Home » Perbedaan Mata Bor Kayu, Besi, Dan Benton

Perbedaan Mata Bor Kayu, Besi, Dan Benton

perbedaan+mata+bor+kayu+besi+beton
Mata Bor Kayu, Besi, Dan Beton

Perbedaan Mata Bor Kayu, Besi, Dan Benton – Mata bor adalah alat pendukung pada mesin bor yang berfungsi untuk membuat lubang. Diantara jenis mata bor yang paling sering digunakan yaitu mata bor kayu, besi, dan logam. Pada artikel ini akan dibahas perbedaan mata bor kayu, besi, dan beton.

Perbedaan yang paling terlihat antara mata bor kayu, besi, dan beton terletak pada bagian ujungnya. Dimana setiap ujung ketiga jenis mata bor tersebut memiliki bentuk yang berbeda. Bentuk tersebut bukan hanya sebagai pembeda, tetapi juga memiliki fungsi penyayatan terhadap jenis material yang dilubangi.

Bagi orang awam yang belum mengerti perbedaan mata bor, bisanya akan menggunakan satu jenis mata bor untuk berbagai keperluan pengeboran. Hal ini sangat tidak disarankan, karena dapat merusak mata bor dan juga membahayakan keselamatan kerja. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan pada jenis-jenis mata bor.

Perbedaan Mata Bor Kayu, Besi, Dan Beton

Setiap mata bor memiliki perbedaan dari segi bentuk dan fungsinya. Berikut merupakan perbedaan antara mata bor kayu, besi, dan beton.

A. Mata Bor Kayu (Auger Bits)

Mata bor kayu merupakan jenis mata bor yang memiliki bentuk alur yang dapat mendorong mesin bor untuk bergerak maju. Sehingga mesin bor tidak perlu di dorong terlalu kuat pada saat proses pengeboran. Bagian keliling alurnya sangat tajam yang dapat mengiris kayu dengan cepat.

Baca Lainnya :   Cara Merawat Mesin Gerinda Tangan Yang Benar

Bentuk ujung mata bor ini sangat runcing yang berfungsi untuk menjaga mata bor agar dapat tetap lurus. Sehingga lubang yang dihasilkan dengan mata bor kayu akan lebih presisi. Pada umumya, mata bor kayu hanya digunakan untuk membuat lubang pada material kayu.

B. Mata Bor Besi (Twist Bits)

Mata Bor besi merupakan jenis mata bor yang paling banyak digunakan karena memiliki fungsi universal. Bagian ujung mata bor ini berbentuk tirus, lancip, dan memiliki alur pada kelilingnya yang tidak begitu tajam jika dibandingkan dengan mata bor kayu.

Mata bor besi ini dapat digunakan dengan menggunakan mesin bor tangan maupun mesin bor duduk, baik penggunaan secara vertikal maupun horizontal. Jenis mata bor ini dapat digunakan untuk membuat lubang pada berbagai macam material, seperti logam, kayu, dan plastik.

C. Mata Bor Beton (Masonry Bits)

Mata bor beton merupakan jenis mata bor yang memiliki bentuk ujung dengan lapisan tongsten carbit yang keras, sehingga mampu digunakan untuk pengeboran pada material yang bersifat keras, seperti tembok dan beton.

Bentuk ujung mata bor beton memiliki ukuran yang lebih besar dari pada batangnya. Selain berfungsi untuk mengebor, mata bor ini juga berfungsi sebagai pemukul. Oleh sebab itu, mata bor beton hanya akan bekerja maksimal jika digunakan pada mesin bor impact atau hammer drill.

Baca Lainnya :   Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung

Demikianlah pembahasan mengenai mata bor kayu, besi, dan beton. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top