Home » Tehnik » Bagian-Bagian Mata Bor Dan Fungsinya

Bagian-Bagian Mata Bor Dan Fungsinya

bagian+bagian+mata+bor
Bagian-Bagian Mata Bor

Bagian-Bagian Mata Bor Dan Fungsinya – Mata bor adalah alat pendukung mesin bor. Mata bor inilah yang berfungsi sebagai pembuat lubang pada berbagai jenis material, seperti kayu, plastik, dinding, besi dan lain-lain. Pada artikel ini akan dibahas tentang bagian-bagian mata bor beserta fungsinya.

Fungsi mata bor adalah untuk membuat lubang. Dalam penggunaannya, kita tidak hanya dapat memilih mata bor yang bagus, tetapi mata bor juga harus bisa melubangi berbagai tingkat kekerasan material dengan tuntas.

Sebagai contoh, mata bor yang terbuat dari baja karbon, hanya dapat digunakan untuk melubangi material yang lunak, seperti kayu dan plastik. Untuk mata bor jenis HSS, digunakan pada material logam lunak. Sedangkan mata bor yang memiliki bagian ujung carbide atau tungsten carbide, digunakan untuk membuat lubang pada material logam yang bersifat keras.

Ada banyak sekali jenis dan ukuran mata bor. Hal itu didasari oleh jenis material yang akan dilubangi. Oleh sebab itu, setiap bagian-bagian mata bor selalu didesain agar dapat digunakan sesuai dengan fungsinya.

Bagian-Bagian Mata Bor Dan Fungsinya

Mata bor memiliki bagian-bagian penting yang telah didisain berdasarkan fungsinya. Berikut merupakan bagian-bagian mata bor dan fungsinya:

  • Shank, merupakan bagian yang berfungsi memberikan dorongan ketika proses pengeboran
  • Diameter Body, adalah bagian yang agak taper dari ujung hingga shank yang berfungsi untuk memberikan clearence pada saat membuat lubang yang dalam
  • Flute, merupakan bagian mata bor yang berfungsi sebagai ruang pengeluaran serpihan sisa pengeboran dan memberikan sudut penyayat dan memungkinkan coolant masuk ke cutting edge
  • Chisel Edge, adalah bagian yang berada pada poros drill, bagian ini memerlukan tekanan yang besar untuk mendorongnya agar masuk ke dalam material yang dibor
Baca Lainnya :  Cara Mengatasi Pompa Air Mati

Perawatan Mata Bor

Setelah mengetahui bagian-bagiannya, perawatan pada mata bor juga merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Hal ini bertujuan agar mata bor awet dan tetap optimal pada saat digunakan. Berikut merupakan tips yang dapat dilakukan dalam perawatan mata bor.

  • Gunakan mata bor sesuai fungisnya
  • Gunakan cairan pendingin pada saat pengeboran. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan pada mata bor yang diakibatkan oleh gesekan dan panas
  • Celupkan mata bor ke cairan pendingin (air, oli, dan lain-lain) saat melakukan pengeboran material logam
  • Gunakan alat pelindung kerja yang lenkap untuk menghindari kecelakaan kerja
  • Setelah selesai menggunakannya, jagalah kebersihan mata bor dari kotoran dan oli
  • Simpanlah mata bor di tempat yang kering untuk menghindari korosi
  • Ketika mengasah mata bor, celupkan bagian ujung mata bor sesekali ke dalam oli. Jika tidak, maka bagian ujung mata bor akan menjadi lunak dan kehilangan kemampuan potongnya
  • Pastikan untuk mengikuti pedoman penggunaan standar pabrik saat melakukan pengasahan
  • Dalam mengasah mata bor, bagian sudut puncak harus tepat, yaitu 118°, sedangkan bagian pinggir chisel edge berada pada sudut antara 120° – 135°. Jarak lip clearance harus benar untuk ukuran drill. Umumnya, untuk drill berukuran kecil, jaraknya lebih besar. Clearance rata-rata yaitu 80 sampai 120. Panjang kedua sisi cutting edge harus sama panjang dan berada pada sudut yang sama terhadap poros drill (titik mati)
Baca Lainnya :  Cara Menggunakan Mesin Cuci 1 Tabung

Demikianlah pembahasan mengenai bagian-bagian mata bor dan fungsinya, serta bagaimana cara melakukan perawatan pada mata bor. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top