Home » Tehnik » Cara Mengatasi Pompa Air Mati

Cara Mengatasi Pompa Air Mati

cara+mengatasi+pompa+air+mati
Cara Mengatasi Pompa Air Mati

Cara Mengatasi Pompa Air Mati – Kerusakan pompa air bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi. Salah satunya yang sering terjadi adalah pompa air tiba-tiba mati. Mengingat pentingnya peranan pompa air di dalam rumah tangga, maka penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara memperbaikinya. Nah, pada artikel ini akan dibahas tentang bagaimana cara mengatasi pompa air mati.

Mesin pompa air mati merupakan permasalahan yang umum pada semua jenis pompa air. Meskipun begitu, bagi orang awan tentu saja hal ini akan membuat bingung untuk mengatasinya. Karena maslah pompa air mati ini memang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kabel power putus atau otomatis tidak berfungsi.

Untuk itu, agar tidak merasa bingung lagi dalam mengatasi mesin pompa air yang mati, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Cara Mengatasi Pompa Air Mati

Berikut merupakan beberapa kerusakan yang menjadi penyebab mesin pompa air mati dan cara mengatasinya.

1. Kabel Power Putus

Penyebab pertama dari pompa air mati yaitu kabel power terputus. Kabel power adalah kabel yang menghubungkan pompa air dengan sumber listrik. Nah, jika mengalami masalah mesin tidak dapat hidup, periksalah bagian kabel powernya. Biasanya kabel power terputus akibat digigit tikus atau karena penggunaan mesin pompa air yang sudah lama.

Untuk mengatasi pompa air yang mati karena kabel power putus, silahkan periksa jalur kabel mulai dari colokan sampai mesin. Jika menemukan ada kabel yang putus, sambung kembali dan bungkus dengan isolatip. Namun, jika kondisi kabel terbakar dan tidak dapat disambung lagi, sebaiknya ganti dengan kabel yang baru.

Baca Lainnya :   Jenis-Jenis Mata Bor Beserta Gambar Dan Fungsinya

2. Stop Kran Tertutup

Penyebab kedua dari masalah pompa air mati adalah posisi stop kran dalam keadaan tertutup. Keadaan stop kran yang tertutup akan menyebabkan otomatis pada mesin pompa air tidak dapat bekerja. Sehingga mengakibatkan aliran listrik tidak dapat terhubung dengan mesin pompa air.

Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah, yaitu dengan membuka kran air yang tertutup tersebut. Dengan begitu, air akan mengalir dan tekanan air akan menurun, sehingga otomatis pun dapat bekerja sebagaimana mestinya.

3. Otomatis Pompa Air Mati

Selain disebakan oleh kabel power dan stop kran, pompa air mati juga dapat disebabkan oleh otomatis pompa air mati atau rusak. Jika otomatis pompa air mati, maka mesin tidak dapat terhubung dengan sumber listrik. Akibatnya pompa air tidak dapat dihidupkan.

Untuk mengetahui apakah otomatis pomp aair masih berfungsi atau tidak, kita dapat melakukan percobaan dengan cara menghubungkan secara langsung pompa air dengan sumber listrik tanpa otomatis. Jika dengan percobaan seperti itu mesin pompa air dapat hidup, maka sudah dipastikan bahwa otomatisnya rusak. Untuk mengatasinya, yaitu dengan mengganti otomatis yang baru.

4. Kapasitor Mati

Penyebab selanjutnya dari mesin pompa air mati yaitu kapasitor mati. Kapasitor pada pompa air berfungsi sebagai penyimpan muatan listrik untuk membantu putaran elektromotor ketika melakukan start. Jika kapasitor mati, maka elektromtor akan mengalami gagal start dan mesin pompa air tidak berputar.

Baca Lainnya :   Cara Melepas Mata Gerinda Tanpa Kunci

Tanda-tanda kapasitor pompa air rusak adalah mesin yang hanya berdengung ketika dihidupkan. Namun, biasanya mesin masih dapat hidup jika dibantu diputar dengan tangan. Nah, jika mengalami tanda-tanda seperti itu, silahkan untuk melakukan penggantian kapasitor dengan ukuran yang sama.

5. Elektromotor Terbakar

Mesin pompa air mati juga dapat disebabkan oleh elektromotor terbakar. Elektromtor pompa air yang terbakar dapat diketahui dari munculnya bau gosong ketika pompa air dihidupkan. Atau bisa juga ditandai oleh body mesin pompa air menjadi sangat panas dan terjadi korselting listrik.

Untuk mengetahui apakah kondisi elektromotor terbakar atau tidak, kita dapat melihat secara langsung gulungan tembaganya. Elektromotor yang terbakar ditandai oleh gulungan tembaga berubah warna menjadi hitam pekat. Untuk mengatasi masalah seperti ini, sebaiknya dibawa ke tukang gulung dinamo. Atau jika ingin lebih praktis, silahkan membeli mesin pompa air yang baru, karena biaya perbaikan gulung dinamo hampir sama dengan harga pompa air baru.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi pompa air mati. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top