Home » Cara Service Mesin Gerinda

Cara Service Mesin Gerinda

cara+service+mesin+gerinda
Cara Service Mesin Gerinda

Cara Service Mesin Gerinda – Mesin gerinda adalah mesin yang digunakan untuk memotong, meratakan, serta membentuk benda kerja. Sebagai salah satu perkakas penting, perawatan dan service merupakan hal wajib yang harus dilakukan pada mesin gerinda.

Peranan mesin gerinda sangat penting dalam dunia industri maupun perbengkelan. Dengan menggunakan mesin gerinda, maka pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan.

Meskipun banyak sekali merk mesin gerinda, namun pada dasarnya prinsip kerjanya adalah sama, yakni batu gerinda berputar dan bersentuhan dengan benda, kemudian terjadilah pengikisan.

Nah, bagi yang ingin mesin gerindanya awet, sebaiknya dilakukan service secara berkala. Lalu bagaimana cara melakukan service pada mesin gerinda yang benar? Berikut pembahasannya.

Cara Service Mesin Gerinda

Sebelum memulai melakukan service pada mesin gerinda, sebaiknya siapkan peralatan, seperti obeng, treker bearing, serta multitester untuk mengecek komponen kelistrikannya.

Service Mesin Gerinda Mati

Jika mesin gerinda mati atau tidak dapat dihidupkan, maka lakukan pengecekan pada bagian-bagian berikut ini:

1. Periksa Carbon Brush

Pada mesin gerinda tangan, terdapat komponen bernama carbon brush. Carbon brush berfungsi sebagai penghantar. Jika carbon brush habis, maka aliran listrik dari stator ke armatur akan terputus. Akibatnya mesin gerinda tidak dapat dihidupkan. Jika kondisi carbon brush sudah habis, gantilah dengan yang baru.

2. Periksa Kabel Power

Kabel power merupakan komponen mesin gerinda yang berfungsi sebagai penghubung ke sumber listrik. Jika kondisi kabel power putus, maka mesin gerinda tidak dapat dihidupkan. Jika kabel power mesin gerinda putus, sambunglah atau ganti dengan kabel yang baru.

Baca Lainnya :   Jenis-Jenis Paku Dan Fungsinya

3. Periksa Tombol Saklar

Tombol saklar merupakan komponen yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan mesin. Ketika saklar tidak berfungsi, maka mesin gerinda tidak dapat dinyalakan.

Untuk mengecek kondisi saklar, gunakanlah multitester. Tempelkan kabel probe pada terminal saklar, kemudian geser/tekan tombol saklar secara bergantian ke posisi on/off. Jika saklar sudah tidak berfungsi, gantilah dengan yang saklar baru.

Service Mesin Gerinda Suara Kasar

Masalah lain yang sering terjadi pada mesin gerinda adalah mengeluarkan suara kasar ketika mesin dihidupkan. Jika mengalami masalah seperti ini, periksalah beberapa bagian mesin gerinda berikut ini:

1. Periksa Kondisi Bearing

Pada mesin gerinda tangan, terdapat tiga buah bearing yang masing-masing terdapat pada armatur dan kepala gerinda. Lakukan pengecekan pada tiap-tiap bearing dengan cara membongkar seluruh komponen mesin gerinda. Jika terdapat bearing yang rusak, segeralah ganti dengan yang baru.

2. Periksa Kondisi Roda Gigi

Roda gigi merupakan komponen mesin gerinda yang berfungsi sebagai transmisi putaran dari sumber penggerak ke batu gerinda. Jika kondisi roda gigi sudah rusak, maka akan menimbulkan bunyi kasar. Untuk mengatasi mesin gerinda yang berbunyi kasar yang diakibatkan oleh roda gigi, gantilah roda gigi yang rusak dengan yang baru.

Service Mesin Gerinda Panas

Jika mesin gerinda baru digunakan sebentar saja sudah panas, maka bagian-bagian yang harus diperiksa yaitu sebagai berikut:

Baca Lainnya :   Perawatan Mesin Bor Listrik Yang Benar

1. Periksa Bearing

Mesin gerinda yang sering digunakan, akan menyebabkan pelumas bearing (stemped) menjadi kering. Hal tersebut mengakibatkan bearing menjadi seret, sehingga ketika berputar menghasilkan panas yang berlebihan. Jika kondisi bearing seret atau rusak, gantilah dengan bearing yang beru.

2. Periksa Kondisi Armature

Armature merupakan bagian mesin gerinda yang berfungsi sebagai sumber penggerak pada komponen yang berputar. Jika terjadi korsleting pada armature, maka menyebabkan mesin gerinda nyetrum dan panas ketika digunakan.

Untuk mengecek kondisi armatur, caranya yaitu dengan menggunakan multitester. Periksalah setiap jalur kawat yang terkait pada bagian kolektor. Jika ada yang terhubung, berarti armature mengalami korsleting dan harus diganti.

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara melakukan service pada mesin gerinda yang mengalami kerusakan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top