Home » Tehnik » Cara Memilih Mesin Gerinda Tangan

Cara Memilih Mesin Gerinda Tangan

cara+memilih+mesin+gerinda+tangan
Cara Memilih Mesin Gerinda Tangan

Cara Memilih Mesin Gerinda Tangan – Mesin gerinda tangan adalah alat yang digunakan untuk memotong, meratakan, serta membentuk benda kerja. Sebelum memutuskan untuk membeli mesin gerinda tangan, sebaiknya pahami dulu pembahasan berikut ini mengenai cara memilih mesin gerinda tangan yang benar.

Untuk menentukan seperti apa merk mesin gerinda tangan yang bagus, sebaiknya kita ketahui beberapa hal. Seperti ketersediaan spare part, tempat service terdekat, serta penggunaan mesin gerinda.

Jika akan digunakan untuk bekerja sehari-hari, sebaiknya pilih yang sudah memiliki kualitas terjamin, seperti makita, bosch, dan lain-lain. Namun, jika digunakan untuk keperluan pribadi, pilihlah yang sesuai dengan budget. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa tips memilih gerinda tangan berikut ini.

Cara Memilih Mesin Gerinda Tangan

Berikut merupakan beberapa tips yang dapat dijadikan pedoman ketika akan membeli atau memilih mesin gerinda tangan yang baru.

1. Pilihlah Merk Yang Berualitas Terjamin

Tips memilih gerinda tangan yang pertama yaitu memilih produk yang sudah terkenal dengan jaminan kualitasnya. Contohnya yaitu merk bosch, makita, dan hitachi. Produk yang bagus pasti memiliki kualaitas yang terjmain. Baik dari segi kekuatan maupun ketahanannya. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

2. Ketersediaan Spare Part

Ketika akan memilih mesin gerinda tangan, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu ke penjualnya mengenai ketersediaan suku cadang atau spare part, apakah gampang di cari atau tidak.

Baca Lainnya :   Cara Penggunaan Power Tools

Hal ini sangat penting, karena jika sewaktu-waktu mesin gerinda yang telah dibeli mengalami kerusakan, kita akan lebih mudah mencari spare part. Jangan sampai membeli barang yang ketersediaan spare partnya susah. Karena jika rusak, susah untuk memperbaikinya.

3. Periksa Kelengkapan

Ketika telah menetukan mesin gerinda yang akan dibeli, periksalah seluruh kelengkapannya. Seperti kunci mata gerinda, pelindung gerinda dan mata gerinda. Pastikan seluruh peralatan kelengkapan tersebut terdapat di dalam box beserta buku petunjuk dan surat garansi servis.

Selain itu, periksalah apakah ada bagian yang rusak atau tidak. Kemudian cobalah untuk menyalakan mesin apakah bermasalah atau tidak.

4. Sesuaikan Keperluan

Seperti yang telah di jelaskan di atas bahwa dalam memilih mesin gerinda tangan sebaiknya tentukan untuk apa natinya mesin gerinda tersebut. Jika untuk pekerjaan sehari-hari, pilihlah produk yang berkualitas. Tetapi jika digunakan untuk keperluas pribadi yang jarang digunakan, silahkan memilih dengan mesin gerinda yang berkualitas standar, seperti maktec atau modern.

5. Sesuaikan Budget

Selain menyesuaikan keperluan, kita juga harus menyesuaikan budget yang kita miliki. Setiap harga sangat menentukan kualitas sebuah barang. Namun kita juga harus menyesuaikan kemampuan. Jika memiliki budget lebih, pilihlah mesin gerinda yang berkualitas bagus. Tepati jika budget pas-pasan, sebaiknya pilih yang kualitasnya standart.

Itulah beberapa tips dalam memilih gerinda tangan. Jika memilih untuk membeli mesin gerinda tangan bekas, sebaiknya pintar-pintarlah dalam mengecek meskipun harganya relatif murah. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat di terapkan ketika akan membeli mesin gerinda tangan bekas.

Baca Lainnya :   Fungsi Carbon Brush Pada Power Tools

Tips Memilih Mesin Gerinda Tangan Bekas

Langkah-langkah pengecekan dalam membeli mesin gerinda tangan bekas adalah sebagai berikut:

  • Periksalah apakah suaranya masih halus atau tidak. Jika suaranya sudah kasar atau terdengar suara aneh ketika dihidupkan, sebaiknya cari lainnya
  • Amati bagian carbon brush ketika mesin gerinda dinyalakan, apakah ada percikan api atau tidak. Jika ada percikan, sebaiknya cari yang lain karena kemungkinan komponen armature/angker sudah rusak
  • Periksalah setiap performa komponennya, seperti laher kepala gerinda, saklar, kabel, serta baut-baut cover mesin. Pastikan semua dalam keadaan layak pakai

Demikianlah infomrasi mengenai cara memilih gerinda tangan yang benar. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top