putaran (speed control). Pengatur kecepatan inilah yang mengatur cepat lambatnya putaran pada batu gerinda tangan.

5. Flange

Flange atau penjepit adalah bagian pada mesin gerinda berupa sepasang lempengan besi yang berfungsi sebagai tempat dudukan yang sekaligus penjepit mata gerinda. Pada flange pengunci terdapat lubang yang digunakan sebagai penahan kunci mata gerinda.

6. Mata Gerinda

Mata gerinda atau batu gerinda adalah bagian yang berfungsi untuk melakukan berbagai jenis pekerjaan, misalnya memotong, mengasah, menghaluskan, dan beberapa jenis pekerjaan lainnya.

Bentuk mata gerinda ini berupa piringan lingkaran dengan berbagai jenis sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Diantara jenis-jenis mata gerinda antara lain mata gerinda potong, mata gerinda asah, mata gerinda potong keramik, mata gerinda potong kayu, dan mata gerinda amplas.

7. Pelindung Gerinda

Pelindung gerinda merupakan bagian yang berfungsi untuk melindungi tangan dari putaran mata gerinda dan mengarahkan percikan sisa penggerindaan. Dengan adanya pelindung gerinda, maka ketika menggunakan mesin gerinda tangan menjadi lebih aman.

8. Kabel Power

Kabel power pada mesin gerinda tangan berfungsi sebagai penghubung mesin gerinda dengan sumber listrik. Kabel power pada mesin gerinda umunya menggunakan jenis kabel yang mampu menahan panas tegangan listrik dan bersifat lentur. Hal ini bertujuan untuk keamanan dan memudahkan pergerakan mesin ketika sedang digunakan.

Baca Lainnya :  Komponen Genset Yang Sering Rusak

9. Helical Gear

Helical gear atau roda gigi penghubung adalah sepasang roda gigi yang saling mengait. Bentuk kedua ujung roda gigi tersebut tirus, sehingga apabila bertemu akan menghasilkan gerakan putaran tegak lurus.

Bentuk gerigi pada roda gigi penghubung ini ada yang lurus dan ada juga yang berbentuk miring. Setiap merk dan tipe mesin gerinda tangan memiliki bentuk helical gear yang berbeda-beda.

10. Bearing

Bearing atau laher merupakan komponen mesin gerinda tangan yang berfungsi sebagai tempat dudukan armature dan shaft mata gerinda. Di dalam mesin gerinda tangan, terdapat tiga buah bearing, yakni dua buah bearing dudukan armature dan dudukan shaft mata gerinda.

Setiap merk dan type mesin gerida tangan biasanya memiliki ukuran bearing yang berbeda-beda. Dengan begitu, jika kita akan mengganti bearing pada mesin gerinda tangan, perhatikanlah nomer yang tertera pada bearing.

Demikianlah penjelasan mengenai bagian-bagian mesin gerinda tangan beserta fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top