Home » Tehnik » Bagian-Bagian Mesin Bor Tangan Dan Fungsinya

Bagian-Bagian Mesin Bor Tangan Dan Fungsinya

bagian+bagian+mesin+bor+tangan
Bagian-Bagian Mesin Bor Tangan

Bagian-Bagian Mesin Bor Tangan Dan Fungsinya – Ketika akan menggunakan mesin bor tangan, maka kita perlu mengetahui fungsi dari bagian-bagiannya. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang bagian-bagian mesin bor tangan dan fungsinya.

Mesin bor tangan merupakan sebuah mesin yang berfungsi untuk membuat lubang yang dioperasikan dengan cara dipegang menggunakan tangan. Cara kerja mesin bor tangan ini terbentuk oleh bagian-bagiannya.

Bagian-bagian mesin bor tangan listrik dikelompokan menjadi dua bagian utama, yaitu komponen elektrik dan mesin penggerak. Kedua komponen bekerja sama dalam menjalankan fungsi mesin bor. Berikut akan dijelaskan bagian-bagain mesin bor tangan dan fungsinya.

Bagian – Bagian Mesin Bor Tangan Dan Fungsinya

1. Kabel Power

Kabel power merupakan bagian dari yang berfungsi untuk menghubungkan mesin bor dengan sumber listrik. Kabel power pada mesin bor umumnya lentur dan kuat terhadap panas.

2. Saklar Bor

Saklar bor merupakan alat yang digunakan sebagai pemutus dan penyambung aliran arus listrik. Tak berbeda jauh pada mesin bor tangan, alat ini digunakan untuk menghidupkan dan mematikan mesin. Saklar pada mesin bor tangan ada yang dilengkapi dengan tuas pengatur putaran arah. Dan ada juga yang dilengkapi dengan speed control yang berfungsi untuk mengatur cepat lambatnya putaran mesin.

3. Carbon Brush

Carbon brush atau spul merupakan bagian pada mesin bor yang terbuat dari carbon padat yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik dari stator ke rotor. Dalam nggunaannya, carbon brush dilengkapi dengan spring atau pir yang berfungsi sebagai penahan carbon brush agar selalu menempel pada komutator armature.

Baca Lainnya:   Cara Service Mesin Bor Listrik

4. Rotor Dan Stator

Rotor dan stator merupakan bagian mesin bor tangan yang berfungsi sebagai mesin penggerak. Rotor (armature) adalah bagian yang berputar, sedangkan stator adalah bagian yang diam. Kedua bagian ini akan bekerja sama untuk dalam menghasilkan energi putaran untuk memutar mata bor.

5. Panel Drill

Dalam beberapa jenis mesin bor tangan terdapat bagian yang bernama panel drill. Panel dril ini biasanya terletak di bagian atas atau disamping body mesin. Panel drill ini berfungsi untuk menjalankan fungsi drill. Drill itu sendiri merupakan gerakan maju mundur dari kepala bor yang bertujuan untuk memberi tekanan mata bor ketika melakukan proses pengeboran pada bidang yang keras, seperti tembok dan beton.

6. Helical Gear

Helical gear atau roda gigi penghubung merupakan bagian mesin bor yang berfungsi sebagai penghubung antara bagian elektrik dengan chuck bor. Roda gigi penghubung ini akan berputar mengikuti putaran rotor penggerak ketika mesin bor tangan dihidupkan.

7. Chuck Bor

Chuck bor atau kepala bor adalah bagian pada mesin bor tangan yang berada paling ujung yang berfungsi sebagai tempat dudukan mata bor. Chuck bor ini berupa rahang tiga mulut yang dapat membuka dan menutup ketika memutar kunci mata bor.

8. Mata Bor

Mata bor adalah bagian yang berfungsi sebagai pahat dalam pembuatan lubang. Mata bor terdiri dari berbagai jenis dan ukuran. Untuk jeninya ada jenis mata bor besi dan mata bor kayu. Sedangkan untuk ukurannya mulai daro 0.5 mm sampai 13 mm.

Baca Lainnya:   Fungsi Carbon Brush Pada Power Tools

Demikianlah informasi mengenai bagian-bagian mesin bor tangan dan fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.