Home » Cara Menghubungkan Genset Ke Listrik Rumah

Cara Menghubungkan Genset Ke Listrik Rumah

cara+menghubungkan+genset+ke+listrik+rumah
Cara Menghubungkan Genset Ke Listrik Rumah

Cara Menghubungkan Genset Ke Listrik Rumah – Genset merupakan sebuah mesin yang digunakan sebagai pembangkit listrik. Salah satu kegunaannya yaitu sebagai pengganti listrik PLN ketika terjadi pemadaman.

Sebagai peralatan canggih, banyak yang menggunakan genset di rumah. Selain praktis, cara menghubungkan genset ke rumah juga tidak begitu sulit. Meskipun begitu, tetap harus waspada dalam melakukan penyambungannya.

Terdapat dua metode yang dapat diterapkan dalam melakukan penyambungan listrik genset ke listrik rumah. Yakni dengan menggunakan handle ohm saklar dan menghubungkan secara manual.

Cara Menghubungkan Genset Ke Listrik Rumah

Berikut merupakan langkah-langkah menghubungkan genset ke listrik rumah yang benar dan aman.

A. Menggunakan Handle Ohm Saklar

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa terdapat dua jenis handle ohm saklar, yakni handle saklar manual dan handle saklar otomatis.

1. Handle Ohm Saklar Manual

Proses instalasi penyambungan genset ke listrik rumah menggunakan handle ohm saklar manual, silahkan lihat gambar berikut ini.

Baca Lainnya :  Cara Mengatasi Pompa Air Mati
handle+ohm+saklar+manual
Handle Ohm Saklar Manual

Untuk handle saklar manual, cara mengoperasikannya masih menggunakan bantuan tangan. Sehingga, jika akan menggunakan listrik genset ketika terjadi pemadaman, harus memindahkan panel ke jalur PLN terlebih dahulu.

  • Ketika terjadi pemadaman listrik, mematikan terlebih dahulu MCB. Kemudian pindahkan panel ke jalur genset. Setelah itu, barulah genset dinyalakan
  • Ketika pemadaman listrik berakhir, matikan genset terlebih daluhu. Kemudian pindahkan panel ke jalur PLN. Setelah itu, barulah menghidupkan MCB kembali

2. Handle Ohm Saklar Otomatis

Sementara itu, untuk melakukan proses instalasi menggunakan handle ohm saklar otomatis, silahkan lihat gambar di bawah ini.

handle+ohm+saklar+otomatis
Handle Ohm Saklar Otomatis

Handle ohm saklar otomatis hanya dapat digunakan pada genset yang menggunakan aki sebagai staternya. Sehingga tidak dapat disambungkan dengan genset manual (tanpa dinamo starter).

  • Ketika terjadi pemadaman listrik, panel akan berpindah secara otomatis ke jalur genset
  • Jika pemadaman listrik berakhir, panel akan berpindah dengan sendirinya ke jalur PLN
  • Untuk melakukan setting pada genset harus menambahkan relay sebagai kontaktor agar genset dapat hidup secara otomatis
Baca Lainnya :  Komponen Genset 2 Tak Dan Fungsinya

B. Menyambung Cara Manual

cara+menyambung+genset+ke+rumah
Cara Menyambung Genset Ke Rumah

Untuk menghubungkan genset ke listrik rumah juga dapat dilakukan tanpa menggunakan handle ohm saklar. Namun, cara pengoperasian sepenuhnya dilakukan secara manual.

  • Ketika terjadi pemadaman listrik, mematikan terlebih dahulu MCB. Kemudian hubungkan genset dengan stop kontak rumah menggunakan kabel. Setelah itu, nyalakan genset dan geser switch breaker ke posisi on
  • Ketika pemadaman listrik berakhir, kembalikan switch breaker ke posisi off dan matikan genset. Kemudian cabut kabel yang menghubungkan genset dengan stop kontak. Setelah itu, barulah menghidupkan MCB

Demikianlah informasi mengenai cara menghubungkan genset ke listrik rumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top