Home » Tehnik » Cara Memperbaiki Mesin Bor Tangan Mati Total

Cara Memperbaiki Mesin Bor Tangan Mati Total

cara+memperbaiki+mesin+bor
Cara Memperbaiki Mesin Bor

Cara Memperbaiki Mesin Bor Tangan Mati Total – Mesin bor tangan merupakan alat perkakas yang berfungsi untuk membuat lubang pada permukaan benda. Penggunaan yang berlebihan dapat mengakibatkan alat ini mengalami kerusakan, seperti tiba-tiba mati ketika dihidupkan. Pada artikel ini akan dibahas tentang bagaimana cara memperbaiki mesin bor tangan yang mati total.

Sebelum memperbaiki mesin bor tangan yang rusak, kita harus mengetahui beberapa komponen yang memungkinkan menjadi penyebab mesin bor mati total. Dengan memahami fungsi dan cara kerja komponen mesin bor, tentu saja akan lebih mudah memperbaiki segala kerusakan yang terjadi.

Kerusakan mesin bor yang mati total, sebenarnya belum tentu mengalami kerusakan yang parah. Karena penyebab kecil pun dapat menjadikan mesin bor mati. Untuk itu, perlu pemeriksaan secara teliti jika akan memperbaiki mesin bor yang mati total.

Cara Memperbaiki Mesin Bor Tangan Mati Total

Berikut ini merupakan beberapa penyebab mesin bor tangan mati total dan cara memperbaikinya.

1. Kabel Power Putus

Kabel power merupakan bagian mesin bor tangan yang berfungsi sebagai penghubung ke sumber listrik. Penggunaan mesin bor yang berlebihan tanpa istirahat, dapat menyebabkan kabel menjadi panas dan terbakar, dan pada akhirnya mesin bor menjadi mati.

Untuk memperbaiki mesin bor tangan yang mati yang disebakan oleh kabel power putus terbakar caranya sangat mudah, yaitu dengan memotong bagian kabel yang putus terbakar dan menyambungkan kembali. Setelah kabel tersambung, jangan lupa untuk mengbungkusnya dengan isolatip.

Baca Lainnya:   Pengertian Mesin Bor: Cara Kerja, Jenis Dan Fungsinya

2. Saklar Mesin Bor Rusak

Saklar merupakan bagian yang berfungsi untuk menghidupkan mesin bor. Dalam beberapa kasus penggunaan, saklar pada mesin bor sering mengalami kerusakan yang menjadikan mesin bor tidak dapat dihidupkan atau mati.

Untuk memperbaiki mesin bor mati karena kerusakan pada saklar, sebaiknya langsung ganti dengan saklar mesin bor yang baru. Selain harganya yang relatif murah, cara mengganti saklar pada mesin bor tangan juga tidak memerlukan banyak waktu.

3. Carbon Brush Habis

Carbon brush merupakan bagian penting pada setiap jenis power tools. Bagian ini berfungsi untuk mengalirkan arus listrik ke rotor mesin. Jika carbon brush habis, maka secara otomatis aliran listrik terputus dan mesin bor mati.

Jika mengalami maslaah mesin bor tiba-tiba mati, periksalah pada bagian carbon brush. Apabila menemukan carbon brush habis, maka gantilah dengan carbon brush yang baru yang sesuai dengan ukuran dan jenis mesin bor.

4. Rotor Dan Stator Terbakar

Mesin bor tangan memiliki mesin penggerak berupa elektromotor yang terdiri dari rotor dan stator. Jika salah satu atau kedua bagian tersebut sampai terbakar, maka sudah dipastikan mesin bor akan mati. Kerusakan yang diakibatkan oleh rotor dan stator terbakar biasanya ditandai dengan keluarnya asap dari dalam mesin.

Nah, jika sampai rotor dan stator terbakar, maka sebaiknya ganti mesin bor yang baru. Karena untuk mengganti kedua komponen tersebut biayanya hampir sama dengan membeli mesin bor tangan yang baru.

Baca Lainnya:   Cara Memperbaiki Kerusakan Mesin Gerinda Tangan

Demikianlah pembahasan mengenai cara memperbaiki mesin bor tangan mati total dari beberapa penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.