Home » Tehnik » Perawatan Dan Perbaikan Pompa Air

Perawatan Dan Perbaikan Pompa Air

perawatan+dan+perbaikan+pompa+air
Perawatan Dan Perbaikan Pompa Air

Perawatan Dan Perbaikan Pompa Air – Sebagai salah satu alat penting di dalam rumah tangga, penting bagi kita untuk melakukan perawatan pada pompa air. Selain itu, kita juga harus dapat melakukan perbaikan ketika pompa air mengalami kerusakan. Pada artikel ini akan dibahas tentang tips perawatan dan perbaikan pompa air.

Dengan melakukan perawatan secara rutin, tentu saja menjadikan pompa air lebih awet dan meminimalisir terjadinya kerusakan. Meskipun begitu, penggunaan pompa air dalam jangka waktu yang lama juga tidak menutup kemungkinan jika muncul permasalahan pada pompa air. Ketika pompa air rusak, maka kita harus segera melakukan perbaikan.

Diantara kerusakan yang sering terjadi pada pompa air yaitu airnya tidak kencang, mesin bunyi terus, atau mesin mati. Nah, untuk menghindari masalah seperti itu, maka kita harus merawat pompa air dengan baik, serta memahami bagaimana cara memperbaiki pompa air yang rusak.

Perawatan Dan Perbaikan Pompa Air

Untuk mencegah kerusakan pada pompa air, kita harus dapat merawat pompa air dengan baik, seperti melakukan hal-hal berikut ini:

  • Letakkan pompa air di tempat yang aman dari percikan air untuk menghindari korsleting.
  • Tempatkan mesin pompa di area yang lebih tinggi agar terbebas dari genangan air yang dapat menyebabkan korosi.
  • Amankan kabel dari jalur tikus untuk menghidari gigitan tikus.
  • Hindari penumpukan pada stop kontak yang terhubung dengan mesin pompa air, karena dapat menyebabkan terbakar.
  • Matikan pompa air jika airnya tidak keluar.
  • Cabut kabel power dari sumber listrik jika tidak digunakan dalam waktu yang lama.
  • Meminimalisir jumlah tikungan pada instalasi pipa untuk mencegah aliran air terhambat dan menghindari kebocoran.
  • Berikan pelumas secara berkala pada bagian bearing.
  • Memasang tusen klep pada ujung pipa yang menuju sumber air.
Baca Lainnya :   Fungsi AVR Pada Mesin Genset

Selain melakukan perawatan, kita juga harus dapat melakukan perbaikan jika pompa air mengalami kerusakan. Berikut akan dijelaskan beebrapa kerusakan yang sering terjadi pada pompa air dan cara mengatasinya.

1. Pompa Air Tidak Keluar Air

Pompa air yang tidak keluar air, terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Diantaranya yaitu mekanikal seal rusak, kebocoran pada instalasi pipa, serta sumber air yang kurang bagus. Untuk memperbaiki pompa air yang airnya tidak keluar, kita perlu memeriksa satu per satu penyebab tersebut.

Untuk mekanikal seal yang rusak, gantilah dengan yang baru. Jika terdapat kebocoran pada instalasi pipa, silahkan lakukan penambalan. Jika tidak memungkinkan, maka kita harus membuat instalasi pipa baru. Untuk masalah sumber air yang kurang bagus, kita dapat melakukan pemindahan pada sumber air yang bagus.

2. Pompa Air Keluar Airnya Kecil

Penggunaan pompa air yang cukup lama, biasanya pompa air akan mengalami masalah keluar airnya lemah atau kecil. Masalah seperti ini biasanya disebabkan oleh mekanikal seal yang rusak atau bisa juga kebocoran pada pompa air.

Untuk memperbaiki pompa air yang keluar airnya kecil, kita dapat memulainya dengan mengganti mekanikal seal yang baru. Jika hal tersebut masih belum menjadi solusi, langkah bselanjutnya adalah membongkar mesin pompa air dan lakukan perbaikan pada bagian yang mengalami kebocoran.

Baca Lainnya :   Cara Memperbaiki Pompa Air

3. Pompa Air Nyala Terus

Masalah pompa air yang nyala terus meskipun kran air telah ditutup, biasanya disebabkan oleh otomatis atau switch pressure yang rusak. Namun, bisa juga disebabkan oleh adanya kebocoran pada instalasi pipa yang keluar dari pompa air.

Jika mengalami masalah seperti ini, sebaiknya periksa otomatis terlebih dahulu. Lalukanlah setting ulang pada otomatis. Jjika tidak berhasil, gantilah otomatis yang baru.

Jika dengan mengganti otomatis belum membuahkan hasil, periksalah jalur pipa yang keluar dari pompa air. Jika menemukan adanya kebocoran, silahkan diperbaiki sampai teratasi dengan baik.

4. Pompa Air Tidak Menyala

Pompa air tidak menyala atau mati merupakan masalah umum pada pompa air. Untuk memperbaiki masalah seperti ini, periksalah pada bagian kelistrikannya. Mulai dari kabel power, kapasitor, dan gulungan pada elektromotor.

Untuk mengecek bagian-bagian kelistrikan, sebaiknya gunakan multitester. Jika menemukan kabel putus, sambunglah kembali dan bungkus dengan isolatip. Jika kapasitor tidak berfungsi, gantilah dengan yang baru. Sementara itu, jika gulungan elektromotor terbakar, maka sebaiknya dibawa ke tukang dinamo untuk diperbaiki.

5. Pompa Air Nyetrum

Umumnya, pomp air yang nyetrum disebabkan oleh adanya kabel yang terkelupas dan menempel ke body mesin pompa air. Namun, bisa juga disebabkan oleh elektromotor yang terbakar. Untuk memperbaiki masalah seperti ini, periksalah seluruh kabel kelistrikan. Jika menemukan adanya kabel yang terkelupas, sambunglah kembali dan bungkus dengan isolatip.

Demikianlah informasi mengenai tips perawatan dan perbaikan pada mesin pompa air. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top