Home » Tehnik » Cara Mengatasi Kepala Bor Macet

Cara Mengatasi Kepala Bor Macet

cara+mengatasi+kepala+bor+macet
Kepala Bor

Cara Mengatasi Kepala Bor Macet – Kepala bor (chuck) merupakan bagian pada mesin bor yang berfungsi sebagai tempat dudukan mata bor. Salah satu masalah yang sering terjadai pada bagian kepala bor ini adalah macet. Sehingga mata bor tidak dapat dipasang sebagaimana mestinya. Nah, pada artikel ini akan dibahas tentang bagaimana cara mengatasi kepala bor yang macet.

Pada umumnya, kepala bor memiliki tiga buah rahang penjepit yang dapat bergerak keluar untuk menahan dan masuk untuk melepaskan mata bor. Jika rahang kepala bor tersebut macet, maka tidak dapat digunakan untuk menempatkan mata bor. Sehingga, mesin bor pun tidak dapat digunakan untuk bekerja.

Mungkin akan bertanya-tanya jika mengetahui mengapa kepala bor menjadi macet. Penyebab kepala bor macet atau seret umumnya adalah menyimpan mesin bor dalam jangka waktu yang lama dan tidak memberikan pelumas pada bagian kepala bor tersebut. Sehingga kepala bor akan mengalami korosi dan mengakibatkan rahang penjepit tidak dapat bergerak.

Sebenarnya hal itu tidak akan terjadi jika sebelum menyimpanan mesin bor kita memberi pelumas terlebih dahulu. Namun, jika memang masalah ini benar-benar terjadi, silahkan simak pembahasan berikut ini untuk memperbaikinya.

Cara Mengatasi Kepala Bor Macet

Untuk memperbaiki masalah kepala bor macet, sebenarnya merupakan hal yang sederhana. Namun jika korosi yang terjadi sudah semakin parah, maka jalan terakhir yang harus ditempuh adalah dengan mengganti kepala bor dengan yang baru.

Baca Lainnya :   Cara Menggunakan Gerinda Potong Keramik

Namun jika korosinya belum terlalu parah, kita dapat mengembalikan fungsi penjepit rahang mata bor dengan cara menyemprotkan cairan WD-40 ke bagian alur rahang penjepit di dalam kepala bor. Setelah didiamkan beberapa saat, ketuklah dengan palu secara perlahan bagian ujung kepala bor tersebut agar cairan WD-40 tersebut meresap dan mengikis korosi yang melekatnya.

Setelah itu, cobalah putar kepala bor tersebut dengan kunci mata bor ke arah kiri dan kanan secara bergantian. Jika berhasil, maka putaran kepala bor tersebut akan bergerak dan berfungsi kembali. Selain cairan WD-40, kita juga dapat menggunakan solar atau minyak pelumas lainnya. Jika sudah berhasil, berikan sedikit oli pada kepala mesin bor tersebut agar kedepannya tidak macet lagi.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi kepala bor yang macet. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top